Implementasi Kebijakan Pangan Halal Indonesia: Keunggulan Kompetitif Dalam Tren Pangan Halal Di Asia Tenggara

Arin Fithriana, Rendy Putra Kusuma

Abstract


Pangan bersertifikasi halal saat ini telah menjadi tren konsumen. Kesadaran ini selain didasari oleh kebutuhan syariah bagi ummat muslim, juga adanya kesadaran bahwa proses pencapaian sertifikasi halal telah melewati beberapa tahapan berkaitan dengan kesehatan dan keamanan pangan. Pemerintah Indonesia telah memfasilitasi masyarakat melalui kebijakan produk halal dan membentuk badan yang mengawasi dan mengontrol produk halal. Indonesia mersupakan negara dengan mayoritas muslim di Asia Tenggara telah memfasilitasi kelompok muslim dengan membentuk institusi yang sertifikasi halal. Beberapa negara ASEAN dengan komunitas muslim juga mengembangkan hal yang sama. Kondisi ini mendorong adanya kompetisi antar negara untuk mengembangkan produk pangan halalnya. Implementasi MEA semakin memungkinkan interaksi lebih luas dan terbuka antar negara anggota. Menggunakan konsep kompetitif advantage dengan metode kualitatif, kebijakan pangan halal Indonesia yang terangkum dalam kebijakan halal menjadi bagian kompetensi produk Indonesia ditengah tren pangan halal di Asia Tenggara.  Berbagai perubahan kebijakan yang dilakukan juga merupakan bagian dari strategi halal Indonesia dalam bersaing tetapi juga merupakan  perlindungan terhadap warga negara.

Kata-kata Kunci : Kebijakan, Pangan halal, competitive advantage, Asia Tenggara


Full Text:

PDF

References


About Codex http://www.fao.org/fao-who-codexalimentarius/about-codex/en/ diakses pada 17 Maret 2016.

Adisasmito, Wiku, “Analisis Kebijakan Nasional MUI dan BPOM dalam Labeling Obat dan Makanan”, Makalah Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2008, hal. 5.

Alia, Helmi Mohd, Norhidayah Suleiman, Eleven shades of food integrity: A halal supply chain perspective, Trends in Food Science & Technology, Trends in Food Science & Technology 71 (2018) 216–224

Beastudi Indonesia, (2017, 30 Januari), Halal Village sebagai Bentuk Sentralisasi Industri Pangan Asean dalam Kerjasama Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), http://www.beastudiindonesia.net/halal-village-sebagaibentuk-sentralisasi-industri-pangan-asean-dalam-kerjasama-masyarakat-ekonomi-asean-mea/ , diakses pada tanggal 18 April 2017

Caballero-Anthony, Mely, & Paul Teng, & Belinda Chng, (2013), ASEAN Economic Community (AEC) 2015: Opportunities and challenges for food security, https://www.rsis.edu.sg/wpcontent/uploads/2014/07/PB130701_NTS_PBPO1304.pdf , diakses pada tanggal 29 Maret 2017

Hakim, Lukmanul, Bahan Seminar Nasional Halal dan Focus Group Discution di Universitas Djuanda Bogor, 15 Desember 2014, h. 2.

Hill, Charles (2007). International Business Competing in the Global Marketplace 6th ed. McGraw-Hill. p. 168. ISBN 978-0-07-310255-9.

International Trade Center, 2015, From Niche to Mainstream; Halal Goes Global, Geneva, Switzerland, p.7

Keputusan Menteri Agama tentang Lembaga Pelaksana Pemeriksaan Pangan Halal. KMA No. 519 Tahun 2001, Pasal 1.

Lembaga Pengkajian Pangan Obat-Obatan dan Kosmetik (LPPOM MUI), Indonesia Halal Directory 2013-2014, hal. 9.

Mathewa, Vloreen Nity, Ardiana Mazwa Raudah binti Amir Abdullahb, and Siti Nurazizah binti Mohamad Ismail, Acceptance on Halal Food among Non-Muslim Consumers, Procedia - Social and Behavioral Sciences 121 ( 2014 ) 262 – 271 at International Halal Conference, PWTC, Kuala Lumpur, Malaysia, 4-5 September 2012

N.G, Gregory,(2008), Animal welfare at markets during transport and slaughter. Meat science,2008 80 (1): 211

OUTPACING THE, State of the Global Islamic Economy Report 2017/18, Thomson Reuters, p. 10

Prosedur Sertifikasi Halal MUI http://www.halalmui.org/mui14/index.php/main/go_to_section/56/1362/page/1

Santoso, U, (2011),The development of halal food in Indonesia. Paper presented at The 12th ASEAN Food Conference 2011, Bangkok, Thailand

The Global Halal Industry: An Overview, http://gifr.net/gifr2013/ch_13.PDF , diakses pada tanggal 25 April 2017

Thomson Reuter, DinarStandard, Dubai The Capital Of Islmaic Economy, “State of The Global Islamic Economic Report 2016/17”, p.26

Wibowo, Mas Wahyu, Fauziah Sheikh Ahmad, Non-Muslim Consumers’ Halal Food Product Acceptance Model, FIFTH INTERNATIONAL CONFERENCE ON MARKETING AND RETAILING (5TH INCOMaR) 2015, Procedia Economics and Finance 37 ( 2016 ) 276 – 283

Ya’qub, Mustafa Ali, Kriteria Halal-Haram untuk Pangan, Obat-Obatan dan Kosmetika Menurut Al-Qur’an dan Hadits, (Jakarta: Pustaka Firdaus, 2010), hlm. 261.

http://repository.ipb.ac.id/jspui/bitstream/123456789/53707/3/BAB%20II%20Profil%20Instansi.pdf “SEJARAH DAN PERKEMBANGAN LPPOM MUI” diakses pada 20 Maret 2017

http://www.globalreligiousfutures.org/explorer/custom#/?subtopic=15&chartType=map&data_type=percentage&year=2010&religious_affiliation=23&countries=Worldwide&age_group=all&pdfMode=false

http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/17/09/12/nasional/umum/13/03/23/mk4a86-indonesia-jadi-rujukan-halal-di-24-negara

http://mysharing.co/daftar-terbaru-42-lembaga-sertifikasi-halal-dunia-yang-di-akui-lppom-mui/

www.jakartaconsulting.com/publications/articles/business-transformation/strategi-diantara-dua-kubu

http://www.halalmui.org/mui14/index.php/main/go_to_section/139/1529/page/1

http://www.thaihalalfoods.com/EN/industry.php?id=16 Interests of the Global Halal Food Market. Conclusion and Recommendations Total Trade of the Global Halal Food Market Potential Halal Food Markets and other interesting markets

http://www.halalmui.org/mui14/index.php/main/go_to_section/59/1368/page/1 diakses pada 4 Oktober 2017 pukul 11.23 WIB

International Trade Center, 2015, From Niche to Mainstream; Halal Goes Global, Geneva, Switzerland, p.25

http://www.halalcorner.id/regulasi-label-halal-di-kemasan-produk-impor/

https://www.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/1040

http://www.ekonomisyariah.org/6138/impor-pangan-halal-indonesia-capai-143-miliar-dolar/

https://tirto.id/pasar-halal-indonesia-9dH diakses pada 1 November 2017 pukul 17.23 WIB




DOI: https://doi.org/10.52447/gij.v3i2.1149

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Editorial Office of Global Insight Journal:

Fakultas Ekonomi, Bisnis dan Ilmu Sosial

Gedung UTA'45 Jakarta Lantai 4

Jl. Sunter Permai Raya, Jakarta 14350