Kerjasama Asean Menangani Kejahatan Lintas Negara : Terorisme

restilia polii

Abstract


Tulisan ini akan membahas mengenai Kerjasama ASEAN dalam menangani kejahatan  lintas Negara, khususnya dalam menangani masalah Terorisme di Asia Tenggara. Melalui literature review ini, penulis menggunakan tiga buku utama sebagai referensi, yang didalamnya terdapat penjelasan mengenai terorisme sebagai bagian dalam kejahatan lintas negara di Asia Tenggara, dan bagaimana kerjasama negara-negara anggota ASEAN menangani isu terorisme ini. Tiga buku tersebut adalah “Hubungan Internasional di Asia Tenggara (Teropong terhadap dinamika, Kondisis riil dan Masa depan)” tulisan Bambang Cipto, “Southeast Asia in Search of an ASEAN Community” tulisan Rudolfo C. Severino, dan “ASEAN dan Tantangan Satu Asia Tenggara yang disunting Bantarto Bandoro dan Ananta Gondomono. Masing-masing buku terbit pada tahun yang berbeda, dengan penulis yang memiliki pemikiran dan latarbelakang yang berbeda pula.

Tulisan ini dimulai dengan bagian pendahuluan yang menjelaskan secara umum mengenai kerjasama ASEAN dalam menangani kejahatan lintas negara dan terorisme termasuk didalamnya, serta sedikit menyinggung mengenai istilah kejahatan lintas negara (Transnational Crime) dilanjutkan dengan perbandingan dan analisis ketiga buku diatas, dan kemudian kesimpulan. Pada akhirnya tulisan ini bertujuan untuk memahami, membandingkan, dan menganalisis perkembangan kerjasama ASEAN dalam menangani masalah terorisme dari ketiga penulis diatas, dan mencoba melihat kelebihan dan kekurangannya.

katakunci: ASEAN, Transnasional, Kejahatan


Full Text:

PDF

References


Bambang Cipto, (2007), Hubungan Internasional di Asia Tenggara (Teropong terhadap dinamika, Kondisis riil dan Masa depan), Pustaka Pelajar, cetakan 1.

Bandoro, B&Gondomono (Ed). (1997),”ASEAN dan Tantangan Satu Asia Tenggara”.

Collins, Alan. Security and Southeast Asia : Domestik, Regional, and Global Issues, Singapore: Institute of Southeast Asian Studies, 2003.

Direktorat Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri Indonesia,( 2010), “Asean Selayang Pandang”, (2010), Edisi ke-19.

Severino, Rudolfo C.,(2006), Southeast Asia in Search of an ASEAN Community: Insights from the former ASEAN Secretary-General, ISEAS, Singapore.

Reality, (2008), Kamus Terbaru Bahasa Indonesia, Reality Publisher, Cetakan 1.

www.detinews.com

www.suarapembaruan.com

www.suaramerdeka.com




DOI: https://doi.org/10.52447/gij.v3i1.1616

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Editorial Office of Global Insight Journal:

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Gedung UTA'45 Jakarta Lantai 5

Jl. Sunter Permai Raya, Jakarta 14350