UPAYA PEMERINTAH INDONESIA DALAM MEWUJUDKAN DESTINASI PARIWISATA INTERNASIONAL DI KABUPATEN BANYUWANGI TAHUN 2013-2019

Fitria Fenty Wulandari, Indrawati Indrawati

Abstract



ABSTRACT

Indonesia has enormous tourism potential so that it provides its own benefits for the country to achieve its national interests. For this reason, the Indonesian government continues to encourage the development of the tourism sector in various regions, one of which is Banyuwangi Regency. The discussion in this research is focused on the diplomatic efforts made by the Government of Indonesia and the Government of Banyuwangi Regency to introduce tourism in the international arena. In writing this paper, researchers used the concepts of National Interest, Public Diplomacy, and Paradiplomacy. The research method used is descriptive qualitative with literature study data collection techniques that examine a number of books, official documents, scientific articles, journals, and electronic media. Based on the research results that the researchers obtained, public diplomacy carried out by the Government of Indonesia and the Government of Banyuwangi Regency is running well by promoting Banyuwangi tourism through “Wonderful Indonesia”, the use of sports tourism, and the use of ecotourism and community-based tourism. The achievements obtained from public diplomacy have also had a positive impact on increasing the number of foreign tourist visits as well as improving the economy for Indonesia, especially Banyuwangi Regency.

 

Keywords: Indonesia, Banyuwangi Regency, National Interest, Public Diplomacy, Paradiplomacy.



ABSTRAK

            Indonesia memiliki potensi pariwisata yang sangat besar sehingga memberikan keuntungan tersendiri bagi negara guna mencapai kepentingan nasionalnya. Untuk itu Pemerintah Indonesia terus mendorong pengembangan sektor pariwisata di berbagai daerah, salah satunya Kabupaten Banyuwangi. Pembahasan pada penelitian ini difokuskan terhadap upaya diplomasi yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi untuk memperkenalkan pariwisatanya di kancah internasional. Dalam penulisan skripsi ini, peneliti menggunakan konsep Kepentingan Nasional, Diplomasi Publik, serta Paradiplomasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data studi pustaka yang menelaah sejumlah buku, dokumen resmi, artikel ilmiah, jurnal, serta media elektronik. Bedasarkan hasil penelitian yang peneliti dapatkan, diplomasi publik yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi berjalan baik dengan melakukan upaya promosi pariwisata Banyuwangi melalui “Wonderful Indonesia”, penggunaan wisata olahraga, serta penggunaan ekoturisme dan pariwisata berbasis masyarakat. Capaian yang diperoleh dari diplomasi publik juga memberikan dampak positif bagi peningkatan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara serta peningkatan ekonomi terhadap Indonesia, khususnya Kabupaten Banyuwangi.

Kata Kunci : Indonesia, Kabupaten Banyuwangi, Kepentingan Nasional, Diplomasi Publik, Paradiplomasi.

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR REFERENSI

Acuan Buku

Agustinova, D. E. (2015). Memahami Metode Penelitian Kualitatif: Teori Praktik. Yogyakarta: Calpulis.

Antlov, H. (2002). Negara Dalam Desa: Patronase Kepemimpinan Lokal. Yogyakarta: Lapera Pustaka Utama.

Arida, I. N. (2017). Ekowisata Pengembangan, Partisipasi Lokal, dan Tantangan Ekowisata. Bali: Cakra Press.

Bakry, U. S. (2016). Metode Penelitian Hubungan Internasional. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Budhisantoso. (1980). Pariwisata dan Pengaruhnya Terhadap Nilai-Nilai Budaya. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Dizard, W. P. (2004). Inventing Public Diplomacy: The Story of the U.S. Information Agency. London: Lynne Reinner Pubisher.

Effendi, M. S. (1989). Metode Penelitian Sosial. Jakarta: LP3ES.

Holsti, K. (1987). International Politics: A Framework for Analysis (Terjemahan). Jakarta: Ilmu Jaya.

Kodhyat, H. (1996). Sejarah Pariwisata dan Perkembangannya di Indonesia. Jakarta: Grasindo.

Moleong, L. J. (2007). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mukti, T. A. (2013). Paradiplomacy Kerjasama Luar Negeri Oleh Pemda di Indonesia. Yogyakarta: The Phinisi Press.

Nurcholish, H. (2005). Teori dan Praktik Pemerintahan Otonomi Daerah. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Otton, J.C. (1982). The International Dictionary. England: Clio Press Ltd.

Purnama, A. (2015). Politik Charlemagne 778-814 M : Imperium Cristanum, Kekaisaran, dan Kekhalifahan. Bandung: Kentjana Indie Pustaka.

Spillane, J. J. (1987). Ekonomi Pariwisata: Sejarah dan Prospeknya. Yogyakarta: Kanisius.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: CV. Alfabesta.

WWF, K. P. (2009). Prinsip dan Kriteria Ekowisata Berbasis Masyarakat. Jakarta: Kementerian Pariwisata.

Acuan dari Jurnal

Anholt, S. (2010). Definition of Place Branding-Working Toward Resolution. Journal of Place Branding and Public Diplomacy Vol. 6. No. 1, 8.

Endrayadi, H. A. (2017). Pengembangan Sektor Pariwisata di Kabupaten Banyuwangi Tahun 2002-2013. FIB Universitas Jember Volume 5(1), 29.

Hennida, C. (2014). Diplomasi Publik dalam Politik Luar Negeri. Departemen Hubungan Internasional FISIP, 2.

Hermawan, B. (2012). Analisis Konstribusi Transaksi Pariwisata Terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Sektor Pariwisata. Wahana Informasi Pariwisata: Media Wisata Vol.7(1), 11.

Idriasih, G. (2016). Diplomasi Indonesia Melalui Kampanye Wonderful Indonesia Dalam Meningkatkan Pariwisata Indonesia di Dunia Internasional Tahun 2011-2015. JOM FISIP Vol. 3. No. 1, 6.

Ika Septiana Puspita Sari, E. P. (2009). Analisis Dampak City Branding Terhadap Kunjungan Wisatawan ke Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 72. No. 1, 63.

Intyaswono, S. (2002). Peran Strategi Branding Kota Batu dalam Tren Kunjungan Wisatawan Mancanegara (Studi Pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batu). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 30, No.1, 67.

Irawan, E. (2015). Implementasi Kebijakan Pembangunan Pariwisata di Kabupaten Banyuwangi. Jejaring Administrasi Publik. Th. VII. No.2, 762.

Rachman, A. B. (2018). Kepentingan Nasional dalam Hubungan Internasional. Journal of International Studies. Vol.2, No.2, 109.

Smith, C. (2018). Taking America Beyond the Horizon: The Ecomic Impact of U.S Commercial Airports in 2017. North America: Airports Council International.

Acuan dari Dokumen Resmi

Banyuwangi, B. K. (2020, Februari 28). Kabupaten Banyuwangi Dalam Angka 2020. Diambil kembali dari Badan Pusat Statistik: https://banyuwangikab.bps.go.id/publication/2020/02/28/e63a1e4d39071af957721e/kabupaten-banyuwangi-dalam-angka-2020-penyediaan-data-untuk-perencanaan-pembangunan.html

Pacific, U. O. (2009, Juli 10). Ekowisata: Panduan Dasar Pelaksanaan. Diambil kembali dari UNESCO Digital Library: https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000185506

Acuan dari Laporan Resmi

Banyuwangi, B. K. (2019). Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Banyuwangi Tahun 2016-2021. Banyuwangi: Pemerintah Kabupaten Banyuwangi.

Pariwisata, K. (2016). Laporan Akuntabilitas Kinerja Kementerian Pariwisata Tahun 2015. Jakarta: Biro Perencanaan dan Keuangan Sekretaris Kementerian.

Soshkin, L. U. (2019). The Travel & Tourism Competitiveness Report 2019: Travel and Tourism at a Tipping Point. Geneva: World Economic Forum.

Acuan dari Tesis

Hidayat, Nur. (2014). City Branding Kabupaten Banyuwangi. Tesis Fakultas Ekonomi. Universitas Jember.

Yakup, Anggita Permata. (2019). Pengaruh Sektor Pariwisata Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Tesis Fakultas Ekonomi. Universitas Airlangga.

Acuan dari Skripsi

Aliah, Astrid Damarin Nur. (2016). Peran Sektor Pariwisata Dalam Pembangunan Perekonomian di Indonesia: Pendekatan Social Accounting Matrix (SAM). Skripsi Fakultas Ekonomi. Institut Pertanian Bogor.

Alim, Muhamad Ikhsan. (2018). Pengaruh Event Balap Sepeda Tour De Singkarak Dalam Upaya Meningkatkan Perekonomian Sumatera Barat Melalui Sektor Pariwisata. Skripsi FISIP. Universitas Muhammadiyah Malang.

Haviza, Dayang. (2017). Upaya Pemerintah Indonesia Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Tiongkok ke Indonesia Melalui Kampanye Wonderful Indonesia Tahun 2015. Skripsi FISIP. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta)

Acuan dari Publikasi Elektronik

Agmasari, S. (2020, Juni 16). Kompas.com. Diambil kembali dari Imbas Bom Surabaya, Sudah 13 Negara Keluarkan Travel Advice: https://amp.kompas.com/travel/read/2018/05/16/192400427/imbas-bom-surabaya-sudah-13-negara-keluarkan-travel-advice-

Albab, M. U. (2020, 25 Juni). Banyuwangi Resmi Geopark Nasional, Anas: Perkuat Pengembangan Ekowisata. Diambil kembali dari Merdeka.com: https://m.merdeka.com/banyuwangi/pariwisata/banyuwangi-resmi-geopark-nasional-anas-perkuat-pengembangan-ekowisata-181130k.html

Anonim. (2020, 6 16). Banyuwangi Siap Dukung Kunjungan Farmatrip ASTA Midwest Amerika Serikat. Diambil kembali dari Kemlu: https://pasaramerop.kemlu.go.id/id/news/banyuwangi-siap-dukung-kunjungan-farmatrip-asta-midwest-amerika-serikat

Anonim. (2020, Juni 17). Kabupaten Banyuwangi. Diambil kembali dari Banyuwangi Ethno Carnival Ajang Budaya Pengungkit Ekonomi Rakyat: https://www.banyuwangikab.go.id/berita-daerah/banyuwangi-ethno-carnival-ajang-budaya-pengungkit-ekonomi-rakyat.html

Arganata, B. (2017, Juni 1). Produk Industri Kreatif Banyuwangi Diekspor Sampai ke Hawaii. Diambil kembali dari Lokal Karya: https://lokalkarya.com/produk-industri-kreatif-banyuwangi-diekspor-sampai-ke-hawai.html

Avertorial. (2017, Juni 16). Kemenpar Luncurkan 10 Destinasi Wisata Branding. Diambil kembali dari CNN Indonesia: https://m.cnnindonesia.com/gaya-hidup/201706163301-307-222304/kemenpar-luncurkan-10-destinasi-wisata-branding

Banyuwangi, K. (2017, Agustus 2017). Kemenpar Gencarkan Promosi Banyuwangi ke Eropa. Diambil kembali dari Kabupaten Banyuwangi: https://www.banyuwangikab.go.id/berita-daerah/kemenpar-gencarkan-promosi-banyuwangi-ke-eropa.html

Banyuwangi, K. (2020, Juni 25). Kabupaten Banyuwangi. Diambil kembali dari Kedudukan, Tugas dan Fungsi: https://www.banyuwangikab.go.id/skpd/unit/21601/dinas-kebudayaan-dan-pariwisata.html

Banyuwangi, P. K. (2020, Juni 16). Visi Misi. Diambil kembali dari Kabupaten Banyuwangi: https://www.banyuwangikab.go.id/pemerintahan/visi-dan-misi.html

Baranay, P. (2009). Modern Economic Diplomacy. Latvia: Publications of Diplomatic Economic Club.

Humas. (2019, Februari 6). Tertinggi Sejak 2014 BPS: Ekonomi Indonesia 2018 Tumbuh 5,17 Persen. Diambil kembali dari Sekretariat Kabinet Republik Indonesia: https://setkab.go.id/tertinggi-sejak-2014-bps-ekonomi-indonesia-2018-tumbuh-517-persen/

Indonesia, K. L. (2020, April 14). Diplomasi Publik Berbasis Nilai-Nilai Unggul Indonesia. Diambil kembali dari kemlu.go.id: http://www.kemlu.go.id

Laily, R. N. (2020, Maret 11). 4 Fakta Ajang Selancar Paling Bergengsi di Dunia Yang Akan Digelar di Banyuwangi. Diambil kembali dari Merdeka.com: https://m.merdeka.com/jatim/4-fakta-ajang-selancar-paling-bergengsi-di-dunia-akan-digelar-di-banyuwangi-html

Negeri, K. L. (2020, Juni 9). Fungsi Penerangan, Sosial, dan Budaya. Diambil kembali dari kemlu.go.id: https://kemlu.go.id/sydney/id/pages/fungsi_penerangan_sosial_dan_budaya/2134/etc-menu

Ningtyas, I. (2020, Juni 25). Rp 33 Miliar Untuk Pembangunan Terminal Bandara Banyuwangi. Diambil kembali dari Tempo: https://bisnis.tempo.co/amp/669888/rp-33-miliar-untuk-pembangunan-terminal-bandara-banyuwangi

Pariwisata, K. (2019, April 5). Kajian Dampak Sektor Pariwisata Terhadap Perekonomian Indonesia. Diambil kembali dari Kemenparekraf: https://www.kemenparekraf.go.id/post/kajian-dampak-sektor-pariwisata-terhadap-perekonomian-indonesia

Prattama, A. N. (2020, Juni 16). Mengenang Geger Santet Tragedi Pembantaian di Banyuwangi Pada 1998. Diambil kembali dari Kompas: https://nasional.kompas.com/read/2019/05/17/14323601/mengenang-geger-santet-tragedi-pembantaian-di-banyuwangi-pada-1998

Rachmawati, I. (2018, Desember 25). Jalan Panjang Banyuwangi Memiliki Bandara Internasional. Diambil kembali dari Kompas: https://travel.kompas.com/read/2018/12/25/jalan-panjang-banyuwangi-memiliki-bandara-internasional

Rachmawati, I. (2018, Juni 30). Tari Gandrung Banyuwangi Tampil di AS. Diambil kembali dari Kompas: https://amp/s/amp.kompas.com/travel/read/2018/06/30/173358227/juli-2018-tari-gandrung-banyuwangi-tampil-di-as

Rachmawati, I. (2015, Mei 5). Tour de Banyuwangi Ijen 2015 Diikuti 27 Negara. Diambil kembali dari Kompas: https://amp/s/amp.kompas.com/olahraga/read/2015/05/05/09430111/Tour.de.Banyuwangi.Ijen.2015.Diikuti.27.Negara

Raditya, I. N. (2019, September 4). Sejarah Banyuwangi: Dari Kerajaan Blambangan Hingga KKN Desa Penari. Diambil kembali dari Tirto.id: https://www.google.com/amp/s/amp.tirto.id/sejarah-banyuwangi-dari-kerajaan-blambangan-hingga-kkn-desa-penari-ehvR

Rasulong, S. W. (2014, Mei 22). Asean Tourism Forum dan Peningkatan Pariwisata Indonesia. Diambil kembali dari Unhas Web Site: http://repository.unhas.ac.id

Sodiqin, Ali. (2017, Agustus 12). Gencar Promosi Banyuwangi di Eropa 400 Taksi London Dibranding Barong. Diambil Kembali dari Jawa Pos Radar Banyuwangi: https://radarbanyuwangi.jawapos.com/read/2017/08/12/7091/gencar-promosi-bwi-di-eropa-400-taksi-london-dibranding-barong.

Teguh, I. (2018, Februari 18). Pembantaian Dukun Santet, Operasi Naga Hijau dan Teror Kepada NU. Diambil kembali dari Tirto: https://amp/s/amp.tirto.id/pembantaian-dukun-santet-operasi-naga-hijau-teror-kepada-nu-cE5V

UCI. (2020, Juni 16). Inside UCI. Diambil kembali dari Union Cycliste Internationale (UCI): https://www.uci.org/inside-uci




DOI: https://doi.org/10.52447/gij.v6i1.4439

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Editorial Office of Global Insight Journal:

Fakultas Ekonomi, Bisnis dan Ilmu Sosial

Gedung UTA'45 Jakarta Lantai 4

Jl. Sunter Permai Raya, Jakarta 14350