PENGARUH SISTEM ADMINISTRASI PERPAJAKAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DENGAN MODEL PENERIMAAN TEKNOLOGI (TAM) SEBAGAI PEMODERASI

Feni Widiarti, Khalisah Visiana Subekti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sistem administrasi perpajakan dan kualitas pelayanan terhadap kepatuhan wajib pajak dengan model penerimaan teknologi sebagai pemoderasi. Sistem administrasi perpajakan dan kualitas pelayanan sebagai variabel independen sedangkan kepatuhan wajib pajak sebagai varibel dependen serta model penerimaan teknologi sebagai variabel moderating. Populasi penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang berada di Jakarta dan beberapa kriteria tertentu lainnya. Setelah dilakukan pengumpulan data serta pengambilan sampel diambil dengan menggunakan purposive sampling.  Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik moderate regression analysis. Metode analisis data diuji dengan uji instrumen, uji signifikansi koefisien regresi secara parsial, uji koefisin determinasi.

Hasil penelitian yaitu : sistem administrasi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi (X1 terhadap Y), kualitas pelayanan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi (X2 terhadap Y), dan moderasi model penerimaan teknologi (TAM) atas pengaruh sistem administrasi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi (moderasi Z atas X1 terhadap Y) berpengaruh signifikan dan positif. Sedangkan moderasi model penerimaan teknologi (TAM) atas kualitas pelayanan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi (moderasi Z atas X2 terhadap Y) berpengaruh tidak signifikan dan negatif.

Kata kunci : Sistem Administrasi Perpajakan, Kualitas Pelayanan, Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi, Model Penerimaan Teknologi (TAM)



DOI: https://doi.org/10.52447/jam.v6i2.5491

Refbacks

  • There are currently no refbacks.