PENGARUH DIGITALISASI LAYANAN PERBANKAN DAN CUSTOMER EXPERIENCE TERHADAP EKONOMI KREATIF YANG DIMODERASI PERATURAN BANK INDONESIA SELAMA MASA PANDEMI COVID 19

Satriyo Atmojo, Ajeng Wijayanti

Abstract


Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian yang menganalisis pengaruh digitalisasi layanan perbankan dan customer experience terhadap ekonomi kreatif yang dimoderasi peraturan bank indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan kejelasan serta memperoleh bukti empiris fenomena pengaruh digitalisasi layanan perbankan dan customer experience terhadap ekonomi kreatif yang dimoderasi peraturan bank indonesia selama masa pandemi covid 19. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 152 masyarakat yang bankable, sedangkan sampel yang dipilih sebanyak 149 masyarakat yang mempunyai rekening aktif di bank dan sudah menggunakan layanan digital keuangan. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel penelitian adalah non probability sampling. Data yang diolah adalah data primer dengan metode pengumpulan data kuesioner. Alat analisis yang dipergunakan adalah   Structural Equation Modeling menggunakan Lisrel 8.70. Dalam penelitian ini diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa variabel customer experience dan variabel moderasi peraturan bank indonesia atas pengaruh customer experience berpengaruh signifikan terhadap ekonomi kreatif. Sedangkan variabel digitalisasi layanan perbankan, peraturan bank indonesia dan variabel moderasi peraturan bank indonesia atas digitalisasi layanan perbankan tidak berpengaruh signifikan terhadap ekonomi kreatif.

Kata kunci: Digitalisasi Layanan Perbankan, Customer experience, Ekonomi Kreatif,  dan Peraturan Bank Indonesia




DOI: https://doi.org/10.52447/jam.v6i2.5515

Refbacks

  • There are currently no refbacks.