Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Dengan Kontrol Diri Sebagai Variabel Moderasi

Rosina Helisastri, Dewi Kusuma Wardani, Anita Primastiwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial terhadap perilaku pengelolaan keuangan mahasiswa dengan kontrol diri sebagai variabel moderasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan data primer dengan menyebar kuesioner kepada mahasiswa fakultas ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah convenience sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar link google form melalui aplikasi Whatsapp kepada mahasiswa. Jumlah kuesioner yang diolah adalah sebanyak 100 kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan path analysis. Hasil penelitian menerangkan bahwa penggunaan media sosial tidak berpengaruh terhadap perilaku pengelolaan keuangan mahasiswa. Kontrol diri tidak dapat memperkuat pengaruh positif penggunaan media sosial terhadap perilaku pengelolaan keuangan mahasiswa.

Full Text:

PDF

References


Ajzen. i(1991). iThe itheory iof iplanned ibehavior. iOrganizational iBehavior iand iHuman

iDecision iProcesses, i50(2), i179–211. i

Ajzen, iI. i(2005). iAttitudes, iPersonallity iand iBehavior. iInternational iJournal iof iStrategic

iInnovative iMarketing, iVol. i3, ipp. i117–191.

Ardiana, iMeta. i(2016). iPengaruh iKontrol iDiri, iJenis iKelamin, idan iPendapatan

iTerhadap iPengelolaan iKeuangan iPribadi iMahasiswa. iJurnal iEkonomi iPendidikan

idan iKewirausahaan, iVol. i4, ipp. i59–75.

Azaria, iCandra. i(2020). iPengaruh iLiterasi iKeuangan, iKecerdasan iEmosional,

iLingkungan iKeluarga, idan iMedia iSosial iTerhadap iPerilaku iKeuangan iSiswa

iKelas iXI idan iXII iSMA iNegeri i2 iKebumen. iJournal iof iChemical iInformation iand

iModeling.

Karaa, iI. iE. i(2016). iDetermining iAdvanced iand iBasic iFinancial iLiteracy iRelations iand

iOverconfidence, iand iInformative iSocial iMedia iAssociation iof iUniversity

iStudents iin iTurkey. iJournal iEducational iSciences: iTheory iand iPractice

Khoiriyah, iUmmamatul. i(2020). iPengaruh iPeer iGroup, iLiterasi iEkonomi idan

iPenggunaan iMedia iSosial iterhadap iPerilaku iKonsumtif iSiswa iJurusan iIPS iSMA

iNegeri idi iKabupaten iBrebes. iFakultas iEkonomi iUniversitas iNegeri iSemarang

Kurniawan, iBeni. i(2019). iKontrol iDiri iDalam iPenggunaan iMedia iSosial. iFakultas

iKeguruan idan iIlmu iPendidikan iUniversitas iSanata iDharma iYogyakarta. i

Mariastinik, iF. iH. i(2017). iMenguji iTingkat iPengetahuan, iSikap, idan iPerilaku

iKeuangan iPribadi iMahasiswa. iFakultas iEkonomi iUniversitas iIslam iNegeri

iMaulana iMalik iIbrahim iMalang.

Maulana, iIrfan. i(2020). iPengaruh iSocial iMedia iInfluencer iTerhadap iPerilaku

iKonsumtif idi iEra iEkonomi iDigital. iMajalah iIlmiah iBijak, i17(1), i28–34. i

Nasihah, iDzurrotun. i(2019). iPengaruh iPembelajaran iAkuntansi iKeuangan, iLiterasi

iKeuangan, idan iKontrol iDiri iTerhadap iPerilaku iKeuangan iMahasiswa iFakultas

iEkonomi iUniversitas iNegeri iSurabaya. iJurnal iPendidikan iAkuntansi i(JPAK)

iUNESA, i7(3), i336–341.

Nur iAssyfa, iL. i(2020). iPengaruh iUang iSaku, iGender idan iKemampuan iAkademik

iTerhadap iPerilaku iPengelolaan iKeuangan iPribadi iMahasiswa iAkuntansi idengan

iLiterasi iKeuangan iSebagai iVariabel iIntervening. iRisma i(Platform iRiset

iMahasiswa iAkuntansi), i1(1). i

Oktaviani, iDewi. i(2019). iPengaruh iMedia iSosial iTerhadap iGaya iHidup iMahsiswa

iIAIN iMetro. iFakultas iEkonomi iInstitut iAgama iIslam iNegeri iMetro.

Ramadhani, iR. iH. i(2019). iPengaruh iLiterasi iKeuangan i, iElectronic iMoney i, iGaya

iHidup, idan iKontrol iDiri iTerhadap iPerilaku iKonsumtif iMahasiswa. iInstitusi

iUniversitas iSumatera iUtara.

Riski, iT. iR., i& iSulistianingsih, iH. i(2020). iLiterasi iKeuangan, iMedia iSosial idan

iPerilaku iKeuangan iMahasiswa iDikota iPadang. iEkonomi idan iBisnis, i19(1), i113–

Sugiyono. i(2017). iMetode iPenelitian iBisnis iPendekatan iKuantitatif, iKualitatif,

iKombinasi, idan iR&D:Bandung. iPenerbit iAlfabeta.

Wardani, iD. iK., i& iHermuningsih, iS. i(2010). iFaktor iPenentu iNiat iBertransaksi iMelalui

iJejaring iSosial idi iInternet iBerdasarkan iTechnology iAcceptance iModel(TAM).

iSeminar iNasional iMultidisiplin iIlmu(SENMI)2010 iUniversitas iBudi iLuhur, i86–




DOI: https://doi.org/10.52447/jam.v6i2.5563

Refbacks

  • There are currently no refbacks.