FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MAHASISWA AKUNTANSI DALAM PEMILIHAN KARIR SEBAGAI AKUNTAN PUBLIK

Tri Kusno Widi Asmoro, Anita Wijayanti, Suhendro Suhendro

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan karir mahasiswa S1 jurusan akuntansi Universitas Islam Batik dan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Sampel penelitian dengan menggunakan cara purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan adalah 100 responden. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini adalah secara parsial hanya faktor pelatihan profesional saja yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap pemilihan karir mahasiswa S1 akuntansi menjadi akuntan publik, sementara faktor gaji, pengakuan profesional, lingkungan kerja, nilai-nilai sosial, pertimbangan pasar kerja, dan personalitas tidak berpengaruh signifikan. Sedangkan secara simultan menyimpulkan bahwa faktor gaji, pelatihan profesional, pengakuan profesional, lingkungan kerja, nilai-nilai sosial, pertimbangan pasar kerja, dan personalitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemilihan karir mahasiswa S1 akuntansi menjadi akuntan publik.


Keywords


Karir; mahasiswa; akuntan publik

References


Aprilyan, Lara Absara. 2011. “Faktor –

Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa Akuntansi Dalam Pemilihan Karir Menjadi Akuntan Publik. (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi Undip Dan Mahasiswa Akuntansi Unika)”.Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Universitas Diponegoro.

Alhadar. Mochammad Audi. 2013. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Karir Sebagai Akuntan Publik. (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi dan PPAk Universitas Hasanuddin)”. Skripsi tidak diterbitkan. Makasar: Universitas Hasanudin Makasar.

Chairunisa, Fifi. 2014. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Berkarir Sebagai Akuntan Publik”. Jurnal Audit dan Akuntansi Vol. 3, No. 2. Pontianak: Universitas Tanjungpura.

Chan, Andy Setiawan. 2012. "Analisis Faktor- faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Karir Menjadi Akuntan Publik oleh Mahasiwa Jurusan Akuntansi". Jurnal Ilmiah

Mahasiswa Akuntansi Vol 1.

Mulyadi. 2002. Auditing. Edisi 6. Jakarta: Salemba Empat. Putra, Nugraha Adi. 2014. “Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Profesi Sebagai Akuntan”. Jurnal Akuntansi. Malang: Universitas Brawijaya.

Rahayu, Sri.dkk. 2003. “Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan

Karir”. Simposium Nasional Akuntansi VI, Surabaya, 16-17 Oktober.

Sembiring, Simba M. 2009. “Faktor-Faktor

Yang Mempengaruhi Pemilihan Karir Menjadi Akuntan Publik Oleh Mahasiswa Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomi USU Medan”. Tesis tidak diterbitkan. Medan: Sekolah Pasca Sarjana Universitas Sumatra Utara.

Wildiana, Esi. 2014. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Karir Profesi Akuntan PublikBagi Mahasiswa Akuntansi”. Jurnal Akuntansi. Riau: Universitas Riau.




DOI: https://doi.org/10.52447/jam.v1i1.734

Refbacks

  • There are currently no refbacks.