PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE, CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN KINERJA KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Fika Fiadicha, Rahmawati Hanny Y

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis ukuran Dewan Komisaris, independensi Dewan Komisaris, Dewan Ukuran, Jumlah Komite Audit, Corporate Social Responsibility (CSR), ROA dan ROE mempengaruhi nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Indonesia Bursa Efek. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek 2010-2014. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dipilih melalui teknik purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 35 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2010-2014. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa dewan komisaris mempunyai pengaruh terhadap nilai perusahaan, dewan komisaris tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, ukuran dewan direksi tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, jumlah komite audit berpengaruh terhadap nilai perusahaan, tanggung jawab sosial perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, pengembalian aset tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, return on equity tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, dewan komisaris, komisaris independen, dewan direksi, komite audit dan tanggung jawab sosial perusahaan, return on asset, dan return on equity secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan.


Keywords


Nilai Perusahaan; Good Corporate Governance; Kinerja Keuangan; Corporate Social Responsibility

References


Brigham, Eugene F dan Joel F. Houston. 2006. Dasar – dasar Manajemen Keuangan, Buku 1, Edisi Kesepuluh. Jakarta : Penerbit Salemba Empat.

Efendi, Andri Sahlal. 2013. “Analisis Pengaruh Struktur Kepemilikan, Kebijakan Deviden Dan Kebijakan Hutang Terhadap Nilai perusahaan Dengan Variabel Kontrol Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan Dan Kinerja Perusahaan (studi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2009-2011)”. Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Universitas Diponegoro. Semarang.

Ghozali, Imam, 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19, Edisi Kelima, Penerbit Universitas Diponegoro.

Gujarati, D. 2003. Ekonometrika Dasar, Alih bahasa: Sumarno Zain, Erlangga, Jakarta.

Hasibuan, Rizal, 2001. Pengaruh Karakteristik Perusahaan terhadap Pengungkapan

Sosial, Tesis, Universitas Diponegoro, Semarang.

Hartono, Jogiyanto. 2009. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Keenam. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Komite Nasional Kebijakan Governance. 2006. Pedoman Umum Good Corporate Governance Indonesia.

Kumalahadi, 2000. “Perspektif Pragmatik, Lingkungan dan Sosial Dalam Laporan Keuangan: Peningkatan Kegunaan dan Pertanggungjawaban”. Jurnal Akuntansi dan Auditing Indonesia, Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia.

Kusumadilaga, Rimba. 2010. “Pengaruh Corporate Social ResponsibilityTerhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai VariabelModerating”. (Website: http://eprints.undip.ac.id/22572/1/SKRIPSI_Rimba_Kusumadila ga.PDF), Diakses : 02 Mei 2015).

Mulyati, Sri. 2010. “Analisis Pengaruh Corporate Governance terhadap Kinerja Perusahaan dan Reaksi Pasar Studi Empiris Perusahaan – Perusahaan di Bursa efek Indonesia Tahun 2005 dan 2007”. Tesis Akuntansi. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta.

Mulyawati, Sri et al. 2015. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusaha (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan dan Minuman Yang terdaftar di Bursa efek Indonesia Periode 2010-2013). Jurnal Akuntansi. Universitas Islam Bandung.

Myers, Stewarts 1984. The Capital Structure Puzzle . Journal of Finance.

Purwandari, Indri Wahyu. 2011. “Analisis Pengaruh Good Corporate Governance, Profitabilitas dan Leverage Terhadap Praktek Manajemen Laba (Earning Management)”. Universitas Diponegoro. Semarang.

Purwaningtyas, Frysa Praditha. 2011. “Analisis Pengaruh mekanisme Good Corporate Governance terhadap Nilai Perusahaan. Skripsi S1. Universitas Diponegoro. Semarang.

Rawi, 2008. “Pengaruh Kepemilikan Manajemen, Institusi, Dan Laverage Terhadap Corporate Social Responsibility Pada perusahaan Manufaktur yang listing di Bursa Efek Indonesia”. Semarang.

Rahmawati, Hikmah Is’ada. 2013. “Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2011”. Skripsi S1. Universitas Negeri Semarang.

Retno, Reny Dyah & Priantinah, D. 2012. “Pengaruh Good Corporate Governance Dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2007-2010)”. Jurnal Akuntansi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Rustiarini, & Wayan, N. 2010. “Pengaruh Corporate Governance pada Hubungan Corporate

Social Responsibility dan Nilai Perusahaan”. Simposium Nasional Akuntansi XIII, Purwokerto.

Singgih Santoso. 2005. Statistik Parametrik, PT. Elex Media Komputindo Jakarta

Sayekti, Yosefa dan Wondabio, Ludovicus Sensi. 2007. ”Pengaruh CSR Disclosure Terhadap

Earning Response Coefficient”. Simposium Nasional Akuntansi X. Makasar, 26-28 Juli.

Sekaran, Uma, 2007, “Metode Penelitian Untuk Bisnis, Buku 2, edisi 4”. Penerbit: Salemba

Empat.

Sudana, I Made. 2011. Manajemen Keuangan Perusahaan: Teori dan Praktik. Jakarta:

Penerbit Erlangga.

Sugiyono. 2009. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeda.

Supranto, J. 2000. Statistik Teori dan Aplikasi, edisi ke-6. Jakarta: Erlangga.

Susanto, P.B & Imam S. (2013). “ Pengaruh Corporate Social responsibility dan Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Universitas Brawijaya.

Siallagan, H., & Machfoedz, M. u. (2006). Mekanisme Corporate Governance, Kualitas Laba, dan Nilai Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi 9, Padang, I.

Sutopoyudo. 2009. Pengaruh Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Profitabilitas Perusahaan. ( Diakses dari: http://www.wordpress.com. 11 April 2015)

Tadikapury, Violetta Jingga. 2011. “Penerapan Good Corporate Governance Pada PT Bank X Tbk Kanwil X”. Skripsi S1. Universitas Hasanuddin. Makasar.

Utami, Anindyati Sarwindah. 2011. “Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Dan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Pemoderasi”. Jember: Fakultas Ekonimi

Universitas Jember.

Wahyudi, U., & Pawestri, H. P. (2006). Implikasi Struktur Kepemilikan Terhadap Nilai Perusahaan: Dengan Keputusan Keuangan Sebagai Variabe Intervening. Simposium Nasional Akuntansi 9, Padang.

Wardoyo & Veronica, Theodore, M. (2013). Pengaruh Good Corporate Governance, Corporate Social Responsibility, dan Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Dinamika Manajemen, Jakarta




DOI: https://doi.org/10.52447/jam.v1i1.737

Refbacks

  • There are currently no refbacks.