PENGARUH CAPITAL TURNOVER DAN LEVERAGE TERHADAP INCOME SMOOTHING (PERATAAN LABA) DENGAN KUALITAS AUDIT SEBAGAI MODERATING ( Studi pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2011 -2014 )

Riris Sitorus, Rasinih Rasinih, Andi Anggi

Abstract


Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh Capital Turnover dan Leverage terhadap Income Smoothing dengan Kualitas Audit sebagai Moderating. Variabel dependen ini adalah income smoothing. Variabel independennya adalah capital turnover dan leverage. Variabel moderating nya adalah kualitas audit. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif menggunakan data sekunder, indeks eckel, dan moderatng. Capital turnover diukur dengan rumus penjualan dibagi aktiva lancar dikurang utang lancar. Leverage diukur dengan mencari perbandingan antara total kewajiban dengan total aset. Income smoothing dengan indeks eckel dan kualitas audit dengan dummy. Populasi kelompok dalam penelitian ini 141 perusahaan, dengan periode pengamatan dari tahun 2011-2014, Perusahaan yang dianalisis 30 data perusahaan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi, Sebelum dilakukan analisis regresi terlebih dahulu dilakukan analisis statistik deskriptif dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian ini membuktikan leverage dan capital turnover tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap income smoothing.


Keywords


Leverage; Capital Turnover; Income Smoothing; Kualitas Audit

References


Brigham, Eugene F. Dan Joel F. Houston. 2010. Dasar-dasar Manajemen Keuangan.

Salemba Empat: Jakarta.

Carcello, Joseph V Dan Albert L. Nagy. 2004. Audit Firm Tenure dan Pelaporan Keuangan Penipuan. Journal Judul:Audit: Sebuah Jurnal Praktek & Teori. Volume: 23. American Accounting Association.

Fahmi, Irham.2011. Analisis Laporan Keuangan. Alfabeta: Bandung.

Geiger, Marsekal A. Dan K. Raghunandan.2005. Auditor Tenure dan Kegagalan Audit pelaporan. Journal Judul: Audit:Sebuah Jurnal Praktek & Teori. Volume: 21. American Accounting Association.

Ghosh, A. A., dan D. Moon. 2005. Auditor Tenure and Perceptions of Audit Quality. The Accounting Review 80 (2): 585-612

Ghozali, Imam. 2001. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Universitas Diponegoro. Semarang.

Hamid, Abdul. (2013). Pengaruh Tenur KAP dan Ukuran KAP terhadap Kualitas Audit. Universitas Negri Padang. Skripsi

Herusetya, A. (2012). Analisis Audit Quality Metric Score (AQMS) sebagai Pengukur

Multidimensi Kualitas Audit terhadap Manajemen Laba dan Kandungan Informasi Laba, Disertasi. Fakultas Ekonomi, Program Pascasarjana Ilmu Akuntansi, Universitas Indonesia, Depok.

IAI. 2009. Standar Akuntansi Keuangan. Penerbit Salemba Empat: Jakarta.

IAI. 2001, Standar Profesional Akuntan Publik. Salemba Empat. Jakarta.

Kieso, Donald E.; Jerry J Weygandt. Dan Terry D. Warfield. 2008. Intermediate Accounting IFRS Edition Volume 1. John Wiley & Sons, Inc: USA.

Kurniasih, Margi dan Abdul Rohman. (2014). Pengaruh Audit Fee Audit, Audit Tenure, dan

Rotasi Audit Terhadap Kualitas Audit. Diponegoro Journal Of Accounting Volume 3, Nomor 3, Tahun 2014.

Martani, Dwi, Sylvia Veronica, Ratna Wardhani, Aria Farahmita, dan Edward Tanujay

Akuntansi Keuangan Manajemen Berbasis PSAK. Salemba Empat Jakarta.

Mayangsari, Sekar. dan Bambang Sudibyo. 2005. An Empirical Analysis Of Auditor

Litigation. Simposium Nasional Akuntansi 8. Solo

Myers, N. James. Linda A. Myers Dan Thomas C. Omer. 2003. Menjelajahi Term of Audior Client Relationship dan Kualitas Laba: Kasus untuk Manadatory Auditor Rotation? Akuntansi Ulasan. Vol 78.

Riahi, Ahmed dan Belkaoni. 2012. Teori Akuntansi. Salemba Empat: Jakarta.

Rudianto. 2012. Pengantar Akuntansi Konsep dan Teknik Penyusunan Laporan Keuangan.

Erlangga. Jakarta.

Sastradipraja, Usman. 2010. Analisis dan Penggunaan Laporan Keuangan. Penerbit Universitas Widyatama. Bandung.

Subramanyam, K.R. dan John J. Wild. 2010. Analisis Laporan Keuangan (Financial Statement Analysis) Jilid 1. Salemba Empat: Jakarta.

Sulistyanto, H. Sri. 2008. Manajemen Laba: Teori dan Model Empiris. PT. Grasindo: Jakarta. Widyaningdyah, Agnes Utari. 2001. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Earning

Management Pada Perusahaan Go Public di Indonesia. Jurnal Akuntansi & Keuangan Universitas Kristen Petra. Vol. 3, No. 2, November: 89 – 101

Widyastuti, Tri. 2009. Pengaruh Struktur Kepemilikan dan Kinerja Keuangan Terhdap Manajemen Laba. Studi Pada Perusahaan Manufaktur di BEI. Simposium Nasional Akuntansi Vol. 9 No. 1.

www.republika.co.id tanggal 11 Januari 2011, diakses pada tanggal 16 Februari 2013.




DOI: https://doi.org/10.52447/jam.v1i1.740

Refbacks

  • There are currently no refbacks.