PENGARUH GROWTH OPPORTUNITY DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PROFITABILITAS DENGAN NILAI PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Periode 2011-2014

Yeny Kopong, Riska Nurzanah

Abstract


Penelitian ini adalah tentang “ Pengaruh Growth Opportunity dan Ukuran Perusahaan terhadap Profitabilitas dengan Nilai Perusahaan sebagai variabel Moderating pada perusahaan manufaktur yang terdapat di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2014. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah Profitabilitas, variabel independennya adalah Growth Opportunity dan Ukuran Perusahaan sedangkan moderatingnya yaitu Nilai Perusahaan.Populasi dalam kelompok penelitian ini ada 120 perusahaan dengan periode pengamatan dari tahun 2011 sampai dengan tahun 2014.Perusahaan yang memenuhi kriteria pengamatan hanya 15 Perusahaan, maka data yang digunakan adalah sebanyak 60 data.Metode analisis yang digunakan dalam penelitian adalah metode regresi berganda.Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara parsial, variable Growth Opportunity berpengaruh signifikan terhadap Profitabilitas, dan variable Ukuran Perusahaan berpengaruh signifikan terhadap Profitabilitas.Secara simultan variable Growth Opportunity dan Ukuran Perusahaan berpengaruh signifikan terhadap Profitabilitas.Moderasi Penerapan Nilai Perusahaanmemperkuat pengaruh Growth Opportunity terdahap Profitabilitas.Namun Nilai Perusahaanmemperlemah pengaruh Ukuran Perusahaan terhadap Profitabilitas.


Keywords


Growth Opportunity; Ukuran Perusahaan; Profitabilitas; Nilai Perusahaan

References


Brigham, E.F. and L.C. Gapenski., 2006 Intermediate Financial Management, 7th edition, Sea Harbor Drive: The Dryen Press

Brigham, Eungene F. dan Houston, Joel F., 1998.“ Manajemen Keuangan, Edisi Kedelapan, Erlangga, Jakarta.

Elim, Meyulinda Aviana dan Yusfarita. 2010. Pengaruh struktur aktiva, tingkat pertumbuhan penjualan, dan return on assets, terhadap struktur modal pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Bisnis dan Ekonomi. Vol. 1. No. 1. Juni. hlm. 88-103

Hasibuan, Malayu S.P. 2001.”Dasar-Dasar Perbankan, Cetakan Pertama, Bumi Aksara: Jakarta.

Mahendra, Alfredo DJ. 2011. “Pengaruh Kinerja KeuanganTerhadap Nilai Perusahaan (kebijakan Dividen sebagai Variabel Moderating ) Pada Perusahaan Manufaktur di Busa Efek Indonesia”. Tesis Program Pascasarjana Universitas Udayana Denpasar.

Mai, Muhammad Umar. 2006. Analisis Variabel-Variabel yang Mempengaruhi Struktur Modal Pada Perusahaan-Perusahaan LQ-45 Di Bursa Efek Jakarta. Politeknik Negeri, Bandung.

Limbago.E dan Juniarti “Pengaruh family control terhadap profitailitas dan nilai perusahaanpada perusahaan Properti dan Real Estate”.

Novita C. D ( 2015 ).”Pengaruh Struktur Kepemilikan, Board size, Leverage dan Growth Opportunity terhadap Profitabilitas Perusahaan”.

Pangulu A.L “Pengaruh Profitabilitas, Growth Opportunity, Struktur Modal terhadap nilai perusahaan ( studi empirin perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia )”Universitas Brawijaya.

Pratomo Putri, O.P. “Peran Profitabilitas sebagai Moderating Variabel dari Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan.

Rifai, Moh. A, Rina dan Magdalena Maria “Pengaruh Ukuran Perusahaan, Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan terhadap Profitabilitas ( Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur di BEI )” Universitas Negeri Padang.

Saidi, 2004, Faktor-Faktor yang mempengaruhi Struktur Modal Pada Perusahaan Manufaktur Go Public di BEJ 1997-2002, Jurnal Bisnis dan Ekonomi Vol. 11 No. 1.

Salvatore, Dominick (2005).” Managerial Economic. Fifth Edition , Singapore: Thomson Learning.

Sari, Fanina, Rita ( 2012 ).” Pengaruh Growth Opportunity, Ukuran Perusahaan, dan Debt To Equity Ratio ( DER ) Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Food and Beverages yang Go Public di Bursa Efek Indonesia”.

Setiawan, 2009, Desentralisasi dan Gaya Kepemimpinan sebagai variabel Moderating dalam Penyusunan Partisipasi, Penyuunan Anggaran dan Kinerja Manajeria.Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Setiawan, Rahmat ( 2009),” Pengaruh Growth Opportunity dan Ukuran perusahaan terhadap profitabilitas perusahaan Industri manufaktur di Indonesia”.

Setiadewi, K.A.Y,” Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Leverage Terhadap Profitabilitas dan Nilai Perusahaan, Universitas Udayana Bali.

Soliha, E., Taswan. (2002). Pengaruh Kebijakan Hutang Terhadap Nilai Perusahaan Serta Beberapa Faktor Yang Mempengaruhinya. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, STIE Stikubank Semarang, 1-18.

Sujoko dan Subiantoro, 2007,”Pengaruh Kepemilikan Saham Leverage , Faktor intern dan Faktor Ekstern Terhadap Nlai Perusahaan ( Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia ), Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol 9, No. 1.

Sunarto dan Agus Prasetyo.”Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan terhadap Profitabilitas”.

Taswan, 2003, “Analisis Pengaruh Insider Ownership, Kebijakan Hutang dan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan serta faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jurnal Bisnis dan Ekonomi Vol. 10 No. 2

Weston, J Fred and Copelend, Thomas, E.,1998.”Manajemen Keuangan, Edisi Kedelapan, Erlangga, Jakarta.

www.idx.co.id diakses tanggal 01 Desember 2015




DOI: https://doi.org/10.52447/jam.v1i1.743

Refbacks

  • There are currently no refbacks.