PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) DAN KINERJA KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEBIJKAN DIVIDEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Bagita Bagita, Sihar Tambun

Abstract


Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan pengaruh good corporate governance (GCG) dan kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan dengan kebijakan dividen sebagai variabel intervening pada perusahaan yaang membagikan dividen setiap tahunnya. Populasi dalam kelompok penelitian ini sebanyak 129 perusahaan yang menggunakan kriteria membagikan dividen setiap tahunnya, dengan periode pengamatan dari tahun 2010 sampai dengan 2015. Metode pengambilan sampel yang digunakan di dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan purposive sampling, dimana pengambilan sampel secara sengaja berdasarkan kriteria tertentu. Perusahaan yang memenuhi kriteria sampel-sampel ada sebanyak 17 perusahaan. Maka total data penelitian ini sebanyak 85 data. Metode analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) yang berbasis variance dengan menggunakan SmartPLS 3.0. Hasil penelitian yakni GCG tidak berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen, kinerja keuangan tidak berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen, GCG berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, kinerja keuangan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan, GCG tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan melalui kebijakan dividen, dan kinerja keuangan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan melalui kebijakan dividen.


Keywords


Good Corpoorate Governaance (GCG); Kinerja keuangan; Nilai Perusahaan; Kebijakan dividen

References


Anggraini Dina, 2013, Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Textile, Garment Yang Terdaftar di BEI Periode 2009-2012. Akuntansi, Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang.

Aulia. I. M, Jaryono, Widiastuti. E, 2014, Pengaruh Corporate Governance Terhadap Kebijakan Dividen Dengan Kinerja Profitabilitas Sebagai Variabel Mediasi Pada Perusahaan LQ45 Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jendral Soedirman.

Bandi dan Wibawa Andi, 2010, Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi XIII Purwokerto 2010, Universitas Jenderal Soedirman. Costs, and Ownership Structure. Journal of Financial Economics 3 October 1976, 305-360.

Dewi R.R dan Tarnia T, 2011, Penagruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Informasi, Perpajakan, Akuntansi Dan Keuangan Publik, Vol. 6, No. 2, Universitas Trisakti.

Ernitasianturi M.W, 2015, Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi di BEI. eJournal Ilmu Administrasi Bisnis, ISSN 23555408, Universitas Mulawarman.

Ghozali, Imam. 2008. Structural Equation Modeling Metode Alternatif dengan Partial Least Square, edisi kedua. Semarang : UNDIP.

Hasnawati, Sri, 2005, Dampak Set Peluang Investasi Terhadap Nilai Perusahaan di Bursa Efek Jakarta. JAAI, Vol. 9, No. 2 (Desember), Hal. 117-126.

Hasugian, Hotbin, 2008, Pengaruh Kebijakan Dividen, Volume Perdagangan Saham dan Leverage Perusahaan terhadap Harga Saham setelah Ex Dividen Day di Bursa Efek Indonesia, Thesis, Program Pascasarjana USU.

Hasugian, Hotbin, 2008, Pengaruh Kebijakan Dividen, Volume Perdagangan Saham dan Leverage Perusahaan terhadap Harga Saham setelah Ex Dividen Day di Bursa Efek Indonesia, Thesis, Program Pascasarjana USU.

Herawati Vinola, 2008, Peran Praktek Corporate Governance sebagai Moderating Variabel dari Pengaruh Earning Management terhadap Nilai Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi XI. Pontianak.

Intan, Taranika, 2009, Pengaruh Dividend per share dan Earning Per Share Terhadap Harga

Isshaq, Zangina, 2009, “Corporate Governance governance, ownership structure,cash holding, and firm value on the Ghana stock Exchange” The Journal of Risk Finance, Vol.10 No.5, pp. 488-499.

Jensen, Michael C., and William H. Meckling. Theory of the Firm, Managerial Behavior, Agency

Kowalewski, Oskar., Stetsyuk, Ivan., Talavera, Oleksandra, 2007, Corporate Governance and Dividend Policy in Poland. Poland: Warsaw School of Economics.

Lopolusi Ita, 2013, Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kebijakan Dividen Sektor Manufaktur Yang Terdaftar di BEI Periode 2007-2011. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Vol.2, No.1, Universitas Surabaya.

M. Retno. D. R, 2012, Pengaruh Good Corporate dan Pengungkapan CSR Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar di BEI Periode 2007-2010). Jurnal Nominal, Vol. 1, No. 1, Universitas Negeri Yogyakarta.

Mardiyati U, Ahmad N.G dan Putri R, 2012, Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2005-2010. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia. Vol. 3, No.1, Universitas Negeri Jakarta.

Marlina Lisa dan Danica, 2009, Analisis Pengaruh Cash Position, Debt To Equity Ratio dan ROA Terhadap Dividen Payout Ratio. Jurnal Manajemen Bisnis, Vol. 2, No. 1, Universitas Sumatera Utara.

Marpaung Indrawati. E, Hadianto Bram, 2009 Pengaruh Profitabilitas dan Kesempatan Investasi Terhadap Kebijakan Dividen Studi Empiris Pada Emiten Pembentuk Indeks LQ45 di BEI. Jurnal Akuntansi Vol. 1, No. 1, Universitas Kristen Maranatha.

Maryati, Mita, 2012, Pengaruh Earning Per Share, Dividend per share dan Finansial Leverage Terhadap Harga Saham Pada Industri Perbankan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2007-2010. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Muhazir, 2014, Analisis Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2009-2012. Akuntansi, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Muryati. S.T.N.N dan Suardikha.S.M.I, 2014, Pengaruh Corporate Governance Pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi, ISSN: 2302-8556, Universitas Udayana.

Nica Febrina, 2010, Pengaruh Komisaris Independen Dan Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Wholesale Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi-Universitas Gunadarma 10206676.

Ningtyas.L.K, Suhadak, Nuzula. F. N, 2014, Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index Tahun 2010-2013). Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 17, No. 1, Universitas Brawijaya.

Nofrita. R, 2013, Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan dengan Kebijakan Dividen

Nurlela dan Islahudin, 2008, Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Prosentase Kepemilikan Manajemen sebagai Variabel Moderating. Simposium Nasional Akuntansi XI.

Orniati, Yuli, 2009, Laporan Keuangan Sebagai Alat untuk Menilai Kinerja

Keuangan. Jurnal Ekonomi Bisnis, Tahun 14, Nomor 3.

Puspitasari E.R, 2013, Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Pemoderasi (Sensus Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia). Akuntansi, Universitas Siliwangi Tasikmalaya.

Rahmadhana I dan Yendrawati R, 2012, Pengaruh Keputusan Investasi, Pendanaan, Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. EFEKTIF Jurnal Bisnis dan Ekonomi, Vol. 3, No. 1, Universitas Islam Indonesia.

Ramadhani.S, Andreas dan Desmiyawati, 2015, Pengaruh Corporate Governance Perception Index dan Kebijakan Hutang Terhadap Nilai Perusahaan dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Intervening, Jurnal Akuntansi Vol. 4, No.1, Akuntansi, Universitas Riau.

Randy. V dan Juniarti, 2013, Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan Yang Terdaftar di BEI. Business Accounting Review, Vol. 1, No. 2.Akuntansi, Universitas Kristen Petra.

Rika, Nurlela dan Islahudin, 2008, Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Prosentase Kepemilikan Manajemen Sebagai Variabel Moderating”(Studi Empiris Pada Perusahann Yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Simposium Nasional Akuntansi XI Pontianak 23-24 2008.

Saputra, Ahmad Rekho 2013, Pengaruh Profitabilitas dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan, Skripsi Fakultas Ekonomi, UMP Palembang

Sawir, Agnes, 2009. Analisa Kinerja Keuangan dan Perencanaan keauangan Perusahaan, PT.Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Selviana,Wijayanti., dan Supatmi., 2006, Pengaruh Corporate Governance terhadap Kebijakan Dividen. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. XV No.2 September 2009: 135 146.

Sembiring E.E dan Pakpahan R, 2010, Pengaruh Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ekonomi, Keuangan, Perbankan dan Akuntansi, Vol. 2, No.1, Akuntansi, Politeknik Negeri Bandung.

Septiani Sabrina, 2013, Pengaruh Corporate Governance dan Faktor Fundamental Terhadap Kebijakan Dividen Serta Implikasi nya Pada Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Yang Terdaftar di LQ45). Manajemen, Universitas Diponegoro.

Setiawan Yudi, Yuyetta Afri. N.E, 2013, Pengaruh Independensi Dewan Komisaris, Reputasi Auditor, Rasio Hutang dan Collateralizable Assets Terhadap Kebijakan Dividen (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2011). Jurnal Akuntansi, Vol. 3, No. 1, Universitas Diponegoro.

Siahaan L.A, 2011, Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Murni Sadar, Politeknik Bisnis Indonesia.

Sudarma, Made. 2004. Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham, Faktor Intern, Faktor Ekstern Terhadap Struktur Modal dan Nilai Perusahaan. Disertasi Program Pasca Sarjana Universitas Brawijaya, Malang

Suranta, E. dan Merdistuti, P. P, 2004, Income Smoothing, Tobin’s Q, Agency Problem dan Kinerja Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi VII. Denpasar Bali, 2-3 Desember.

Syafri Harahap, Sofyan, 2008, Analisa Kritis atas Laporan Keuangan, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Syamsudin, Primayuta Ceky, 2009, Rasio Dan Prediksi Perubahan Laba Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta. BENEFIT Jurnal Manajemen Dan Bisnis Vol. 13, No 1. Juni 2009 : 61 – 69.

Umi Mardiyati, et al. 2012, Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2005-2010. Jakarta : Universitas Negeri Jakarta.

Widyawati T.N dan Listiadi N, 2014, Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmu Manajemen, Vol. 2, No. 4, Universitas Negeri Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.52447/jam.v1i2.744

Refbacks

  • There are currently no refbacks.