PENGARUH INDEPENDENSI DAN DUE PROFESSSIONAL CARE TERHADAP PRESTASI KERJA AUDIOR DENGAN KUALITAS AUDIT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA KAP DI JAKARTA UTARA

Liesye Novita

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh independensi, dan due professional care terhadap prestasi kerja auditor dengan kualitas audit sebagai variabel intervening. Responden dalam penelitian ini adalah para Auditor yang bekerja pada Kantor Akuntan Publik (KAP) di Jakarta Utara. Jumlah auditor yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 35 responden dari 3 Kantor Akuntan Publik (KAP) di Jakarta Utara. Metode penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah convenience sampling, yaitu pengambilan sampel yang paling mudah ditemui dijadikan sebagai sampel. Sedangkan metode pengolahan data yang digunakan peneliti adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan: independensi memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi kerja auditor, sedangkan due professional care memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap prestasi kerja auditor. Independensi dandue professional care secara bersama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi kerja auditor. independensi memiliki pengaruh signifikan terhadap kualitas audit, sedangkan due professional care memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap kualitas audit. Independensi dan due professional care secara bersama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap kualitas audit.Kualitas audit sebagai variabel intervening mampu memperkuat independensi dandue professional care terhadap prestasi kerja auditor.


Keywords


independensi; due professional care; prestasi kerja auditor; kualitas audit

References


Agoes, Sukrisno. 2012. Auditing Petunjuk Praktis Pemeriksaan Akuntan Oleh Akuntan Publik, Jilid 1, Edisi Keempat . Jakarta: Salemba Empat.

Arifah, Nurul.2012. Pengaruh Independensi Auditor, Komitmen Organisasi dan Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Auditor.

Arumsari, Adelia Lukyta. 2014. Pengaruh Profesionalisme Auditor, Independensi Auditor, Etika Profesi, Budaya Organisasi, dan Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Auditor Pada Kantor Akuntan Publik di Bali.

Gusti, Maghrifah dan Syahril Ali. 2008. Hubungan Skeptisme Profesional Auditor dan Situasi Audit, Etika, Pengalaman serta Keahlian Audit dengan ketepatan Pemberian Opini Auditor oleh Akuntan Publik Simposium Nasional Akuntansi XI, Pontianak.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2012. Standar Profesional Akuntan Publik . Jakarta: Salemba Empat. Indah,Siti NurMawar.2010. Pengaruh Kompetensi dan Indenpendensi Auditor terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris Pada Auditor KAP di Semarang)

Irawati,ST Nur.2011. Pengaruh Kompetensi dan Indenpendensi Auditor terhadap Kualitas Audit pada Kantor Akuntan Publik di Makassar

Kautsarrahmelia, Tania. 2013. Pengaruh Independensi, Keahlian, Pengetahuan Akuntansi dan Auditing Serta Skeptisme Profesional Auditor Terhadap Ketepatan PemberianOpini Audit Oleh Akuntan Publik. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kosasih, Ruchjat. 2000. Akuntan Publik Tidak Independen Bila Terlalu Lama Menjadi Auditor Suatu Entitas ? Media Akuntansi, pp. 47-48.

Negoro,Yosafaf, Beny, Marsetyo. 2011. Pengaruh Batasan Waktu Audit dan Due Professional Care terhadap Kualitas Audit

Nirmala, Rr Putri Arsika, Nur Cahyonowati. 2013. Pengaruh Indenpendensi, Pengalaman, Due Professional Care, Akuntabilitas, Kompleksitas Audit, dan Time Budgget Pressure terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris pada Auditor pada KAP Jawa Tengah dan DIY.

Prasetya, Bayu Adi.2011. Pengaruh Tanggung Jawab, Pengalaman Otonomi terhadap Prestasi Kerja Auditor di Kantor Akuntan Publik di Kota Semarang.

Sarjono, Haryadi dan Winda Julianita. 2011. SPSS vs LISREL: Sebuah Pengantar Aplikasi Untuk Riset. Jakarta : Salemba Empat.

Saripudin, Netty Herawaty dan Rahayu. 2012. Pengaruh Independensi, Pengalaman, Due Professional Care dan Akuntabilitas terhadap Kualitas Audit. (Survei terhadap Auditor KAP di Jambi dan Palembang)

Singgih, Muliani Elisha dan Icuk Rangga Buwono. 2010. Pengaruh Independensi, Pengalaman, Due professional Care dan Akuntabilitas terhadap Kualitas Audit (Studi pada Auditor di KAP “Big Four” di Indonesia).

Saputro, Bayu.2012. Pengaruh Indenpendensi, Kompetensi dan Profesional terhadap Kualitas Audit.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.

Suliyanto. 2011. Ekonometrika Terapan: Teori dan Aplikasi dengan SPSS. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Tampubolon, Magdalena. 2011. Pengaruh Kualitas Audit, Profitabilitas,Leverage, dan Opini Audit Going Concern pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Perusahaan Efek di Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.52447/jam.v1i2.746

Refbacks

  • There are currently no refbacks.