PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN MANAJEMEN RISIKO SEBAGAI VARIABEL MODERATING (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN DAN ENERGI YANG TERDAFTAR DI BEI PADA TAHUN 2010-2013)

Putri Aulia Febyani

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh good corporate governance terhadap nilai perusahaan secara parsial. Untuk mengetahui pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan secara parsial. Untuk mengetahui pengaruh good corporate governance dan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan secara simultan. Untuk mengetahui hubungan manajemen risiko melalui good corporate governance terhadap nilai perusahaan. Untuk mengetahui hubungan manajemen risiko melalui corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan. Jumlah populasi yang diteliti adalah 52 perusahaan pertambangan dan energi, tetapi yang diambil untuk penellitian ini adalah 26 perusahaan dari tahun 2010-2012. Teknik pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji asumsi klasik dengan SPSS. Hasil penelitian ini mengidentifikasi bahwa Good Corporate Governance berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan, Corporate Social Responsibility tidak berpengaruh signifikan pada nilai perusahaan. Good Corporate Governance dan Corporate Social Responsibility berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan. Manajemen risiko memoderasi Good Corporate Governance sedangkan manajemen risiko tidak memoderasi Corporate Social Responsibility.


Keywords


Good Corporate Governance; Corporate Social Responsibility; Nilai Perusahaan; Manajemen Risiko

References


Agoes, Sukrisno “Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) di Indonesia”. Jakarta:

Seminar Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi UKRIDA. 2008.

dan I Cenik Ardana. Etika Bisnis dan Profesi. Jakarta: Salemba Empat. 2009.

Brigham & Houston, 2006, Fundamentals Of Financials Managemen (Dasar-Dasar Manajemen Keuangan), Jakarta: Salemba Empat.

Chariri, Anis. 2008. Kritik Sosial atas Pemakaian Teori dalam Penelitian Pengungkapan Sosial dan Lingkungan. Jurnal Maksi, 8(2), h: 151-169.

Deni Darmawati, dkk. (2004). “Hubungan Corporate Governance Dan Kinerja perusahaan”.

Simposium Nasional Akuntansi VII, Denpasar, 2-3 Desember 2004.

FCGI, Peranan Dewan Komisaris dan Komite Audit dalam Pelaksanaan Corporate Governance ( Tata Kelola Perusahaan ) Jilid II, Jakarta: Citra Graha.

Freddy Semuel Kawatu. (2009). “Mekanisme Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kualitas Laba Sebagai Variabel Intervening”. Jurnal Keuangan dan Perbankan, Vol. 13, No.3 September 2009, hal. 405-417.

Gunawan, Barbara, and Suharti Sri Utami. “Peranan Corporate Social Responsibility Dalam Nilai Perusahaan.” (2008).

Gunawan, Juniati. "Corporate social disclosures by Indonesian listed companies: a pilot study."

Social Responsibility Journal 3.3 (2007): 26-34.

Heinkel, Robert, Alan Kraus and Josef Zechner. 2001. The effect of green investment on corporate behavior. Journal of Financial and Quantitative Analysis, 36 (4), pp: 431.

IICG. (2009). Corporate Governance Perception Index. (Website www.iicg.org, diakses 2 Oktober 2011).

Jensen, MC and Meckling (1976) “Theory of the Firm: Managerial Behavior, Agency Costs and Ownership Structur”. Journal of Financial Economics. Vol 3, p.305-360.

Johan Wahyudi. (2010). “Pengaruh Pengungkapan Good Corporate Governance, Ukuran Dewan Komisaris Dan Tingkat Cross- Directorship Dewan Terhadap Nilai Perusahaan”. Skripsi. Universitas Diponegoro.

Nica Febrina. (2010). “Pengaruh Komisaris Independen Dan Kinerja Keuangan Terhadap Nilai perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Wholesale Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)”. Jurnal Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi-Universitas Gunadarma 10206676.

Retno, Reny Dyah, and Denies Priantinah. “Pengaruh Good Corporate Governance Dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan (studi terdaftar di BEI periode 2007-2010).” Nominal: Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen 1.2 (2012).

Sari, Rizkia Anggita. 2012. Pengaruh Karakteristik Perusahaan terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Nominal, 1(1), h: 124-140.

Sayekti, Y. dan Wondabio, L. S. 2007 . Pengaruh CSR Disclosure terhadap Earning Response Coefficient. Kumpulan Makalah SNA X.

Siallagan, H & Machfoedz, M. 2006, Mekanisme Corporate Governance, Kualitas Laba dan Nilai Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi IX. Padang.

Sobhani, Farid Ahammad, Azlan Amran, and Yuserrie Zainuddin. “ Revisiting the practices of corporate social and environmental disclosure in Bangladesh. “ Corporate Social Responsibility and Environmental Management 16.3 (2009): 167-183.

Solihin, Ismail. “Pengantar Manajemen.” Penerbit Erlangga, Jakarta (2009).

Suad, Husnan, and Enny Pudjiastuti. "Dasar-dasar manajemen keuangan." Buku Kesatu, Edisi Ketiga, AMP-YKPN, Yogyakarta (2002).




DOI: https://doi.org/10.52447/jam.v1i2.747

Refbacks

  • There are currently no refbacks.