PENGARUH TEKANAN ANGGARAN WAKTU DAN TINGKAT EFEKTIVITAS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN KEAHLIAN PEMAKAI KOMPUTER AKUNTANSI SEBAGAI PEMODERASI

Mara Irinning Tyas, Riris R. Sitorus

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh tekanan anggaran waktu dan tingkat efektivitas sistem informasi akuntansi terhadap kinerja manajerial dengan keahlian pemakai komputer Akutansi sebagai variabel moderating. Responden dalam penelitian ini adalah Manajer, Asisten Manajer, Supervisor, dan IT yang bekerja pada bank Mandiri, bank BNI, bank BRI, dan bank BTN yang berada di Jakarta Utara. Metode penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah purposive sampling, yaitu pengambilan dengan tehnik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Sedangkan metode pengolahan data yang digunakan peneliti adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tekanan anggaran waktu memilki pengaruh yang tidak signifikan terhadap kinerja manajerial, sedangkan tingkat efektivitas sistem informasi akutansi memilki pengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial. Tekanan anggaran waktu dan tingkat efektivitas sistem informasi akuntansi secara bersama-sama memilki pengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial. Keahlian pemakai komputer akuntansi sebagai moderating memiliki pengaruh tidak signifikan dan memperlemah tekanan anggaran waktu dan tingkat efektivitas sistem informasi akuntansi terhadap kinerja manajerial.


Keywords


tekanan anggaran waktu; tingkat efektivitas sistem informasi akutansi; kinerja manajerial; keahlian pemakai komputer akuntansi

References


Alanita, Ni Putu ; Suaryana, I Gusti Ngurah Agung (2014) “ Pengaruh Kemampuan Teknik Pemakai Sistem Informasi Akuntansi, Kecanggihan Teknologi Informasi , dan Partisipasi Manajemen Pada Kinerja Individu”, E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 6.1 (2014):33-45.

Amertadewi,Tjokorda Istri Mas ; Dwirandra,A.A.N.B.2013.“Pengaruh Partisipasi Anggaran Terhadap Kinerja Manajerial Dengan Locus of Control dan Gaya Kepemimpinan Sebagai Variabel Moderasi”, E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 4.3 (2013): 550-566

Budiharjo. C, 2008 , “ Analisis Pengaruh Kepemimpianan, Kepuasan dan Komitmen Organisasional terhadap Semangat Kerja Karyawan” Program Sarjana, Universitas Diponegoro Semarang.

Hansen, Don R. dan Marryane M. Mowen. 2004. Akuntansi Manajemen, Edisi tujuh. Jakarta: Salemba Empat.

Laksmita, Venda . A, 2011. “ Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan Dengan Metode Balanced Scorecard ( Study kasus pada PT. Bank Jateng Cabang Utama Semarang). Skripsi. Program Sarjana Universitas Diponegoro, Jawa Tengah.

Lesmana, Desy.2011. Pengaruh Penganggaran Partisipasif, Kompensansi Insentif dan Sistem Pengukuran Kinerja Terhadap Kinerja Manajerial Perguruan Tinggi Swasta di Palembang. Jurnal Ekonomi dan Informasi Akuntansi. Vol. 1 No.3. September 2011.

Mardiasmo. 2002. Akuntansi Sektor Publik. Penerbit Andi, Yogyakarta

Pratama , Gede.A.P. dan Suardikha I.M.S, 2013. “ Kenyamanan Fisik, Tingkat Evektifitas Sistem Informasi Akuntansi, dan Keahlian Pemakai Komputer Terhadap Kinerja Karyawan” Dalam Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 5.2(2013); 361-381.

Ratnaningsih, Kadek.I. dan Suaryana, I Gusti.N.A. 2014.” Pengaruh Teknologi Informasi,Partisipasi Manajemen, Dan Pengetahuan Manajer Akuntansi Pada Efektivitas Sistem Informasi Akuntasi.Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 6.1(2014)1-16.

Sigilipu, Steffi, 2013. “ Pengaruh Penerapan Informasi akuntansi Manajemen dan Sistem Pengukuran Kinerja Terhadap Kinerja Manajerial”. Dalam Jurnal EMBA Vol.1 No.3 Juni 2013, Hal. 239-247.

Sofian,J.2006.Berkenalan dengan Balanced Scorecard (BSC) http://jsofian.wordpress.com/2006/07/19/berkenalan-dengan-balanced-scorecard-bsc/.

www.bi.go.id

www.bankmandiri.co.id

www.btn.co.id

www.bri.co.id

www.bni.co.id




DOI: https://doi.org/10.52447/jam.v1i2.748

Refbacks

  • There are currently no refbacks.