PENGARUH REPUTASI PERUSAHAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KEPERCAYAAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Konsumen Air Minum Dalam Kemasan Galon Merek AQUA di Kecamatan Tanjung Priok Jakarta Utara)

Virgo Simamora, Celeste Celeste

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh reputasi perusahaan terhadap keputusan pembelian dengan kepercayaan konsumen sebagai variabel intervening pada konsumen air minum dalam kemasan galon merek Aqua di Kecamatan Tanjung Priok Jakarta Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian Explanatory. Populasi pada penelitian ini adalah ibu rumah tangga yang memutuskan untuk membeli air minum dalam kemasan galon merek Aqua. Metode pengambilan sampelnya adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 399 orang dari 170.594 populasi. Untuk mengumpulkan data menggunakan kuesioner, sedangkan untuk mengolah data menggunakan software Smart PLS (Partial Least Square) versi 3. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh positif antara reputasi perusahaan terhadap keputusan pembelian (2) ada pengaruh positif antara reputasi perusahaan terhadap kepercayaan konsumen (3) ada pengaruh positif antara kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian (4) ada pengaruh positif antara reputasi perusahaan terhadap keputusan pembelian melalui kepercayaan konsumen.

Keywords


Keputusan Pembelian; Reputasi Perusahaan; Kepercayaan Konsumen

Full Text:

PDF

References


Adityo, Benito dan Khasanah, Imroatul. 2010. Analisis Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di Situs Kaskus. Jurnal. Semarang: Universitas Diponegoro.

Agustiarini, 2010.. “Pengaruh Reputasi Perusahaan dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Terhadap Ibu Rumah Tangga Konsumen Produk Unilever di Komplek Graha Palm Indah, Sengkan, Yogyakarta dan di Komplek Swadharma Lestari, Tanjung-Tabalong, Kalimantan Selatan)”, Yogyakarta.

Armayanti, N. (2011). Gambaran Kepercayaan Konsumen terhadap Pembelian Melalui Media Internet. Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara (Online). (www.google.com Diakses pada 26 April 2012).

Bilondatu, M.R. 2013. Motivasi, Persepsi, Dan Kepercayaan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Sepeda Motor Yamaha Di Minahasa. Jurnal EMBA. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado, 1(3), h: 710-720.

Cahya, Anansya, H. 2013. “Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian”. Universitas Diponegoro, Semarang, Skripsi.

Candra Hakim Arif Prasetya, Srikandi Kumadji, Edy Yulianto. 2014. “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Terhadap Kepercayaan Serta Keputusan Pembelian”.(Survei pada Pembeli Sepeda Motor Honda Vario pada PT Sumber Purnama Sakti di Kabupaten Gresik).

Dharma, F. (2006). Pengaruh Structural Assurance dan Perceived Reputation terhadap Trust Pengguna Internet Di Sistem E-Commerce. Simposium Nasional Akuntansi 9 Padang 23-26 Agustus 2006, K-SISIN 01.

Giri, Wayan, Kemara, 2012. “Reputasi Perusahaan, Kepuasan Konsumen dan Kesetiaan Konsuman Terhadap Keputusan Beli Produk Layanan Jasa Pos di Kantor Pos se-Wilayah Bandung Raya”, Bandung.

Hardiawan, Anandya Cahya. 2013. Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Kualitas Informasi terhadap Keputusan Pembelian Secara Online pada Pengguna Situs Jual Beli Online tokobagus.com. Skripsi Tidak Diterbitkan. Semarang: UNDIP.

Hikmatul Fariqoh (2011), berjudul: Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Psikologi Terhadap Keputusan Pembelian Ponsel Nokia Di Semarang. Fakultas Ekonomi. Universitas Diponegoro. Semarang.

Isnain Putra, Baskara dan Hariyadi, Guruh Taufan. 2014. Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Kualitas Pelayanan dan Persepsi Akan Resiko terhadap Keputusan Pembelian Melalui Situs Jejaring Sosial (Social Networking Websites). Jurnal. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro.

Kustiawan, R., dan Kuncora, I.A, “Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen dalam Melakukan Pembelian Makanan Ringan Secara Online”.

Mahkota, Andy Putra. 2014. Pengaruh Kepercayaan dan Kenyamanan terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi Pada Pelanggan Website Ride Inc). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)| Vol. 8 No. 2 Maret 2014 administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id.

Maima,R. KH. 2012. Analisis Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Sikap Pelanggan Dan Implikasinya Terhadap Keputusan Pembelian Ulang, Skripsi Pada Program Sarjana Universitas Diponegoro.

Murwatiningsih, dan Erin, A.P, 2013, “ Pengaruh Risiko Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kepercayaan Konsumen”, Jurnal Dinamika Manajemen, Vol. 4, No. 2, 2013, pp: 184-191

Naomi, Pube Emma. 2015. Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dalam Memilih Berbelanja Secara Online. Jurnal. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Natasha, Andini. 2014. Pengaruh Viral Marketing Terhadap Kepercayaan Pelanggan dan Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2013 yang melakukan pembelian Online Melalui Media Sosial Instagram). Jurnal Administrasi Bisnis (Online), Vol. 11 No.1 (administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id).

Pratiwi, Hana, Dian, dkk, 2012, “Pengaruh Reputasi Perusahaan Dan Kualitas Website Terhadap Tingkat Kepercayaan Konsumen Dalam Bertransaksi Secara Online (Studi Pada Konsumen Ongisnadestore.Com)”, Jakarta.

Pudjihardjo, Maria Carolina dan Wijaya, Helen. (2012). Analisa Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi, dan Tampilan Produk terhadap Keputusan Pembelian Melalui Pemasaran di Media Sosial pada Pengguna Media Sosial di Shapeharve. Jurnal Manajemen Perhotelan, Universitas Kristen Petra, Surabaya, Indonesia.

Purnama, Wulan. 2014. Pengaruh Brand Trust terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Blackberry. Skripsi Tidak Diterbitkan. Universitas Pendidikan Indonesia.

Retno, Dewi. (2013) Pengaruh Kualitas Informasi dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian Online Melalui Facebook. Skripsi Tidak Diterbitkan. Semarang: UNDIP.

Rhendria, Muhammad Dinawan. 2010. “Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Terhadap Produk Sepeda Motor Mio,” Thesis S-2 Magister Manajemen. Program Studi Magister Manajemen Universitas Diponegoro. Semarang.

Riyadi. Suyadi, Imam. Mahkota, Andy Putra. 2014. Pengaruh Kepercayaan dan Kenyamanan Terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi Pada Pelanggan Website Ride Inc).

Rosidah, C. (2011). The Influence of Corporate Reputation and TrustTo Consumer Loyalty of ATM Users After Cybercrime Isues (Study at BCA Consumers in Surabaya). Jurnal Business and Economics.

Santoso, Rahmat. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Brand Trust terhadap Keputusan Pembelian Pizza Hut di Kota Yogyakarta. Skripsi Tidak Diterbitkan. Yogyakarta: UPN Yogyakarta.

Satya, A. P. 2012. Analisis faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pada Toko Buku Gramedia di Kota Semarang. (http://www.fisip.undip.ac.id). Diakses maret 17, 2013

Suhari,Y.,2008, “Keputusan Membeli Secara Online dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya”, Jurnal Teknologi Informasi Dinamik Volume XIII, No.2, Juli 2008 : 140-146

Sukma, Abdurrahman Andi. 2012. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Melalui Social Networking Websites. Jurnal Ekonomi Manajemen. No. 2.

Sulistyowati, Afiefah, Siti Rahayu Binarsih Sunardi, 2008, Analisis Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Memilih Produk Unit Link International Pada PT. Allianz Life Insurance Cabang Solo. Manajemen Bisnis Syariah No:02/Th.II/Agustus 2008.

Susanti, V., dan Hadi, C., 2013, “Kepercayaan Konsumen dalam Melakukan Pembelian Gadget secara Online”, Jurnal Psikologi Industri Dan Organisasi, Vol. 02. No. 01, April 2013

Syarif, Azmaniar, Rismayani, Syahyunan, 2005. Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Konsumen Untuk Menabung Pada Bank Perkreditan Rakyat Ihuthan Ganda Kartasura.

Van Oostenbrugge, Steve J. (2013). Customer Satisfaction And Corporate Reputation: A Correlation Study, Capella University, ProQuest, UMI Dissertations Publishing, 3557630.




DOI: https://doi.org/10.52447/jam.v2i2.930

Refbacks

  • There are currently no refbacks.