PENGARUH KUALITAS SISTEM DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA DENGAN PERSEPSI MANFAAT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING ( Studi pada penerapan VMS (Vessel Management System) di PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Tanjung Priok )

Rudi Haryanto

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kualitas sistem, kualitas informasi terhadap kepuasan pengguna dan pengaruh persepsi manfaat sebagai variabel intervening. Penerapan sistem VMS (Vessel Management System) merupakan tindak lanjut hasil survei kepuasan pelanggan yang bertujuan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.Populasi penelitian ini adalah pelanggan jasa kapal PT.Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Tanjung Priok dengan jumlah sampel 97 orang pelanggan. Metode pengambilan sampel  dalam penelitian ini menggunakan simpel random sampling yaitu dengan pengambilan sampel secara acak. Penelitian ini menggunakan aplikasi SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas sistem berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pengguna dan persepsi manfaat. Kualitas informasi berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pengguna dan persepsi manfaat. Persepsi manfaat berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pengguna. Persepsi manfaat tidak dapat mengintervensi secara positif dan signifikan pengaruh kualitas sistem dan kualitas informasi terhadap kepuasan pengguna.

Kata kunci : Kualitas informasi, Persepsi manfaat, Kepuasan pengguna, Kualitas sistem


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright Pusat Penelitian Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

Pengunjung

 

Hasil gambar untuk google scholar