DAMPAK ONLINE TRAVEL AGENT (OTA) DALAM MENINGKATKAN PENGUNJUNG DI PARDEDE INTERNASIONAL HOTEL MEDAN

Lenti Saragih

Abstract


ABSTRAK

            Pada hakikatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini membuat perkembangan terhadap teknologi komunikasi, teknologi informasi dan teknologi sosial media semakin berkembang dan diminati banyak orang. Kemajuan teknologi itu sendiri mengakibatkan semua serba mudah dilakukan didalam rumah bisa berbelanja, bisa memesan tiket pesawat, bisa membooking hotel dan lain sebagainya. Salah satu aplikasi yang dimaksud adalah online travel agent.Online travel agent merupakan perusahaan yang khusus menjual jasa penyelenggara perjalanan wisata, termasuk pemesanan tiket transportasi, tiket wisata, serta booking hotel yang berbasis online.

           

            Teknik pengumpulan data dalam metode penelitian ini adalah teknik wawancara, dokemntasi, dan studi kepustakaan sedangkan metode analisa data yang digunakan adalah dengan melakukan pengelolaan data melalui metode deskriptif.

 

            Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah aplikasi online yang digunakan Pardede Internasional Hotel Medan ada 3 buah yaitu Traveloka, Tiket.com, dan Pegipegi. Traveloka adalah aplikasi yang paling banyak memberikan sumbangan jumlah pengunjung yaitu sebanyak 1.075 kamar dalam kurun waktu 6 bulan, kemudian Tiket.com sebanyak 159 kamar, Pegipegi sebanyak 121 kamar. Jumlah kamar yang terjual selama 6 bulan adalah sebanyak 1.355 kamar (20%) melalui aplikasi online travel agent. Dan yang terjual langsung (tanpa aplikasi) adalah sebanyak 5.635 kamar (80%). Jumlah kamar yang terjual secara keseluruhan adalah sebanyak 7.013 kamar. Jadi dengan adanya kerja sama dengan pihak online travel agent (OTA) membantu perusahaan menambah jumlah kamar yang terjual sebesar 20%.

 

Kata Kunci : Strategi Promosi, Aplikasi Online, Minat


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdurrahman,Nana Herdiana. 2018. Manajemen Strategi Pemasaran. Cetakan Pertama. Bandung: Pustaka Setia

Alma, Buchari. 2018. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Cetakan ke-13. Bandung: Alfabeta

Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan praktik. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Diah, Pradiatiningtyas. 2015. Analisa Buying Behavior pada Online Travel Agent. Bandung: AMIK BSI

Effendy, Muhadjir. 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Edisi kelima. Bandung: Erlangga

Kasman, Dharma Akhmad. 2018. Aplikasi Pemesanan Tiket Online. Jakarta: Asfa Solition

Kasmir, 2015. Manajemen Perhotelan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Majid, Abdul Suharto. 2015. Customer Service Dalam Bisnis Jasa Transportasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Malla. 2016. Online Travel Agent.http://www.quora.com/what-are-the-component-of-OTA-model-online-travel-agencies. (diakses tanggal 01.05.2019)

Morissan, M.A. 2015. Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Cetakan ke Empat. Jakarta: Prenada Media Group

Notoatmodjo. 2015. Manajemen Perhotelan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Peter, J. Paul dan Olsen, Jerry C. 2014. Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran. Edisi 9-Buku 2. Jakarta: Selemba Empat

Strauss, Judy dan Frost, Raymond. 2016. E-Marketing. London: Pearson

Suryani, Tatik. 2014. Perilaku Konsumen di Era Internet. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu

Yudhanto, Yudho. 2018. Information Technology Business Start-Up. Cetakan Pertama. Jakarta: Elex Media Komputind


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright Pusat Penelitian Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

Pengunjung

 

Hasil gambar untuk google scholar