Pengaruh Relational Benefits Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Studi Kasus Pada Pengguna Aplikasi Grab

Virgo Simamora, Juita Verawati

Abstract


This study aims to determine the Effect of Relational Benefit on Customers in increasing Loyalty. Relational Benefit is the dependent variable in this study. Further data analysis using smart PLS. The population in this study are Grab users in the Cilincing Village, North Jakarta. The number of samples in this study were 100 Grab users using purposive sampling. The results of this study indicate that Relational Benefit has a significant positive effect on Customer Loyalty, Relational Benefit has a significant positive effect on customers, Furthermore, Relational Benefit has a significant positive effect on Customer Loyalty through customer goals.

Keywords: Relational Benefit, Customer Satisfaction, Customer Loyalty


Full Text:

PDF

References


Badriyah, N. (2020). No Title. 4, 189–193.

Bank, P. T., Cabang, B. R. I., & Lampung, B. (2010). = 43,632 > f. 1–9.

Bisnis, J. S., Rokhmah, F., Arieba, I. Z., Studi, P., Administrasi, I., Administrasi, F. I., &

Brawijaya, U. (2018). Jurnal sketsa bisnis. 5(2), 72–85.

Ekonomi, P. (2017). Ekobis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Syariah Kepercayaan Nasabah Sebagai

Pemediasi antara Confidence Benefit , Social Benefit , dan Special Treatment Benefit dengan

Loyalitas Nasabah Asuransi.

Elen, & Raymond. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan dan Customer

Relationship Management Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada J&T Express Indosat. Jurnal

Ilmiah Core IT, Vol. 8(1), 142–155.

Journal, P., & Vol, P. (2019). No Title. 3, 34–47.

Kualitas, P., Dan, P., Pelayanan, K., Loyalitas, T., & Melalui, P. (2015). Management Analysis

Journal. 4(4), 348–354.

Kusumawati, A., Wusko, A. U., & Pangestuti, E. (2021). Relational Benefits on Customer

Satisfaction : Sharia Empirical Study in Indonesia. 312–321.

Ludiya, H. (2010). Pengaruh Relational Benefits Terhadap Relational Outcomes Behavioral

(Wom, Trust&Commitment) Melalui Satisfaction (Survei Pada Nasabah Pt. Bank Negara

Indonesia Wilayah Jakarta). Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 3(1), 77.

https://doi.org/10.25105/jmpj.v3i1.481

Manajemen, M. J., & Semarang, U. P. (2020). 2), 3). 2006.

Mardikawati, W. (2013). PENGARUH NILAI PELANGGAN DAN KUALITAS LAYANAN

TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN, MELALUI KEPUASAN PELANGGAN

PADA PELANGGAN BUS EFISIENSI (Studi PO Efisiensi Jurusan Yogyakarta-Cilacap).

Jurnal Administrasi Bisnis, 2(1), 64–75. https://doi.org/10.14710/jab.v2i1.5355

Mediasi, L. D., Nakula, J., & Semarang, I. N. (2016). ( ISST ) TERHADAP KEPUASAN DAN.

(1), 60–69.

Menengah, D. A. N., & Jawa, D. I. (2014). PENGARUH RELATIONAL BENEFIT TERHADAP

KEPUASAN DALAM PENJUALAN ONLINE PRODUK BATIK PADA USAHA MIKRO ,

KECIL. 6.

Nurcaya, I. N. (2019). TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN I Made Meta Agistia 1 Fakultas

Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , Bali , Indonesia email : metaagistia@gmail.com

Jumlah penduduk Provinsi Bali yang setiap tahunya meningkat secara tidak langsung juga

berdampak akan menin. 8(1), 7219–7252.

Paper, C. (n.d.). CONCEPTUAL PAPER PENGARUH RELATIONAL BENEFITS TERHADAP

SATISFACTION , TRUST , DAN ADVOCACY. 93–103.

Pengaruh, A., Pelayanan, K., & Maskur, M. (n.d.). ( Studi Kasus pada Bengkel Mobil Larasati

Lumajang ).

Prayoga, I. M. S., Yasa, N. N. K., & Wardana, M. (2015). Relational Benefit, Kepuasan, Dan

Loyalitas Pelanggan Pada Bengkel Pt Honda Dewata Motor. Jurnal Manajemen Dan

Kewirausahaan (Journal of Management and Entrepreneurship), 17(1), 11–20.

https://doi.org/10.9744/jmk.17.1.11-20

Purwoko, B., & Astuti, K. H. (2017). Pengaruh kepusan dan kepercayaan terhadap komitmen

relasional dan loyalitas nasabah bank mandiri surabaya 1). Economics and Sustainable

Development Vol., 2(02), 1–14.

Putri, F. K., Tumbel, A. L., & Djemly, T. W. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan

Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pt . Matahari Department Store Di Mantos 2

Effect Of Service Quality And Customer Satisfaction On Customer Loyalty At Pt . Matahari

Department Store In Mantos 2 Jurnal Em. Jurnal EMBA, 9(1), 1428–1438.

Putu, L., Wulandari, S., Wayan, N., Suprapti, S., & Nurcahya, K. (n.d.). KEPUASAN DAN

LOYALITAS NASABAH BANK ( Studi pada Bank BPD Bali Cabang Utama Denpasar ). 160–

Relational, P., Terhadap, B., Berbelanja, K., & Wijaya, E. (2017). JURNAL ILMIAH SIMANTEK

Vol. 1. No. 2 Juni 2017. 1(2), 106–112.

Saputro, D. A., Hufron, M., & S., A. R. (2017). PENGARUH KEPUASAN PELANGGAN,

KEPERCAYAAN PELANGGAN DAN SWITCHING BARRIERS TERHADAP

LOYALITAS PELANGGAN (Studi Kasus Pada Toko Ogan Malang). E – Jurnal Riset

ManajemenPRODI MANAJEMEN, 000(November 2016), 124–135.

https://doi.org/10.1123/ijsb.8.1.1

Suartina, I. W., Sadiartha, A. A. N., & Ady, N. N. R. D. (2020). Pengaruh Customer Relationship

Management Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Anggota. Widya Manajemen, 2(2), 88–99.

https://doi.org/10.32795/widyamanajemen.v2i2.910

Subawa, I. G. B., & Sulistyawati, E. (2020). Kualitas Pelayanan Berpengaruh Terhadap Loyalitas

Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi. E-Jurnal Manajemen

Universitas Udayana, 9(2), 718. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i02.p16

Supertini, N. P. S., Telagawati, N. L. W. S., & Yulianthini, N. N. (2020). Pengaruh kepercayaan

dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada Pusaka Kebaya di Singaraja.

Prospek: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 61. https://doi.org/10.23887/pjmb.v2i1.26201

Tjahyadi, R. A. (2020). Pengujian manfaat relasional dan kualitas hubungan sebagai anteseden

loyalitas pelanggan. Jurnal Manajemen Maranatha, 19(2), 169–178.

https://doi.org/10.28932/jmm.v19i2.2433

Triadinda, D., Puspaningrum, A., & Hussein, A. S. (2018). Peranan Relational Benefits Dan

Perceived Value Dalam Meningkatkan Trust Dan Loyalitas Pelanggan Klinik Kecantikan.

Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 5(1), 65–78. https://doi.org/10.26905/jbm.v5i1.2317

Virgo Simamora, E. S. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Tracking System Berbasis Web

Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Persepsi Resiko Konsumen Pada Produk Jne

Cilincing. Jasa, Media Manajemen Internasional, Jurnal Online, 4(1), 15–29.

www.journal.uta45jakarta.ac.id

Yaskun, M., Studi, P., Fakultas, M., Universitas, E., & Lamongan, I. (2017). Peranan Relational

Benefits Dalam Peningkatan Kepuasan Dan. 4(2).

(Elen & Raymond, 2020)(Tjahyadi, 2020)(Bank et al., 2010)(Kusumawati et al., 2021)(Purwoko

& Astuti, 2017)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright Pusat Penelitian Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

Pengunjung

 

Hasil gambar untuk google scholar