DAMPAK PENYESUAIAN TERHADAP KINERJA EKSPATRIAT DI INDONESIA

Sylvia Sari Rosalina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dampak penyesuaian terhadap kinerja ekspatriat di Indonesia. Unit analisis dalam penelitian ini adalah ekspatriat yang telah menetap di Indonesia selama 6 hingga 12 bulan dan berencana kembali kenegaranya setelah melaksanakan tugasnya. Populasi dalam penelitian ini adalah ekspatriat dengan jumlah 127. Penarikan sampel menggunakan sampling jenuh dengan response rate sebesar 63,78%. Dari 127 kuesioner yang dikirim, hanya 85 yang kembali, tetapi 81 jawaban responden yang lengkap, sehingga penelitian ini menganalisis data responden sebanyak 81. Instrument analisis statistik diukur menggunakan regresi berganda dengan menggunakan SPSS 16.00.

Hasil penelitian ini menemukan bahwa penyesuaian di lingkungan kerja berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja ekspatriat, namun penyesuaian di lingkungan sosial dan dilingkungan umum berpengaruh negative tidak signifikan terhadap kinerja ekspatriat.

Implikasi penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi penyesuaian ekspatriat di lingkungan kerja akan meningkatkan kinerja ekspatriat. Hal ini menunjukkan bahwa penyesuaian ekspatriat di lingkungan kerja sangat penting untuk memaksimalkan kinerja ekspatriat.

 


Full Text:

PDF

References


Al-Rodhan, R.F. Nayef and Gérard Stoudmann. (2006). Definitions of the Globalization: A Comprehensive Overview and a Proposed Definition.

Chaudhuri, K.N. (1999). The English East India Company: The Study of an Early Joint-stock Company 1600–1640 (Vol. 4). London: Routledge/Thoemmes Press

Levinson, Marc. "Sample Chapter for Levinson, M.: The Box: How the Shipping Container Made the World Smaller and the World Economy Bigger.". The Box: How the Shipping Container Made the World Smaller and the World Economy Bigger. Princeton University Press. Retrieved 17 February 2013

Fathoni, Abdurrahmat, 2006, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT. Rineka Cipta. Gibson, 2008, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Erlangga.

Hasibuan, Melayu SP, 2008, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT. Bumi Askara. Luthans, Fred, 2006, Prilaku Organisasi, Yogyakarta: Andi. Edisi 10

Mangkunegara, Anwar Prabu, 2010, Evaluasi Kinerja SDM, Bandung: Refika Aditama.

Moeheriono, 2012, Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi, Jakarta: PT. Raja Grafindo Prasada

Prawirosentono, Suyadi, 2008, Manajemen Sumber Daya Manusia, Kebijakan Kinerja Ekspatriat, Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Rivai, Veithzal, 2011, Manajemen Sumber Daya Perusahaan, Jakarta: Pt Raja Grafindo Prasada.

Simamora, Henry, 2006, Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: STIE YKPN Yogyakarta.

Sugiyono, 2008, Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif, Bandung: Alfa Beta

, 2010, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif Dan R&D, Bandung: Alfabeta.

, 2012, Metode Penelitian Manajemen, Bandung: Alfabeta

Sutrisno, Edy, 2011, Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Ketiga. Jakarta: Kencana Prenada Media Group


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright Pusat Penelitian Fakultas Ekonomi Bisnis dan Ilmu Sosial

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

Pengunjung