RANCANG BANGUN SECURED DOOR AUTOMATIC SYSTEM UNTUK KEAMANAN RUMAH MENGGUNAKAN SMS BERBASIS ARDUINO

Donny Widcaksono, Masyhadi Masyhadi

Abstract


Tindak kriminal saat ini semakin meningkat pencurian maupun perampokan yang sering terjadi membuat pemilik rumah semakin memperhatikan keamanan pada rumah, karena kesibukan atau hari libur panjang rumah ditinggalkan pemiliknya dalam keadaan tanpa pengawasan. Sistem keamanan rumah yang dirancang pada penelitian ini adalah untuk keamanan pada pintu yang prinsip kerjanya secara otomatis. Sistem keamanan yang dirancang menggunakan arduino sebagai pengontrol utama, sensor limit switch untuk mendeteksi pintu dibuka secara paksa, buzzer memberi notifikasi alarm pada saat pintu dibuka secara paksa, keypad digunakan membuka pintu dengan menggunakan sandi, solenoid door lock sebagai pengunci pintu otomatis, module GSM sebagai sistem komunikasi dan LCD sebagai interface informasi untuk sistem yang bekerja.Pada saat membuka kunci pintu menggunakan SMS proses pengiriman perintah SMS membutuhkan waktu 5-10 detik untuk sistem merespon perintah. Jika membuka kunci pintu menggunakan keypad dengan memasukan sandi atau dengan menekan tombol manual, sistem melakukan penguncian otomatis setelah pintu terbuka dalam rentang waktu 10detik dan memberi notifikasi SMS dalam rentang waktu 4-7detik untuk pengiriman SMS. Sehingga sistem ini dapat membantu pemilik rumah dalam memberikan keamanan pada rumah.

Kata kunci : SMS, Keamanan, Automatic System


Full Text:

PDF

References


] Zulfikar Ramadhan Gumilar, Tjut Awaliyah Zuraiyah, Agung Prajuhana Putra. 2016. Model Smart Home Solution Berbasis Mikrokontroller. Jurnal FMIPA. Universitas Pakuan.

] Danny Kurnianto, Abdul Mujib Hadi, Eka Wahyudi. 2016. Perancangan Sistem Kendali Otomatis Pada Smart Home Menggunakan Module Arduino UNO. Jurnal Nasional Teknik Elektro. ST3 Telkom Purwokerto.

] Dadan Nurdin Bagenda, Indra Mulyana. 2016. Perancangan Sistem Keamanan Brankas Menggunakan Kartu RFID Berbasis Arduino. Jurnal LPKIA, Vol 1.1. STIMIK Bandung.

] Kadir, Abdul. 2015. Arduino From Zero To A Pro. Yogyakarta : Andi.

] Maulana, Sofyan. 2015. SMS Gateway. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

] Kadir, Abdul. 2012. Mempelajari Aplikasi Mikrokontroler dan Pemrogramannya Menggunakan Arduino. Yogyakarta : Andi.

] Ramdhani, Mohamad. 2008. Rangkaian Listrik. Jakarta : Erlangga.

] Bishop, Owen. 2014. Dasar Dasar Elektronika. Jakarta : Erlangga.

] Tokheim, Roger L. 1995. Elektronika Digital (Edisi kedua). Jakarta : Erlangga.

] Nahvi, Mahmood. 2003. Rangkaian Listrik (Edisi keempat). Jakarta : Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.52447/jkte.v3i1.1060

Refbacks

  • There are currently no refbacks.