PENERAPAN IPTV PADA JARINGAN SERAT OPTIK FTTH

Sri Hartanto

Abstract


Sistem penyiaran televisi merupakan salah satu jenis teknologi telekomunikasi satu arah yang mentransmisikan informasi audio video dengan gelombang radio sebagai media transmisi. Dengan menggunakan gelombang radio, kualitas penerimaan audio video menjadi kurang bagus karena tergantung pada kondisi antena yang dipengaruhi oleh adanya gangguan Electromagnetic Interference (EMI). Untuk meningkatkan kualitas sinyal audio video pada sistem penyiaran televisi, maka sistem penyiaran televisi dapat memanfaatkan jaringan kabel serat optik. Untuk mentransmisikan sinyal audio video secara digital ke dalam jaringan serat optik, perlu memperhatikan protokol komunikasi. Dalam penerapannya pada jaringan telekomunikasi berbasis packet switching, protokol OSI Layer diadaptasi menjadi protokol TCP/IP. Salah satu aplikasi dalam protokol TCP/IP adalah Internet Protocol Television (IPTV). IPTV merupakan protokol aplikasi TCP/IP yang awalnya diperuntukkan untuk aplikasi multimedia, khususnya audio video streaming. Dalam perkembangannya, IPTV kemudian dimanfaatkan untuk mentransmisikan data audio video yang disiarkan oleh stasiun penyiaran televisi. Untuk menganalisa bagaimana penggunaan jaringan serat optik dalam mentransmisikan sinyal audio video dari stasiun televisi ke pelanggan perumahan, maka tulisan ini menganalisa secara khusus penerapan IPTV pada jaringan serat optik FTTH.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR REFERENSI

] Held, Gilbert (2007). Understanding IPTV. Auerbach Publications Taylor & Francis Group.

] Jones, Simon. (2006). IPTV Delivery Architecture. ITU-T IPTV Global Technical Workshop,Seoul.

] Hermawan, Nanang; Hartanto, Sri; Purwo Santoso, Slamet (2017). Perencanaan Sistem Jaringan FTTH Dengan Teknologi Gigabit Passive Optical Network (GPON). Skripsi Universitas Krisnadwipayana.

] Michael, Bass; Stryland, Eric W. Van; etc (2002). Fiber Optics Handbook – Fiber, Devices and Systems for Optical Communication. McGraw-Hill.

] Festraets, Eric, etc (2010). FTTH Handbook. Fibre to the Home Council Europe.

] Simpson, Wes & Greenfield, Howard. (2007). IPTV and Internet Video – Expanding the Reach of Television Broadcasting. National of Association Broadcasters (NAB) Focal Press.

] O’Driscoll, Gerard. (2007). Next Generation IPTV Services and Technologies. A John Wiley & Sons, Inc., Publication.

] Kawamori, Masahito (2010). ITU-T IPTV for Accessibility. ITU-EBU Jaoint Workshop on Accessibility to Broadcasting and IPTV Access for All, Geneva.




DOI: https://doi.org/10.52447/jkte.v3i2.1182

Refbacks

  • There are currently no refbacks.