RANCANG BANGUN ALAT SINKRON UNTUK MENGGABUNGKAN DUA GENERATOR TIGA FASA

Banu Dwi Rahman, Ahmad Rofii

Abstract


Dalam perkembangan teknologi saat ini kebutuhan akan daya listrik semakin besar, dimana saat ini Indonesia sebagai negara berkembang sedang melakukan pembangunan secara besar-besaran. Seperti pembangunan gedung baru, pembangunan pabrik baru, dan pembangunan infrastruktur yang lainnya,begitu juga banyaknya kebutuhan masyarakat akan penambahan daya listrik. Terlebih lagi akan diterapkan smart grid system di Indonesia, sehingga PLN bukan hanya distributor tunggal untuk menyediakan daya listrik di Indonesia, dengan menggunakan alat sinkronisasi generator dapat mendistribusikan jaringan listrik pandai yang mampu menyokong kegiatan atau aksi-aksi dari semua pengguna. Alat sinkron generator yang dirancang pada penelitian ini berupa trainer alat sinkron generator untuk aplikasi penggabungan dua buah sumber jaringan listrik dengan beberapa prokteksi. Hasil dari pengujian alat sinkron generator dalam penelitian ini mampu menggabung dua buah sumber jaringan listrik tanpa salah satu dari generator terbebani secara signifikan, dan mampu menggabungkan dua buah generator dengan frekuensi yang sama, tegangan yang sama dan sudut fasa yang sama (sudut fasa dua buah generator berhimpit) dengan demikian telah dapat tercapai sehingga dapat digunakan untuk aplikasi penggabungan dua buah generator dan juga trainer di laboratorium.

Keywords


Sinkronisasi, generator, Under-Over Frequency Relay (UFR), proteksi.

Full Text:

PDF

References


http://www.smartgridindonesia.com/single-post/2016/07/24/Apa-itu-Smart-Grid (diakses tanggal 5 April 2018 pukul 21:00).

Prasetya, Tri. 2011. "SINKRONISASI DAN PENGAMANAN MODUL GENERATOR LAB-TST BERBASIS PLC (HARDWARE)." EEPIS Final Project.

Ardhi, Setya. 2015. "PENGENDALIAN SINKRONISASI GENERATOR DENGAN SUMBER PEMBANGKIT LISTRIK SECARA OTOMATIS BERBASIS MIKROKONTROLLER." Vol. 7, No. 1, Hal 36-42.

Liklikwatil, Yakob. Mesin-mesin Listrik untuk Program D3. Deepublish, 2014.

Kadir, Abdul . 1999. ”MESIN SINKRON”. Jakarta: Penerbit Djambatan.

Zuhal. 1997. “DASAR TENAGA LISTRIK”. ITB Bandung.

http://eprints.undip.ac.id/2327/1/Paralel_Generator.pdf (diakses tanggal 21 Juni 2018 pukul 21:00).

FAUZI, R. I. (2017). SISTEM SINKRONISASI GENERATOR PADA PLTMG SEMATANG BORANG (Doctoral dissertation, POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA).

Supriono, S., & Panjaitan, S. D. (2015). Manajemen Daya Listrik dengan Sistem Automatic Transfer and Synchronization Switch berbasis PLC. Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (JNTETI), 4(3).

Bambang Dwinanto, S. T., & Matippanna, M. V. A. ALAT UJI SINKRONISASI PARAREL GENERATOR.

Rofii, A., & Ferdinand, R. (2018). ANALISA PENGGUNAAN KAPASITOR BANK DALAM UPAYA PERBAIKAN FAKTOR DAYA. JURNAL KAJIAN TEKNIK ELEKTRO, 3(1), 39-51.




DOI: https://doi.org/10.52447/jkte.v3i2.1188

Refbacks

  • There are currently no refbacks.