ANALISIS DAN RESIKO PARTIAL DISCHARGE PADA KABEL TEGANGAN MENENGAH

Firman Jurjani

Abstract


Pada sistem distibusi khususnya di Jakarta saat ini hampir secara kesuluruhan menggunakan kabel tanah untuk sistem tegangan menengahnya atau biasa disebut SKTM (saluran kabel tegangan menengah). Umur kabel yang terpasang rata-rata sudah diatas 20 tahun sehingga pada tahun 2013-2015 total gangguan yang disebabkan oleh SKTM adalah 10273 kasus dengan rata-rata 3000 kasus per tahun yang disebabkan oleh gangguan eksternal dan internal. Hal ini tentu merupakan sebuah tantangan untuk mengurangi jumlah gangguan sehingga bisa meningkatkan sistem distribusi. Pada dasarnya untuk menghindari kegagalan pada sebuah peralatan diperlukan adanya perawatan secara berkala yang sesuai dengan umur peralatan. Untuk gangguan internal pada kabel bawah tanah biasanya disebabkan oleh aktifitas partial discharge. OWTS (Oscillating Wave Test System) dapat merekam aktifitas partial discharge pada kabel dengan memberikan tegangan DAC (Damped Alternating Current) pada sistem kabel. Untuk dapat meningkatkan kualitas distribusi maka perlu untuk mengetahui resiko-resiko terjadinya kegalan berdasarkan kondisi akitifitas PD (Partial Discharge) pada sistem kabel.

KATA KUNCI: OWTS, DAC, SKTM , PD


Full Text:

PDF

References


Ravish P.Y. Mehairjan BSc, “ Application of Statistical Life Data Analysis for Cable Joints in MV Distributin Networks”, Thesis Magister Program Delft University of Techonology, 2010.

Renvile Sapulete, “ Pengaruh Internal Partial Discharge Kabel Terhadap Kegagalan Isolasi”, Tesis Program Magister Universitas Indonesia, 1996.

Buyung Sofiarto Munir, Elpis Sinambela, Satyagraha Abdul Kadir, Nurul Fauziah, Haryo Lukito, “Studi Asesmen Kondisi Kabel 20 kV”, Laporan Penelitian Pusat Penelitian dan Pengembangan Ketenaga Listrikan, 2010.

“DAC Test and Dianosis System 30/60 kV ”,User Manual Onsite High Voltage.

“IEEE Guide for Field Testing of Shielded Power Cable Systems Rated 5 kV and Above with Damped Alternating Current (DAC) Voltage”, IEEE Power anda Energy Society, IEEE Std 〖404.4〗^TM, 2015

“ High - Voltage test techiques – Partial Discharge Measurement”, Internasional Standard, CEIIEC 60270, Third Edition, 2000-12.

“EXP 157 DAC Explorere Software”, User Manual Onsite High Voltage.

“Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik PT PLN (Persero) 2013-2022”, PT PLN (Persero), 2013

http://210.210.142.132/apdjakarta/rekapitulasi_kali_ggn_tahun_ini.php

Aulia,Veni Dwiputri,”Pengujian Partial Discharge Low Density Polyethylene Pada Kondisi Ruang dengan Tegangan Operasi 20 kV”, Artike Penelitian Departemen Pendidikan Nasional Lembaga Penelitian Andalas, 2006

Winarko Ari.P, Abdul Syakur, Yuningtyastuti, “ Analisis Partial Dishcarge Pada Material Polimer Resin Epoksi Dengan Menggunakan Elektroda Jarum Bidang”, Paper Universitas Diponegoro, 2009.

Pungkie Oktharia Hermawan,”Analisis Partial Discharge Pada Pengujian Kabel XLPE Tegangan Mengengah Satu Inti dan Tiga Inti”, Skripsi Universita Indonesia, 2012

Bimo Brilianta, Ir,”Pelepasan Muatan Sebagian Pada Kabel XLPE”, Skripsi Institut Sains dan Teknologi Nasional, 1993




DOI: https://doi.org/10.52447/jkte.v1i1.141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.