RANCANG BANGUN SISTEM PENYIRAMAN OTOMATIS UNTUK TANAMAN BERBASIS ARUDUINO DAN KELEMBABAN TANAH

Syah Alam, Herwan Tony, I Gede Agus Darmawan

Abstract


Perkembangan tanaman dan tumbuhan dipengaruhi oleh beberapa hal salah satunya adalah intensitas penyiraman air menggunakan pompa. Pada umumnya pompa yang digunakan adalah manual yang harus dioperasikan oleh manusia. Penelitian ini mengusulkan prototipe rancang bangun pompa motor AC bertenaga surya yang dikendalikan dengan menggunakan mikrokontroller yang dapat bekerja secara otomatis jika terjadi perubahan pada tingkat kelembaban tanah sehingga pompa dapat bekerja secara otomatis tanpa harus dikendalikan oleh manusia. Sumber tenaga listrik bagi pompa air dihasilkan dari solar panel jenis monocrystalline 50WP sedangkan untuk pendeteksi kelembapan menggunakan sensor soil moisture SEN0193 dan mikrokontroller yang digunakan adalah jenis arduino uno. Dari hasil pengujian di lapangan pada panel surya 50 WP mendapatkan nilai arus pada panel surya 1,2 A dan tegangan 20,98 V pada saat kondisi matahari terik dan dapat bekerja selama 11 jam / hari. Pompa dapat bekerja secara otomatis untuk mengalirkan air ke tanaman setelah mendeteksi tanah dalam kondisi lembab (sedikit basah). Dai hasil yang diperoleh,  prototipe yang dirancang telah sesuai dengan kriteria yang ditetapkan dan dapat diterapkan untuk sistem penyiraman otomatis pada tanaman.


Keywords


arduino; otomasi; pompa; panel surya;kelemababan tanah

Full Text:

PDF

References


Afifah, H. (2015). Perancangan Alat Otomatis Penyemprot Hama Tanaman Padi Menggunakan Sensor Pir Dengan Sumber PV Dan Baterai Proyek Akhir. Skripsi. Jurusan D3 Elektronika. Universitas Jember.

Ardhi, F.Z. (2011). Rancang Bangun Charge Controller Pembangkit Listrik Tenaga Surya. Skripsi. Universitas Indonesia.

Artikel Elektronika. (2012). Elektronika Dasar – Inverter DC ke AC. Tersedia pada http://elektronika-dasar.web.id/inverter-dc-ke-ac/. (Diakses pada 1 Agustus 2018)

Dhyba, F., Pramana, R., Farida, F. (2017). Prototipe Otomatisasi Pompa Air Tenaga Surya Berbasis Mikrokontroler. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro. Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Juniardy, V.R., Triyanto, D., Brianorman, Y. (2014). Prototype Alat Penyemprot Air Otomatis Pada Kebun Pembibitan Sawit Berbasis Sensor Kelembaban Dan Mikrokontroler AVR ATmega8. Jurnal Coding Sistem Komputer Volume 02 No. 3 (2014), hal 1 – 10. Universitas Tanjungpura.

Khoirunisa, I. (2016). Kekurangan dan Kelebihan MEmasang Panel Surya. Tersedia pada https://www.rumah.com/beritaproperti/2016/5/126421/

kekurangan-dan-kelebihan-memasang-panel-surya. (Diakses pada 1 Agustus 2018)

Kho, Dickson. (2018). Teknik Elektronika – Pengertian Inverter dan Prinsip Kerjanyan. Tersedia pada https://teknikelektronika.com/pengertian-inverter-prinsip-kerja-power-inverter/. (Diakses pada 1 Agustus 2018).

Lintang, F. (2008). Pengaturan Otomatis. Tersedia pada http://www.academia.edu/4596972/PENGATURAN_OTOMATIS (Diakses pada 28 Juli 2018)

Mahardika, I.G.N.A., Wijaya, I.W.A., Rinas, I.W. (2016). Rancang Bangun Baterai Charge Control Untuk Sistem Pengangkat Air Berbasis Arduino UNO Memanfaatkan Sumber PLTS. E-Journal SPEKTRUM Vol. 3, No. 1. Jurusan Teknik Elektro. Universitas Udayana.

Martin Winter, Ralph J Brodd. (2004). What Are Batteries, Fuel Cells,

and Supercapacitors ?. Chem. Rev. 104

Partha, G.I., Wijaya. A.W., Setiawan. Nym. (2014). Rancang Bangun Sistem Pengangkatan Air Menggunakan Motor AC dengan Sumber Listrik Tenaga Surya. E-Journal Seminar Nasional dan Expo Teknik Elektro 2014. Jurusan Teknik Elektro. Universitas Udayana.

Wakur, J. S. (2015). Alat Penyiram Tanaman Otomatis Menggunakan Orduino UNO. Tugas Akhir.




DOI: https://doi.org/10.52447/jkte.v4i1.1423

Refbacks

  • There are currently no refbacks.