Konfigurasi dan Analisis Performansi Routing OSPF pada Jaringan LAN dengan Simulator Cisco Packet Tracer versi 6.2

Kukuh Aris Santoso

Abstract


Dalam tulisan ini membahas tentang kinerja jaringan Local Area Network (LAN) yang menggunakan routing dinamis, open shortes part first (OSPF), topologi yang digunakan adalah topologi star, yang dihubungkan oleh switch dan router untuk menghubungkan perangkat jaringan secara keseluruhan, perangkat seperti server, komputer pribadi, laptop dan perangkat lainnya ke perangkat akhir sehingga semua jaringan yang terhubung. Analisis kinerja serta topologi routing akan terlihat dari delay, packet loss dan throughput yang dihasilkan. Simulasi dilakukan dengan menggunakan packet tracer, sebuah software simulasi untuk jaringan komunikasi data untuk siswa versi 6.2

 

Kata kunci : OSPF, LAN, topologi, routing


Full Text:

PDF

References


. Villasica,Yovie Dwi & Mubarakah,Naemah, 2014, ANALISIS KINERJA ROUTING DINAMIS DENGAN TEKNIK OSPF(OPEN SHORTEST PATH FIRST) PADA TOPOLOGI MESH DALAM JARINGAN LOCAL AREA NETWORK (LAN) MENGGUNAKAN CISCO PACKET TRACER, SINGUDA ENSIKOM VOL. 7 NO. 3/ Juni 2014.

. N.Nazumudeen & C.Mahendran, 2014, Performance Analysis of Dynamic RoutingProtocols Using Packet Tracer, International Journal of Innovative Researchin Science, Engineering and Technology, Volume 3, Special Issue 1, February 2014.

. Stalling, William , 2007, Data and Computer Communication eight edision. Pearson education ings.2007.

. Module CCNA networking Basic 3.1.2012. Cisco System

. Student Guide, Ro10SG, 2009. Cisco System Learning




DOI: https://doi.org/10.52447/jkte.v1i1.145

Refbacks

  • There are currently no refbacks.