PengaturanTeganganPembangkitListrikTenagaSurya(PLTS) 1000 WATT

Juara Mangapul

Abstract


Abstrak— Tenaga surya merupakan salah satu sumber energi terbarukan yang ramah lingkungan. Tenaga surya dimanfaatkan oleh pembangkit listrik tenaga surya untuk menghasilkan listrik. Energi listrik yang dihasilkan merupakan energi cahaya yang dikonversi oleh sel surya. Kumpulan sel surya disusun sedemikian rupa sehingga menghasilkan panel surya. Energi listrik yang dihasilkan akan disimpan didalam sebuah media yang disebut baterai. Dalam penyimpanan dan penggunaan energi listrik ini, perlu diperhatikan agar tidak terjadi kelebihan pengisian/overcharge dan kelebihan pemakaian/ overdischarge. Oleh karena itu digunakan pengatur pengisian baterai/battery charge controller yang akan mengatur pengisian ataupun pemakaian energi, selain itu juga berfungsi sebagai alat proteksi. Untuk pemakaian beban AC digunakan inverter untuk mengatur keluaran tegangan menjadi VAC.

Kata kunciPLTS, Panel surya, Battery charge controller, Baterai, Inverter


Full Text:

PDF

References


Jansen, Ted, J, Teknologi Rekayasa Surya, diterjemahkan oleh Prof.Wiranto Arismunandar ( Jakarta, PT.Pradnya Paramita, 1995 )

Kadir, Abdul, Energie : Sumber Daya, Inovasi, Tenaga Listrik dan Potensi Ekonomi (Jakarta : UI Press, 1990)

Suhono, Inventarisasi Permasalahan pada Instalasi Solar Home System Di Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, Laporan Kerja Praktek, Universitas Gadja Mada. (Yogyakarta : 2009)

Suriadi dan Syukri, Mahdi, “Perencanaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terpadu Menggunakan Software PVSYST Pada Komplek Perumahan Di Banda Aceh”, Jurnal Rekayasa Elektrika, Vol.9 No.2, hal.77-80, 2010.




DOI: https://doi.org/10.52447/jkte.v1i1.211

Refbacks

  • There are currently no refbacks.