PROTOTIPE MODEL SISTEM PROTEKSI TURBIN PADA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKROHIDRO (PLTMH)

Priatama Noor Faizin

Abstract


Artikel ini ditujukan untuk membuat sebuah prototipe proteksi bagi system Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro. Dengan pemanfaatan Arduino dan sensor LDR untuk mendeteksi sampah yang ada. Teknik pengambilan sampah pada prototype alat proteksi PLTMH dengan melakukan penyaringan. Penyaring tidak selalu pada posisi menyaring akan tetapi penyaring akan dalam posisi siaga, dan ketika terdapat sampah yang terdeteksi oleh sensor. Penyaring di Gerakan oleh motor servo sehingga hal tersebut membuat penyaring dapat kembali ke posisi semula. Sampah yang terdeteksi akan langsung tersaring kemudian terbuang ke tempat yang telah di sediakan. Sehingga sampah tersebut tidak mengganggu intensitas debit air yang mengalir untuk kebutuhan turbin. Stabilnya intensitas debit air tentu akan berdampak positif terutama bagi tegangan yang di hasilkan oleh turbin. Tegangan stabil sangat di perlukan guna menjaga kenyamanan bagi para konsumen. Selain membuat tegangan stabil alat ini juga memiliki fungsi pada proteksi terhadap sampah. Dengan itu turbin akan selalu aman dan terjaga agar terhindar dari kerusakan yang di sebabkan oleh faktor luar seperti sampah yang tersangkut pada baling baling turbin.

Keywords


Proteksi, PLTMH; Kesetabilan Tegangan; Turbin; Sensor LDR

Full Text:

PDF

References


] Ikrar Hanggara,Harvi Irvani. 2017. Potensi PLTMH (Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro) di kecamatan ngantang kabupaten malang jawa timur . Jurnal Reka Buana Volume 2.

] Akip Saputra. 2016. Pengukur kadar keasaman dan kekeruhan air berbasis Arduino. Skripsi Universitas Surakarta.

] Very Dwiyanto. 2016. Analisis pembangkit listrik tenaga mikro hidro (pltmh) studi kasus: sungai air anak (hulu sungai way besai). Skripsi Universitas Lampung.

] Nugroho Wicaksono, Heri Suryoatmojo, Rony Seto Wibowo. 2016. Economic Dispatch untuk Sistem Kelistrikan Microgrid dengan Energy Storage berbasis Adaptive Particle Swarm Optimization. Jurnal Teknik ITS.

] Bono Pranoto, Sinta Nur Aini, Hari Soekarno, Afida Zukhrufiyati, Harun Al Rasyid, Santi Lestari. 2018. Potensi energi mikrohidro di daerah irigasi (studi kasus di wilayah sungai serayu opak). Jurnal Irigasi vol-12..




DOI: https://doi.org/10.52447/jkte.v5i1.2349

Refbacks

  • There are currently no refbacks.