LAMPU LED SEBAGAI PILIHAN YANG LEBIH EFISIEN UNTUK LAMPU UTAMA SEPEDA MOTOR

Joni Welman Simatupang, Fajar Heru Santoso, Fajar Heru Santoso, Ria Bramasto, Ria Bramasto, Sasfitra Decky Afristanto, Sasfitra Decky Afristanto, Harun Maya Baheli, Harun Maya Baheli

Abstract


Pada awalnya, LED hanya untuk peralatan elektronik. Namun, seiring berjalannya waktu LED menjadi pilihan utama lampu otomotif masa depan karena bentuknya yang kecil, konsumsi dayanya yang rendah dan radiasi panas yang rendah. Terkait regulasi pemerintah yang mewajibkan penggunaan lampu siang hari untuk kendaraan roda dua, maka teknologi pencahayaan lampu LED sangat tepat mengingat beban lampu yang tinggi perlu konsumsi daya yang rendah. Terbukti sekarang pabrikan maupun suku cadang non-pabrikan mulai menggeliat dalam memproduksi lampu LED untuk otomotif karena prospek yang tinggi.

Teknologi ini telah diterapkan pada kendaraan bermotor maupun mobil keluaran terbaru. Regulasi yang memungkinkan pada siang hari menggunakan lampu (DRL/Daily Running Light) sebagai syarat keamanan diawali dari Eropa dan Amerika untuk kendaraan roda empat dan sekarang di Indonesia wajib menyalakan lampu pada siang hari untuk kendaraan roda dua. Kondisi seperti ini sangat prospektif bagi pelaku industri otomotif untuk menggunakan teknologi terbaru lampu LED dan meninggalkan penggunaan lampu Halogen maupun HID (High Intensity Discharge) yang kurang efisien karena konsumsi daya dan radiasi panas yang tinggi serta masa atau ketahanan lampu yang rendah dan tidak ramah lingkungan.

Metode yang digunakan dalam jurnal ilmiah ini adalah pengujian intensitas cahaya dengan menggunakan contoh pembanding antara motor pabrikan yang menggunakan lampu LED dan non LED, serta survei dan pengambilan data  ke bengkel sepeda motor.

Keuntungan dari pemakaian LED sebagai lampu utama adalah konsumsi daya yang rendah tetapi intensitas yang tinggi dibandingkan dengan halogen yang mengeluarkan daya yang tinggi tetapi kuat intensitas cahaya rendah, jika dibandingkan HID meski intensitas cahaya hampir sama tetapi panas lampu yang ditimbulkan cukup tinggi. LED juga memperpanjang usia pakai komponen elektrik aki (accumulator), alternator, serta konsumsi bahan bakar yang lebih irit. Harga pasaran lampu LED untuk komponen pengganti lampu halogen masih tinggi, tetapi sebanding dengan kualitas pencahayaan dan pengaruh positif terhadap komponen lainnya.


Keywords


LED, Lampu otomotif, pelepasan panas rendah, ukuran kecil

Full Text:

PDF

References


] Pemerintah Indonesia. 2009. Undang-UndangNomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan No.22 Tahun 2009. Lembaran RI Tahun 2009 No. 22.Jakarta :Sekretariat Negara.

] Jhon F. Derlofske.,“White LED Source for Vehicle Forward Lighting”, Lighting Reserach Center Renssealer Polytehnic Institute,2002.

] https://id.wikipedia.org/wiki/Lampu_halida_logam (Diakses pada 10 April 2020)

] LED and Power Consumption of Exterior Automotive Lighting: Implication for Gasoline and Electric Vehicle, B. Schoettle, M. Sivak, Y. Fujiyama, Univ. Michigan Div. Tranportation Reaserch Institute, 2008.Artikel Ilmiah di Jurnal

] https://id.wikipedia.org/wiki/Diode_pancaran_cahaya(Diakses pada 9 April 2020)

] http://supersuryaled.com/cct-correlated-color-temperature/ (Diakses pada tanggal 28 April 2020)

] https://www.osram.com/os/products/products_leds_for_automotive_consumer_industry_applications.jsp (Diakses pada tanggal 16 April 2020)

] https://www.bridgelux.com/sites/default/files/resource_media/AN10-Thermal-Management-of-LED-Arrays1.pdf (diakses tanggal 28 April 2020)

] http://elibrary.dephub.go.id/uploaded_files/temporary/DigitalCollection/MDBiZGI3YmY4OGMzZTM1Nzk4YTZkMTIyZjlmOTFjYzc3NzVlNWEzYw==.pdf (Diakses pada tanggal 28 April 2020)

] https://teknikelektronika.com/pengertian-led-light-emitting-diode-cara-kerja/ (Diakses pada tanggal 28 April 2020)




DOI: https://doi.org/10.52447/jkte.v6i1.4434

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Susunan Team Redaksi Jurnal Kajian Teknik Elektro

Pemimpin redaksi

Setia Gunawan               (Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta)

 

 

Dewan Redaksi

Syah Alam                    (Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta)

Ikhwannul Kholis           (Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta)

Ahmad Rofii                 (Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta)

Rajesh Khana               (Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta)

 

Redaksi Pelaksana

Kukuh Aris Santoso       (Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta)

Ridho Alpha Kusuma     (Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta).

Choirul Mufit                (Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta). 

 

English Editor

English Center UTA`45 Jakarta

 

Staf Sekretariat

Dani

Suyatno

 

Mitra Bestari

Prof. Dr. Hoga Saragih, S.T, M.T,      (Universitas Bakrie)

Dr. Harry Ramza, S.T, M.T,              (Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka)

Roer Eka Pawinanto, S.Pd, M.Sc     (Universitas Kebangsaaan Malaysia)

Dr. Jemie Muliadi, S.T., M.T.            (Universitas Indonesia)

I Gde Dharma Nugraha, S.T., M.T. Ph.D. (Universitas Indonesia)

 

Alamat Redaksi

Program Studi Teknik Elektro Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta
Jl.Sunter Permai Raya, Jakarta Utara, 14350, Indonesia
Telp: 021-647156666-64717302, Fax:021-64717301


Copyright Pusat Penelitian Fakultas Teknik

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

Pengunjung