ESTIMASI BIAYA KLAIM ASURANSI MENGGUNAKAN MODEL REGRESI ZERO-ADJUSTED INVERSE GAUSSIAN (ZAIG)

Titi Ratnasari

Abstract


Dalam suatu periode asuransi, perusahaan akan menangani sejumlah klaim yang terjadi. Klaim merupakan risiko perusahaan. Pemodelan biaya klaim dapat mengendalikan risiko tersebut dengan melibatkan beberapa faktor yang mempengaruhi probabilitas klaim dan besarnya biaya klaim. Pemodelan biaya klaim  tergantung dari dua kondisi, 0 dan 1. Jika tidak terjadi klaim maka biaya klaimnya sama dengan  0, dan jika terjadi klaim maka biaya klaimnya sama dengan 1. Artikel ini bertujuan untuk mengimplementasikan model regresi Zero-Adjusted Inverse Gaussian (ZAIG) berdasarkan dari dua kondisi tersebut. Model ini dapat menunjukkan kedua kondisi probabilitas klaim dan biaya klaim yang dipengaruhi oleh variabel-variabel predictor. Selain itu, juga dapat mengidentifikasi rendah tingginya risiko kendaraan dari faktor penyebab terjadinya klaim. Jadi tidak hanya dapat mengetahui biaya klaim, tetapi juga probabilitas klaim.

 

Kata kunci: Biaya Klaim, Probabilitas Klaim, Model Regresi, Zero-Adjusted Inverse Gaussian (ZAIG)

Full Text:

PDF

References


Amrin, Abdullah, 2006. Asuransi Syariah. Elex Media Komputindo, Jakarta.

AAUI, “Prosedur Klaim Asuransi Kendaraan Bermotor”, diakses dari http://aaui.or.id/index.php/consumer-education-information#page.

Bortoluzzo, A.B., D.P. Claro, M.A.L. Caetano dan R. Artes, 2011. Estimating Total Claim Size in the Auto-Insurance Industry: a Comparison between Tweedie and Zero-Adjusted Inverse Gaussian Distribution. Brazilian Administration Review.

Jong, P., & Heller, G. Z. 2008. Generalized Linear Models for Insurance Data. Cambridge: Cambridge University Press.

Resti, Y., Ismail, N., dan Jaaman, S.H. 2010. Pemodelan Klaim Asuransi Kendaraan Bermotor dengan Regresi ZAIG. Jurnal Statistika.

Resti, Y., Ismail, N., dan Jamaan, S.H. 2013. Estimation Of Claim Cost Data Using Zero Adjusted Gamma and Inverse Gaussian Regression Models. Jurnal telah dikirim ke Journal of Mathematics and Statistic.

Saepul. H, Asep dan Bahruddin. E, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Deepublish, Yogyakarta.

Salim, Abbas. 1998. Asuransi dan Manajemen Resiko. Jakarta: RajaGrafindo Perkasa.

Spiegel. R, Murray dan Stephens. J, Larry. 2007. Erlangga.

Tarif Kendaraan Bermotor. 2014. Penetapan Tarif Premi Pada Lini Usaha Asuransi Kendaraan Bermotor Tahun 2014. Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan.

Wahyuni, Widya. 2011. Penaksiran Parameter Model Regresi Binomial Negatif Pada Kasus Overdispersi. Skripsi pada FMIPA UI Depok: tidak diterbitkan.

Walpole, R. E. 1982. Pengantar Statistika Edisi Ke-3. Jakarta: Gramedia.

Widarjono, Agus. 2010. Analisis Statistika Multivariat Terapan. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.




DOI: https://doi.org/10.52447/jkte.v1i2.450

Refbacks

  • There are currently no refbacks.