ANALISA SISTEM SINKRONISASI ( SUPPLY PLN DAN GENERATOR SINKRON TIGA FASE) DALAM BENTUK ALAT TRAINER LABORATORIUM

SETIA GUNAWAN, EKO PRAMUWIGNYO

Abstract


Semakin berkembangnya teknologi di era sekarang khususnya dunia ketenagalistrikan, semakin besar juga kebutuhan akan tenaga listrik. Setiap manusia selalu mempergunakan tenaga listrik dalam kehidupan sehari-hari seperti dalam penggunaan perangkat-perangkat elektronik, mesin-mesin industri dan masih banyak lagi. Untuk mengatasinya perlu adanya inovasi-inovasi dalam bidang tenaga listrik. Yang bisa menopang penggunaan beban yang besar. Salah satu langkah mengatasi hal tersebut adalah dengan menggabungkan beberapa sumber tenaga listrik dengan alat sinkronisasi. Alat sinkronisasi merupakan alat yang dapat mendeteksi tegangan, frekuensi, sudut fasa dan urutan fasa. Dalam pembuatan alat penelitian ini, memerlukan kontaktor dengan coil 110 volt sebagai kontak tegangan, relay frekuensi untuk membaca nilai frekuensi dan sistem lampu terang redup sebagai urutan fasanya. Untuk penelitian ini, dilakukan metodologi penelitian dengan pengujian alat sinkronisasi di laboratorium dan dengan simulasi menggunakan software proteus 8 serta perhitungan data dari rumus yang ada. Hasil alat sinkronisasi dan analisa alat tersebut dapat bekerja dengan baik pada nilai tegangan 55 volt dari generator sinkron, dan tegangan 55 volt dari jaringan PLN. Generator sinkron ini diberi penguatan sebesar 31,3 Va.s dari power supply sanfix dengan arus yang mengalir sebesar 0,25 A. Penguatan arus pada generator sinkron sangatlah diperlukan dalam pembangkitan listrik dari generator. Pada nominal tegangan sinkronisasi sebesar 55 V hanya dapat menanggung beban diatas 1 H. Pada beban resistif nilai tegangan tidak berkurang karena memiliki faktor daya yang baik yaitu bernilai 1. Sedangkan pada beban induktif nilai tegangan dapat berkurang diakibatkan faktor daya yang >1.

Keywords


Penguatan arus eksitasi sanfix, Sinkronisasi beban resistif, Sinkronisasi beban induktif.

Full Text:

PDF

References


--------. 2011. Kebijakan Pemerintah di Bidang Ketenagalistrikan 2011. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia.

Antono, D., & Khambali, M. (2013). Penerapan Sinkronisasi Jaringan Listrik Tiga Fasa PLN dengan Generator Sinkron Menggunakan Trainer Power Sistem Simulation. ISSN : 2252-4908, 2(3).

Basofi, Ir.Amien, S., M.S. (2014). Studi Pengaruh Arus Eksitasi Pada Generator Sinkron Yang Bekerja Paralel Terhadap Perubahan Faktor Daya. SINGUDA ENSIKOM, 7(1).

Riscky, S. R. (2011). Pengaruh Sikap Profesionalisme Internal Auditor terhadap Peranan Internal Auditor dalam Pengungkapan Temuan Audit (Survei pada PT. PLN (Persero) Daerah Distribusi Jawa Barat dan Banten (Doctoral dissertation, Universitas Kristen Maranatha).

Salam, H., Setiawan, A., & Hamidah, I. (2010, November). Pembelajaran berbasis virtual laboratory Untuk meningkatkan penguasaan konsep pada Materi listrik dinamis. In Proceedings of the 4th international conference on Teacher Education; Join Conference UPI & UPSI (pp. 688-692).

Sari, P. I., Gunawan, G., & Harjono, A. (2017). Penggunaan Discovery Learning Berbantuan Laboratorium Virtual pada Penguasaan Konsep Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(4), 176-182.

Zuhal. Dasar tenaga listrik. Bandung: Penerbit ITB, 1991. 9a,208h, 21cm 537.21

Kadir, Abdul. Mesin Sinkron / Abdul Kadir. – Ed.rev., cet 2. – Jakarta : Djambatan, 1999. Xvii, 455 hlm.; 21 cm

Graha, S. (2014). Power Management PLN-Genset Pada Bank Indonesia Cabang Banjarmasin. JURNAL POS TEKNIK : 56-102, 6(2).

Kuswanto, H. (2010). Alat ukur listrik ac (arus, tegangan, daya) dengan port paralel (Doctoral dissertation, Universitas Sebelas Maret).

Laksono, H. D., & Revan, M. (2014). Perancangan dan Analisa Kendali Sistem Eksitasi Generator Tipe Arus Searah Dengan PIDTool Model Paralel. Teknika, 21(3).

Ardhi, S. (2015). Pengendalian Sinkronisasi Generator Dengan Sumber Pembangkit Listrik Secara Otomatis Berbasis Mikrokontroller. JURNAL ILMIAH TEKNOLOGI DAN REKAYASA, ISSN : 1907-7327, 7(1).

Supriono, Panjaitan, S.D. (2015). Manajemen Daya Listrik Dengan Sistem Automatic Transfer And Synchronization Switch Berbasis PLC. JNTETI ISSN : 2301-4156, 4(3).

Rofii, A., & Ferdinand, R. (2018). ANALISA PENGGUNAAN

KAPASITOR BANK DALAM UPAYA PERBAIKAN FAKTOR DAYA.

JURNAL KAJIAN TEKNIK ELEKTRO, 3(1), 39-51.




DOI: https://doi.org/10.52447/jkte.v6i1.5193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.