RANCANG BANGUN SISTEM ALARM KEBAKARAN TERINTEGRASI BERBASIS ARDUINO

HERWIN HUTAPEA, YANO ROY SETIAWAN

Abstract


Dalam memenuhi kebutuhan keamanan untuk mendeteksi dini kebakaran diperlukan sebuah sistem keamanan yang dapat dimonitoring dan terintegrasi untuk memberikan informasi secara tepat dan cepat agar kebakaran yang terjadi tidak berkembang menjadi lebih besar. Dengan terdeteksinya cikal bakal kebakaran maka intervensi untuk mematikan api dapat segera dilakukan, sehingga dapat meminimalisasi kerugian sejak awal. Rancang bangun sistem alarm kebakaran terintegrasi berbasis arduino ini menggunakan arduino sebagai pengontrol utama dan kemudian menggunakan komponen penunjang seperti sensor asap dan sensor panas yang dipasang dibeberapa tempat yang berfungsi sebagai deteksi kebakaran, exhaust fan yang akan menyala pada saat sensor asap aktif untuk membuang asap dari dalam ruangan, buzzer yang berfungsi sebagai alarm peringatan pada saat sensor aktif, LCD Display yang berfungsi sebagai monitoring pada saat kondisi normal dan pada saat sensor aktif akan menampilkan alamat dimana letak sumber kebakaran terjadi. Tujuannya untuk mepermudah dan bertindak lebih cepat kelokasi terjadinya deteksi kebakaran sehingga proses pemadaman dan evakuasi dapat dilakukan langsung pada titik yang mengalami kebakaran

Keywords


Arduino, Sistem deteksi kebakaran, sensor kebakaran

Full Text:

PDF

References


Arduino Library. http: //www.arduino.cc/en/Refrence (Diakses pada tanggal 2 Mei 2018) [2] Katsuhiko Ogata, (1996). Teknik Kontrol Automatik Jilid 1. Indonesia : Erlangga [3] Cara Kerja smoke detector dan penempatannya rmelalui internet dengan html. https://www.bromindo.com/ (diakses pada tanggal 5 Mei 2018)

Cara kerja heat detector melalui internet dengan html. https://patigeni.com/cara-kerja-rate-rise-heat-detector/ (Diakses pada tanggal 5 Mei 2018)

Cara kerja dan fungsi alarm kebakaran melalui internet dengan html, https://patigeni.com/cara-kerja-alarm-kebakaran/ (diakses pada tanggal 20 Mei 2018)

pengertian-fungsi-dan-kegunaan-arduino melalui internet dengan html, https://ariefeeiiggeennblog.wordpress.com/2014/02/07/pengertian-fungsi-dan-kegunaan-arduino/(Diakses pada tanggal 7 Juni 2018)

Pengertian dan jenis sensor suhu

beserta fungsinya melalui internet

dengan html,

https://automtionindo.com/

( Diakses pada tanggal 12 Juni 2018)

Sensor Panas dan cara kerjanya

melalui internet dengan html,

https://blog.unnes.ac.id/

( Diakses Ppada tanggal 12 Juni 2018)

Komponen sensor panas dan

JKTE VOLUME 6 NOMOR 1 2021

aplikasi melalui internet dengan html,

https://wikikomponen.com/

(Diakses pada tanggal 15 Juni 2018)

Membuat alat pendeteksi asap

kebakaran berbasis arduino melalui

internet dengan html,

https://nofgipiston.wordpress.com/

( Diakses pada tanggal 15 Juni 2018)

Fire alarm system melalui internet

denganhtml,

https://engineeringbuilding.blogspot.

com

(Diakses pada tanggal 18 Juni 2018)




DOI: https://doi.org/10.52447/jkte.v6i1.5195

Refbacks

  • There are currently no refbacks.