RANCANG BANGUN SISTEM PROTEKSI KEBAKARAN PADA MINI SMART KITCHEN BERBASIS ARDUINO

tomy kurniawan, rajes khana

Abstract


Pada saat ini kompor LPG lebih mudah digunakan dibandingkan dengan kompor minyak tanah, akan tetapi memiliki kekurangan yang cukup berbahaya. Kekurangan tersebut yaitu frekuensi terjadi kebocoran gas yang tinggi dan berdampak banyak terhadap manusia. Berdasarkan teknologi yang ada saat ini, banyak inovasi yang dilakukan untuk meningkatkan keamanan dalam pemakaian kompor LPG. Salah satunya sistem proteksi kebakaran pada ruang dapur. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis membuat rancang bangun sistem proteksi kebakaran pada mini smart kitchen. Alat yang berfungsi sebagai pendeteksi dan tanda peringatan kebocoran gas. Alat ini juga dilengkapi dengan penanganan awal apabila terjadi kebakaran. Sistem ini menggunakan arduino sebagai pengontrol utama. Kemudian digunakan beberapa komponen penujang seperti sensor MQ-5 berfungsi mendeteksi kebocoran gas, dan sensor MH-Series untuk mendeteksi apabila terjadi kebakaran, buzzer untuk indicator suara apabila terjadi kebakaran, LCD sebagai interface untuk kandungan gas, dan exhaust fan untuk sirkulasi udara agar tidak terjadi ledakan. Sistem ini juga dilengkapi dengan sistem pemadaman menggukan media air untuk memadamkan api, serta dilengkapi modul sms untuk menginformasikan apabila terjadi kebakaran. Saat terjadi kebocoran gas apabila konsentrasinya melebihi 500 ppm maka arduino akan memberikan perintah kepada relay untuk menyalakan exhaust fan. Apabila terjadi kebakaran, maka sensor flame akan mendeteksi nyala api. Kemudian arduino akan memerintahkan relay untuk menyalakan buzzer dan pompa air.


Full Text:

PDF

References


S. Rajitha, T. Swapna. 2012."A Security Alert System Using GSM For Gas Leakage". International Journal of VLSI and Embedded Systems, Hal. 173-175.

Widyanto, Deni Erlansyah. 2014. "Alat Deteksi Kebocoran Tabung Gas Elpiji Berbasi Mikrokontroler".

Huda Ilal Kirom, Sumardi, Sudjadi. 2012."Sistem Monitoring Kebocoran Gas LPG (liquefied Petroleum Gas) Pada Smart Building Berbasis TCP/IP".

Edi Sudarsono. 2014. "Detektor Kebocoran Tabung Gas Menggunakan Sensor TGS-2610 Berbasis Mikrokontroller Atmega 8535 Melalui SMS Sebagai Media Informasi".

Adi Prasetiawan, Dari Suparno, Halida Nurrahman. 2014. Sistem Detektor Kebocoran Pada Tabung Gas LPG". Jurnal Teknik Elektro Fakultas Teknik UMS Surakarta.

Andhy Suyatno, Primayudha Adi Nugraha, Rudy Susanto. 2014. " Prototype Perangkat Detector Kebocoran Gas LPG Berbasis Arduino".

Disnakertrans. (2002) Penyebab Kebakaran dan Klasifikasinya, Republik Indonesia

(www.disnakertrans.jatimprov.go.id/ diakses pada 25 September 2016 jam 16.05 WIB)




DOI: https://doi.org/10.52447/jkte.v2i2.860

Refbacks

  • There are currently no refbacks.