PENYULUHAN NILAI TAMBAH PADA PRODUK OLAHAN KULIT PISANG DAN PENGELOLAAN KEUANGANNYA

Diansyah Diansyah, Netty Laura Simbolon

Abstract


Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan nilai tambah pada produk olahan kulit pisang dan pengelolaan keuangannya di Desa Harkat Jaya Kabupaten Bogor. Kegiatan terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Metode yang digunakan ada dua, yaitu metode ceramah dan metode diskusi serta tanya jawab. Pemateri dalam kegiatan ini adalah Dosen Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta Program Studi Manajemen sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Hasilnya penyuluhan diisi dengan dua materi utama, pertama memberikan motivasi kepada peserta dan kedua memberikan edukasi tentang meningkatkan nilai tambah pada produk olahan kulit pisang dan pengelolaan keuangannya. Hasil kegiatan penyuluhan dengan baik dan dapat berjalan dengan lancar. Hal ini dapat dilihat dari aktifnya peserta yang ikut acara penyuluhan dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan peserta penyuluhan. Disamping itu peserta kegiatan mengharapkan  ada tindak lanjut dari perguruan tinggi dan kepala desa Harkatjaya  Kabupaten Bogor untuk realiasasi  dari program program produk olahan kulit pisang agar dapat membantu masyarakat meningkatkan nilai tambah pada produk olahan kulit pisang.


Keywords


nilai tambah, pengelolaan keuangan, kulit pisang

Full Text:

PDF

References


Anonim. 2011. Pengolahan tepung pisang. Diklat Pertanian, Dinas Pertanian, Yogyakarta.

Anonim., 2013. Pasca panen dan teknologi pengolahan pisang. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Jawa Barat.

Ambar Rukmini dan Masrul Indrayana, 2017, Pengendalian Proses Produksi UntukMeningkatkan Daya Saing Dan Kesejahteraan Kelompok Pengolah Pisang Di Desa Sidomulyo, Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat ISSN.2541-3805, ISSN 2541-559X.

Agusetyaningrum, V., Mawardi, M. K., & Pangestuti, E. 2016. Strategi Pengembangan Ushaa Kecil Dan Menengah (UKM) Untuk Meningkatkan Citra Kota Malang Sebagai Destinasi Wisata Kuliner (Studi Pada UKM Berbasis Kuliner Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 38(2): 105-111.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.