BENEFIT DAN KERUGIAN PENJUALAN TIMAH PB 300 MELALUI BURSA KOMODITAS INTERNASIONAL (Studi Kasus Pada: PT. WAHANA PERKIT JAYA)

Yurike Listiyani Hartono

Sari


Perdagangan internasional terbagi menjadi dua jenis yaitu ekspor dan impor. Indonesia karena sumber daya alamnya berpotensi untuk melakukan ekspor timah untuk memenuhi kebutuhan timah dunia. Perusahaan memanfaatkan posisi Indonesia sebagai penghasil timah terbaik dunia untuk melakukan bisnis internasional. Setiap bisnis pasti memiliki risiko, begitu juga dengan bisnis internasional. Faktor yang mempengaruhi bisnis internasional biasanya adalah faktor makroekonomi seperi nilai tukar dan harga. Tesis ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh antara harga LME, nilai tukar (exchange rate) dan CPI terhadap laba yang diterima oleh perusahaan PT. Wahana Perkit Jaya dengan melakukan penjualan secara trading melalui pasar bursa internasional BKDI (Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia). Penelitian ini menggunakan informasi penjualan trading yang dilakukan oleh perusahaan selama mulai beroperasi. Penelitian dilakukan dengan desain deskriptif kausalitas, analisa data dilakukan menggunakan uji ANKOVA dengan satu kovariat dan untuk membuktikan hubungan antar variabel diuji menggunakan uji kausalitas granger. Penelitian memperoleh hasil bahwa antara harga bayar yang dimoderasi nilai tukar dan CPI sebagai covariate mempengaruhi Laba PT. Wahana Perkit Jaya secara signifikan, hasil tersebut diperkuat dengan hasil uji kausalitas granger yang mendukung terbentuknya hipotesis penelitian. Dari hasil penelitian tersebut perusahaan diharapkan dapat menentukan strategi yang lebih baik agar mampu bersaing dengan perusahaan sejenis yang sudah lebih dulu ada dan dapat meningkatkan positioning perusahaan di pasar timah. Agar perusahaan dapat memperoleh harga bayar yang cukup tinggi dari buyer. Perusahaan juga diharapkan dapat meningkatkan kemampuan bargaining dengan buyer dalam penentuan settlement pembayaran agar dapat lebih menguntungkan perusahaan.

 

Kata kunci:   

Trading, exchange rate, settlement, bursa internasional.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Abimanyu, Y. (2004). Memahami Kurs Valuta Asing. Jakarta: FE-UI

Anindita, R., & R. R, Michael. (2008). Bisnis dan Perdagangan Internasional. Yogyakarta: Andi Offset.

Blanchard, O. (2006). Macroeconomics Fourth Edition. New Jersey: Pretince Hall.

Boediono. (1981). Ekonomi Internasional. Edisi 1. Yogyakarta: BPFE.

Badrulzaman, D. M. (1970). Asas-Asas Hukum Perikatan. Medan: FH USU

Dharmesta & Irawan., (2005). Manajemen Pemasaran Modern. Edisi Kedua. Yogyakarta: Liberty.

Djaslim, S. (2006). Manajemen Pemasaran. Edisi IV. Bandung: Linda Karya

Gujarati, D. (2003). Basic Economic. 4th edition. New York: Mc Graw-Hill Inc.

Gujarati, D. (2006). Ekonometrika Dasar. Jakarta: Erlangga.

Hady, H. (2001). Ekonomi Internasional, Teori dan Kebijaksanaan Keuangan Nasional. Jakarta: Ghalia Indonesia

Hady, H. (2004). Manajemen Bisnis Internsional, Teori dan Kebijakan. Bogor: Ghalia Indonesia.

Harahap, S. S. (2001). ”Analitis Kritis Atas Laporan Keuangan”. Cetakan Ketiga. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada..

Juwana, H. (2010) Slide Bahan Ajar Prestasi dan Wanprestasi dalam Hukum Kontrak, Universitas Sumatra Utara.

Kotler, P., dan Keller, K. L., (2007). Cetakan II. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Indeks.

Kotler, P., dan Keller, K. L. (2009). Jilid 2. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., and Amstrong, G. (2011). Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi Ke 12. Jakarta: Erlangga.

M.S, Amir. (2010). Kontrak Bisnis Ekspor-Impor. Jakarta: PPM Manajemen

Mankiw, N. G., (2007). Makroekonomi. Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.

Donald, MC. R., and Hallwood, C.P. (2001), International moneter and Financial. Cambridge: Black Well Publisher.

Mulyadi. (2000). Akuntansi Biaya. Edisi 5. Yogyakarta: Aditya Media.

Nopirin. (1995). Ekonomi Internasional. Edisi Ketiga. Cetakan Pertama. Yogyakarta: BPFE.

Nurwahyudi, Kuncoro. (2012). Faktor-Faktor Penentu Harga Jual Can Coating di PT Global Coating Jakarta. Tesis Universitas Esa Unggul. Jakarta.

P, Tampubolon, M. (2005). Manajemen Keuangan. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Priyatni, D. (2014). SPSS 22 Pengolahan Data Terpraktis. Yogyakarta: CV Andi.

Ratnopranowo, H. P. (2012). Pengaruh Inflasi, Suku Bunga, Nilai tukar, dan PDRB terhadap tingkat penjualan rumah di Surabaya dan sekitarnya. Tesis Universitas Kristen Petra. Surabaya.

Rosalin, E. (2010). Perlindungan Nasabah dalam Perdagangan Berjangka. Program Pasca Sarjana Fakultas Hukum. Universitas Sumatera Utara.

Rose, S. P. (2000). Money and Capital Markets. 7-th edition. New York: McGraw-Hill Higher Education.

Ruhiamat, R. (2014). Harga, Nilai Tukar, Dampak Krisis Global Terhadap Pendapatan Cassis Restoran. Tesis Universitas Esa Unggul. Jakarta

Rustami, P. K., Ketut., I & Cipta. W. (2014). Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi, dan Volume Penjualan Terhadap Laba Pada Perusahaan Kopi Bubuk Banyuatis. E-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha. Jurusan Manajemen.

Salvatore, D. (2001). International Economics. Seventh Edition. United States of America: John Wiley & Sond, Inc.

Sayyida., (2014). Pengaruh Biaya Produkasi Terhadap Laba Perusahaan. Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Wiraraja. Madura.

Sekaran, U. (2003). Research Methods For Business. 4Th Edition. New York.: John Wiley & Sons.

Soemarso, S.R. (2002). Akuntansi Suatu Pengantar. Buku 1. Edisi 5, Jakarta: Salemba Empat

Sofyan, H. (2000). Perdagangan Berjangka dan Ekonomi Indonesia. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Suroyya, N. (2013). Tinjauan Yuridis Perlindungan Hukum Terhadap Investor Dalam Transaksi Forex Margin Trading pada Bursa Berjangka Oleh Perusahaan Pialang Berjangka. Fakultas Hukum Universitas Semarang. Semarang.

Syah, R. (2014). Fasilitas Partisipasi Provider Sebagai Pembentuk Loyalitas Pelanggan, Dengan Mediasi Kualitas Relasional Dan Dimoderasi Implicit Self Teorist. Program Doktor Manajemen Pemasaran. Universitas Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.52447/map.v1i1.166

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.