PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN MOTIVASI WAJIB PAJAK TERHADATINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK DENGAN KESADARAN WAJIB PAJAK SEBAGAI VARIABLE INTERVENING

Riris Rotua Sitorus, Intan Fauziyati

Abstract


Penelitian ini adalah tentang "Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Motivasi Wajib Pajak Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Kesadaran Wajib Pajak Sebagai Variabel Intervening. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak. Variabel Intervening dalam penelitian ini adalah Kesadaran Wajib Pajak. Dan variabel independen terdiri dari Lingkungan Kerja dan Motivasi Wajib Pajak.

Jumlah populasi responden yang diteliti di PT. Pelita Tanjung Priok adalah 36 Karyawan, sekaligus menjadi sampel. Metode pengambilan sampel adalah purposive sampling, yaitu pengambilan sample berdasarkan kriteia tertentu.

Penelitian dilakukan dengan beberapa tahapan. Tahap pertama adalah untuk menggali teori dari pustaka atau dengan statistik deskriptif dan pengumpulan data dari objek yang diriset. Tahapan kedua adalah uji kelayakan data denganmenggunakan uji validitas data dan uji reliabilitas. Tahapan ketiga adalah tahap pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dan uji F untuk menguji hipotesis baik secara parsial maupun simultan. Selanjutnya dihitung koefisien determinasi yang disesuaikan serta pembentukan persamaan regresi. Dan yang terakhir adalah menggunakan Path Analysis, sebagai hasil dari penelitian ini.

Hasil penelitian menunjukkan: Lingkungan Kerja dan Motivasi Wajib Pajak berpengaruh signifikan terhadap Kesadaran Wajib Pajak baik secara parsial maupun bersama-sama. Lingkungan Kerja dan Motivasi Wajib Pajak tidak berpengaruh signifikan terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak. Kesadaran Wajib Pajak berpengaruh secara signifikan terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak. Lingkungan Kerja, Motivasi Wajib Pajak, dan Kesadaran Wajib Pajak berpengaruh signifikan Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak. Intervensi Kesadaran Wajib Pajak mampu mengurangi efek negative pengaruh dari Lingkungan Kerja terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak. Intervensi Kesadaran Wajib Pajak dapat memperkuat mengaruh dari motivasi Wajib Pajak terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak.

 

Kata Kunci: Lingkungan Kerja, Motivasi Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, dan Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak.

Full Text:

PDF

References


Andriani.(2009). Pengantar Ilmu Hukum Pajak, Bandung. Refika Aditama.

Dewinta, Rinta Mulia.(2012). Pengaruh Persepsi Pelaksanaan Sensus Pajak Nasional dan Kesadaran Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di Lingkungan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Daerah Istimewa Yogyakarta. Tesis Magister Akuntansi, Program Pascasarjana, Universitas Diponegoro. Tidak dipublikasi.

Devano, Sony dan Siti Kurnia Rahayu.(2006). Perpajakan: Konsep, Teori dan isu, Kencana, Jakarta.

Dubin, Jeffrey A., Wilde, Louis L.(1988). An Empirical Analysis of Federal Income Tax Auditing and Compliance, National Taxation Journal, vol. 41(I), pp.61-74.

Edy, Suprianto.(2011)., Perpajakan Indonesia Teori Pemungutan Pajak. Jakarta. Graha Ilmu.

Garson, David G.(2012). Hierarchical Linear Modeling, North Carolina state University: SAGE Publications, Inc.

Ghoni, Husen Abdul.(2012), Pengaruh Motivasi dan Pengetahuan Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Daerah. Tesis Magister Akuntansi, Program S-1, Universitas Negeri Surabaya. Tidak dipublikasi.

Ghozali, Imam.(2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Proram SPSS, Cetakan Pertama, Badan Penerbit Universitas Dipenogoro, Semarang.

Gomes, Faustino Cardoso.(2003). Manajemen Sumber Daya Manusia, Penerbit andi, Yogyakarta.

Guswandi, Yudi.(2012). Pengaruh Motivasi, Kesadaran Pajak dan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pribadi di Kota Medan. Tesis Magister Akuntansi, Program Pascasarjana, Universitas Bung Hata. Tidak dipublikasi.

Haryadi, Sarjono.(2011). SPSS vs Lisrel, Sebuah Pengantar Aplikasi untuk Riset. Salemba Empat.

Ibtida, Raisya.(2010). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak dan Pelayanan Fiskus terhadap Kinerja Penerimaan Pajak dengan Kepatuhan Wajib Pajak sebagai Variabel Intervening (studi pada wajib pajak di Jakarta Selatan). Tesis Magister Akuntansi, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret. Tidak dipublikasi.

Johnson, R. A. and Wichem, D. W.(1992). Applied Multivariate Analysis, Third Edition, Prentice Hall Inc, New Jersey.

Karsimiati.(2009). Pengaruh Pelayanan Fiscus, Sanksi Denda dan Kesadaran Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Membayar PBB. Makalah Simposium Nasional Akuntansi X Padang.

Lumbantoruan, Sophar.( 1999 ). Akuntansi pajak. Jakarta: Penerbit PT Gramedia Widiasarana Indonesia ( Grasindo ).

Mardiana.(2005). Manajemen Produksi. Jakarta: Penerbit Badan Penerbit IPWI.

Mardiasmo.(2011). Perpajakan Revisi Edisi 2011. Andi. Jakarta.

Nugroho, Rahman Adi.(2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemauan Untuk Membayar Pajak Dengan Kesadaran Membayar Pajak Sebagai Variabel Intervening ( Studi Kasus Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Pekerjaan Bebas Yang Terdaftar Di KPP Pratama Semarang Tengah Satu). Tesis Magister Akuntansi, Program Pascasarjana, Universitas Diponegoro. Tidak dipublikasi.

Norman, D.Nowak. (1973)., Tax Administration In The Theory and Practice. New York : PreagerPublisher.

Riduwan dan Engkos, Achmad Kuncoro. (2007)., Cara Menggunakan dan Memakai Analisis Jalur (Path Analysis). Cetakan Pertama. Bandung. Alfabeta.

Pemerintah RI. (2008)., Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2008 tentang perubahan keempat dari Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1983 tentang Pajak Penghasilan. Jakarta.

Pemerintah RI. (2008)., Disahkannya Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2008 pada Tanggal 23 September 2008 dan mulai berlaku pada Tanggal 1 Januari 2009. Jakarta.

Pretika, Brilianti Lusty. (2012)., Pengaruh Pemahaman Akuntansi dan Kesadaran Membayar Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Yogyakarta. Tesis Magister Akuntansi, Program Pascasarjana, Universitas UPN Veteran Yogyakarta. Tidak dipublikasi.

Sekaran, Uma.(2006). Research Methods For Business : Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Buku 2. Salemba Empat : Jakarta.

Siti Kurnia Rahayu.(2010) .PERPAJAKAN INDONESIA : Konsep dan Aspek Formal, Yogyakarta : Graha Ilmu.

Solihin, Ismail (2009). Pengantar Manajemen. Jakarta: Erlangga.

Sulistiyono, Adincha Ayuvisda.(2012)., Pengaruh Motivasi terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Penghasilan Orang Pribadi Usahawan (Studi di Sentra Produksi Manik-manik Desa Plumbongambang, Kecamatan Gudo, Kabupaten Jombang, Provinsi Jawa Timur). Tesis Magister Akuntansi, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Tidak dipublikasi.

Soemitro.(2010). Asas dan Dasar Perpajakan 1. Jakarta.Refika Aditama.

Waluyo.(2011). Perpajakan Indonesia Buku II. Salemba Empat. Jakarta.

Witte, Ann D. dan Woodbury, Diane F. (1985). The Effect of Tax Laws and Tax Administration on Tax Compliance: The Case of the u.s. Individual Income Tax, National Taxation Journal, vol. 38(1), pp. 1-13.

Zulaikha. (2012)., Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pelayanan Fiskus, dan Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi yang Melakukan Kegiatan Usaha dan Pekerjaan Bebas (Studi di Wilayah KPP Pratama Cilacap). Tesis Magister Akuntansi, Program Pascasarjana, Universitas Diponegoro. Tidak dipublikasi.




DOI: https://doi.org/10.52447/map.v1i2.764

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyrights of

Program Studi Akuntansi

Fakultas Ekonomi Bisnis & Ilmu Sosial

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

 

ISSN (P) : 2355 - 9993

ISSN (E) : 2527 - 953X