PENGARUH E-FAKTUR DAN PENGETAHUAN PAJAK TERHADAP PENERIMAAN PAJAK DENGAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA SUNTER, JAKARTA UTARA

Aliya Nur Putri Astuti, Ingrid Panjaitan

Abstract


Variabel eksogen yaitu e-faktur dan pengetahuan pajak. Untuk variabel endogen yaitu penerimaan pajak, serta untuk variabel moderasi yaitu kepatuhan wajib pajak. Populasi dalam penelitian ini adalah Wajib Pajak Badan yang terdaftar pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sunter, di Jakarta Utara dengan sampel yang diperoleh sebanyak 97 responden dari populasi 4,680 Wajib Pajak Badan yang terdaftar pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sunter yang berada di Jakarta Utara. Metode yang digunakan yaitu purposive sampling. Penelitian ini disimpulkan bahwa e-faktur memiliki pengaruh signifikan terhadap penerimaan pajak, pengetahuan pajak memiliki pengaruh tidak signifikan terhadap penerimaan pajak. Interaksi moderasi dalam kepatuhan wajib pajak sebagai variabel moderating berpengaruh negatif dalam pemoderasian e-faktur terhadap penerimaan pajak, serta interaksi moderasi kepatuhan wajib pajak sebagai variabel moderating berpengaruh negatif dalam pemoderasian pengetahuan pajak terhadap penerimaan pajak.

Full Text:

PDF

References


Anne, 2012, Pengertian Teori Kontribusi.

Arifin, 2013, Pengaruh Administrasi Perpajakan dan Kesadaran Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi.

Asrul, Sakti, 2015, e-faktur Mudah, Cepat dan Penggunaan Faktur Pajak secara Online, Jakarta; PT. Visimedia Pustaka.

Azizah, Zuhdi, 2015, Pengaruh e-SPT Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Universitas Brawijaya, Fakultas Ilmu Administrasi.

Burhan, 2015, Pengaruh Pengetahuan Pajak, Dan Implementasi PP Nomor 46 Tahun 2013 Terhadap Kepatuhan Pajak Orang Pribadi (Studi Wajib Pajak di Kabupaten Banjarnegara), Universitas Diponegoro.

Darmayasa, 2016, Pengaruh Sistem Administrasi Pajak Pada Kepatuhan Pajak Orang Pribadi, Universitas Udayana.

Febri, 2013, Pengaruh Pengetahuan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi KPP Boyolali), Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hartoyo, 2011, Direktorat Jenderal Pajak Kepemilikan NPWP.

Hidayatulloh, 2010, Pengaruh Pelayanan Pajak Dan Pengetahuan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Pada KPP Bandung). Universitas Komputer Indonesia.

Hidayati, 2010, Pengaruh Pengetahuan Pajak Terhadap Kepatuhan Pajak, Jurnal Akuntansi.

Majid, 2015, Pengaruh Sosialisasi Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan Dengan Kesadaran Wajib Pajak Sebagai Variabel Intervening (Pada KPP Gorontalo). Universitas Negeri Gorontalo.

Muarifah, 2011, Pengaruh Pengetahuan Perpajakan Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Pada KPP Semarang Selatan), Jurusan Akuntansi, Universitas Dian Nuswantoro.

Mustikawati, 2015, Pengaruh Pengetahuan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Pada di KPP Surakarta), Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Naskah Publikasi.

Nila, 2011, Faktor-faktor yang mempengaruhi kemauan membayar pajak. Dinamika Keuangan dan Perbankan, Fakultas Ekonomi.

Nurasidi, 2012, Bupati HST Sampaikan SPT PPh.

Rahayu, 2010, Perpajakan Indonesia, Yogyakarta; Graha Ilmu.

Rahmawati, 2014, Analisis Modernisasi Administrasi Perpajakan Terhadap PKP (Studi Pada KPP Surakarta). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Resmi, 2010, Perpajakan Teori Buku 1, Yogyakarta; Salemba Empat.

Rimawati, Lusia, 2013, Pengaruh Pengetahuan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Pada KPP Pratama Gresik Utara), Fakultas Ekonomi, Universitas Trunojoyo Madura.

Rufaedah, 2013, Pengaruh Modernisasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Pajak Perusahaan Pada Kantor Pelayanan Pajak Bandung, Jurusan Akuntansi. Jurnal Ekonomi.

Sudiksa, 2011, Pengaruh Peraturan Pajak Serta Sikap Wajib Pajak Pada Kepatuhan Wajib Pajak Koperasi di Kota Denpasar, Fakultas Ekonomi, Universitas Udayana.

Tanoto, 2016, Analisis Penerapan E-Payment Terhadap Penerimaan Pajak (PBB-P2) (Studi Kasus Dinas Pendapatan Daerah Kota Metro dan Kabupaten Lampung Tengah). Universitas Lampung, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis.

Toly, Marisa, 2013, Pengaruh Kegiatan Sosialisasi Perpajakan, Terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surabaya Sawahan. Universitas Kristen Petra.

Zakarija, 2010, Teori Perilaku Terencana, Masihkah Relevan.

http://anneahira.com/Kamis, diakses pada 17 Maret 2016 – 13:20 wib

http://www.zakarija.ac.id/Senin, diakses pada 29 Agustus 2016 – 11:49 wib.

http://pajak.go.id/Jum”at, diakses pada 16 September 2016 – 14.00 wib.

http://www.en.bisnis.com/Sabtu, diakses pada 17 September 2016 – 09.30 wib.

http://metrotanjung.com/Minggu, diakses pada18 September 2016 – 7:17 wib




DOI: https://doi.org/10.52447/map.v2i1.876

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyrights of

Program Studi Akuntansi

Fakultas Ekonomi Bisnis & Ilmu Sosial

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

 

ISSN (P) : 2355 - 9993

ISSN (E) : 2527 - 953X