PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK DAN SOSIALISASI DIREKTORAT JENDERAL PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DENGAN PELAKSANAAN LAW ENFORCEMENT SEBAGAI VARIABEL MODERATING (SURVEI PADA PLAZA HARCO MANGGA DUA)

Maya Rofika, Sihar Tambun

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah ada pengaruh kesadaran wajib pajak dan sosialisasi direktorat jendral pajak terhadap kepatuhan wajib pajak dengan variabel moderating law enforcement. Dalam penelitian ini, pengambilan sampel dilakukan dengan metode convenience sampling. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 75 wajib pajak badan. Responden yang di survei yaitu wajib pajak badan yang berlokasi di Harco Mangga Dua. Metode pengumpulan data yang dipakai adalah dengan metode angket (kuesioner). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif yaitu teknik analisis regresi dan kolerasi berganda serta analisis regresi variabel moderasi.

Full Text:

PDF

References


Asshiddiqie, Jimly, 2006, Pembangunan Hukum dan Penegakan Hukum di Indonesia, Makalah Menyoal Moral Penegak Hukum.

Eka, Sarly R, 2012, Pengaruh Peraturan Perpajakan dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Kesadaran Wajib Pajak Sebagai Variabel Moderating Pada KPP Pratama Jakarta Pademangan, Jakarta : Skripsi Universitas 17 Agustus 1945.

Filistia, Maria, 2012, Pengaruh Kewajiban Perpajakan dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Di Lingkungan Rukan Puri Mutiara, Jakarta : Skripsi Universitas 17 Agustus 1945.

Michael G. Allingham, Agnar Sandmo, 1972, Journal of Public Economics, Income Tax Evasion : A Theoretical Analysis.

Restiani, Metti, 2011, Kualitas Pelayanan dan Sosialisasi Perpajakan berpengaruh Terhadap Kepatuhan Formal Wajib Pajak Orang Pribadi, Bandung : Universitas Unikom.

Setyadi, Bakhti, 2013, Pengaruh Pemeriksaan Pajak, Perilaku Wajib Pajak, dan Peraturan Pajak Terhadap Kepatuhan Perpajakan, dan Implikasinya Terhadap Persepsi Wajib Pajak Pada Otoritas Pajak, Jakarta : Universitas Pancasila.

Sri, Anita R, 2013, Pengaruh Budaya Organisasi dan Motivasi Wajib Pajak Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak dengan Kesadaran Wajib Pajak Sebagai Variabel Intervening, Jakarta : Skripsi Universitas 17 Agustus 1945.

Yohannah, Esther, 2012, Tinjauan Atas Sosialisasi Peraturan Perpajakan dan Kinerja Account Representative dalam Upaya Peningkatan Kepatuhan Wajib Pajak ( Studi Kasus KPP Pratama Jakarta Pademangan), Jakarta : Universitas Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.52447/map.v2i1.878

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyrights of

Program Studi Akuntansi

Fakultas Ekonomi Bisnis & Ilmu Sosial

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

 

ISSN (P) : 2355 - 9993

ISSN (E) : 2527 - 953X