PENGARUH CITRA MEREK DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH DENGAN KEPERCAYAAN NASABAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PT. ALLIANZ LIFE INDONESIA DI JAKARTA

Noviana Devi, Hartanti Nugrahaningsih

Abstract


ABSTRAK

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh Citra merek dan Promosi penjuala terhadap Kepuasan nasabah dengan Kepercayaan nasabah sebagai variabel Intervening pada PT. Allianz Life Indonesia di Jakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah Asuransi jiwa Allianz pada periode Januari 2010 sampai Desember 2014 sebanyak 5231 nasabah dengan  sampel yang diambil sebanyak 370 responden. Pengukuran variabel menggunakan kuesioner yang dikuantifisir skala likert interval 1 sampai 5 dengan teknik pengambilan menggunakan metode Purposive sampling.Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan nasabah. Promosi penjualan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepercayaan nasabah. Secara simultan citra merek dan promosi penjualan berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan nasabah. Sedangkan penguji citra merek terhadap kepuasan nasabah berpengaruh positif dan signifkan.  Promosi penjualan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Kepercayaan nasabah terhadap kepuasan nasabah secara langsung berpengaruh positif dan signifikan, secara simultan citra merek, promosi penjualan dan kepercayaan nasabah berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Berdasarkan pengujian tidak langsung hubungan citra merek, promosi penjualan terhadap kepuasan nasabah dengan kepercayaan nasabah sebagai intervening, menunjukkan bahwa kepercayaan nasabah dapat menambah kekuatan pengaruh citra merek dan promosi penjualan terhadap kepuasan nasabah.

Kata Kunci: Kualitas Layanan, Promosi Penjualan, Kepuasan Nasabah,   Kepercayaan Nasabah

 

            ABSTRACT

            This study aimed to determine the extent of the Brand image and sales promotions on customer satisfaction with customer confidence as an intervening variabel PT. Allianz Life Indonesia in Jakarta. Total population are all customers of  Insurance Life Allianz in the period January 2010 to Desember 2014 as many as 5231 customers and a sample taken 370 respondents. Measurement variables were quantified using a Likert scale questionnaire intervals of 1 to 5 with a retrieval technique using purposive sampling method. The results of the analysis indicate that the Brand Image positive and significant effect on customer confidence. Sales promotion negative and no significant effect on customer confidence, the brand image and sales promotions sinifikan effect on customer confidence. While testing the banrd image on customer satisfaction directly positive and  significant effect. Sales promotion on customer statisfaction direct positive and significant effect. Customer confidence on customer statisfaction direct positive and significant effect, simultaneous brand image, sales promotion and customer Customer confidence significant effect on cusomer statisfaction. Based on indirect testing brand image, sales promotion on customer statisfaction  with customer contidence as an intervening, shows that customer contidence can increase the strength of the effect of brand image and sales promotion on customer statisfaction.

Keywords: Brand Image, Sales Promotion, Customer statisfaction, Customer                            Contidence


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Agus Bastiar.2011. Analisis pengaruh kualitas pelayanan, Kepercayaan dan Nilai pelanggan terhadap Kepuasan nasabah Bank BRI (studi kasus pada nasabah Bank BRI Unit Pangandaran Banjar)”. Jurnal Manajemen

Ahmad Hidayat. 2013. “Analisis pengaruh citra merek, Kualitas produk dan Harga terdapat Kepuasan pelanggan serta dampak terhadap Loyalitas pelanggan pada PT. Melia Sehat Sejahtera di Universitas Syarif Hidayatullah Jakarta”. Jurnal Manajemen

Alma, Buchari. 2002. Manajemen Pemasaran dan Manajemen Pemasaran Jasa. CV.Alfa Beta. Bandung

Chandra, Gregorius. 2002. Strategi dan program pemasaran. Andi.Yogyakarta

Farida Jasfar. 2009. “Manajemen Jasa”. Ghalia Indonesia. Bogor

McAllister. 2005. “Elsevier Applied Science”.

Gerson, Richard. F. 2004. Mengukur Kepuasan Pelanggan. PPM. Jakarta

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Universitas Diponegoro. Semarang

Gaby I. M. Walandouw, Peggy A. Mekel dan Agus S. Soegoto. 2014. “Kualitas Pelayanan dan Citra merek pengaruhnya terhadap Kepercayaan nasabah bertransaksi E-Banking melalui kartu debet taplus BNI cabang utama Manado”

Hasan, Ali. 2008. Marketing. Penerbit Media Presindo,Yogyakarta

http://www.allianzlifeindonesia.com/

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran, Edisi Kesebelas, Jilid 1 PT INDEKS Kelompok Gramedia.

Ni Putu Dharma Diyanthini dan Ni Ketut Seminari. 2013. “Pengaruh Citra perusahaan, Promosi penjualan dan Kualitas pelayanan terhadap Kepuasan nasabah pada LPD desa Pakraman panjer”. Jurnal Manajemen

Putu Ayu Yulia Pusparani dan Ni Made Rastini. 2013. “Pengaruh kualitas produk dan Brand image terhadap Kepuasan konsumen dan Loyalitas pelanggan kamera canon digital singel lens rflex (DSLR) di kota Denpasar”.

Rr Anita Anggraeni. 2012. “ Analisis pengaruh persepsi kualitas dan Citra merek terhadap kepuasan pelanggan dan dampaknya pada pembelian ulang (studi kasus pelanggan majalah mix di jakarta selatan”. Jurnal Manajemen

Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi Kreatif Dan Analisis Kasus Integratet Marketing Communication. Gramedia pustaka Utama. Jakarta

Rangkuti, Freddy. 2002. The Power Of Brands. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Tjiptono, Fandy. 2008. “Strategi Pemasaran” Salemba satu, Yogyakarta.

Susanto. 2001. Value Marketing. Paradigma Baru Pemasaran. Quantum Bisnis dan Manajeman. Jakarta




DOI: https://doi.org/10.52447/mmj.v5i2.1239

Refbacks

  • There are currently no refbacks.