PENGARUH PERSONAL SELLING DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KEPERCAYAAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABLE INTERVENING PADA HOTEL GRAND ASIA JAKARTA
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini adalah tentang ” Pengaruh Personal Selling dan Kualitas pelayanan terhadap Keputusan Pembelian dengan Kepercayaan Konsumen Sebagai Variable Intervening pada Hotel Grand Asia Jakarta. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah Keputusan Pembelian. Variabel independent personal selling dan kualitas pelayanan. Variable intervening dalam penelitian ini adalah Kepercayaan Konsumen. Dalam penelitian ini data diperoleh melalui kuesioner yang diberikan kepada 200 responden sebagai sampel penelitian yang diambil dengan menggunakan teknik acak sederhana (sample random sampling). Variabel dalam penelitian ini terbagi menjadi 2, yaitu personal selling dan kualitas pelayanan. Analisis dilakukan dengan menggunakan analisis korelasi Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat dan positif antara kepercayaan konsumen dan keputusan pembelian pada Hotel Grand Asia Jakarta yang dilaksanakan pada travel agent dan perusahaan corporate.
Penelitian dilakukan dengan beberapa tahapan. Tahap pertama adalah untuk menggali teori data pustaka atau dengan statistik desriptif dan pengumpulan data dari objek diriset. Tahapan kedua adalah uji kelayakan data dengan menggunakan uji validitas data dan uji reliabilitas. Tahapan ketiga adalah tahap pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dan uji F untuk menguji hipotesis baik secara parsial maupun secara simultan. Selanjutnya dihitung koefisien determinasi yang disesuaikan serta pembentukan persamaan regresi.
Hasil penelitian menunjukan personal selling berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan konsumen, kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan konsumen, personal selling dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan konsumen, personal selling berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, personal selling, kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, personal selling, kualitas pelayanan dan kepercayaan konsumen berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, pengaruh intervensi kepercayaan konsumen mempengaruhi signifikan terhadap personal selling terhadap keputusan konsumen, pengaruh intervensi kepercayaan konsumen mempengaruhi signifikan terhadap kualitas pelayanan terhadap keputusan konsumen.
Kata Kunci :Personal Selling, Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Konsumen dan Keputusan Pembelian
ABSTRAK
This study is about "The Effect of Personal Selling and Buying Decision Quality of service to the Consumer Confidence As Intervening Variable at Hotel Grand Asia Jakarta". The dependent variable in this study is a purchase decision. Independent variable personal selling and service quality. Intervening variable in this study is the Consumer Confidence. In this study, the data obtained through a questionnaire given to 200 respondents as sample taken using simple random technique (sample random sampling). The variables in this study is divided into two, namely personal selling and service quality. Analyses were performed using Spearman correlation analysis. The results showed that there is a strong and positive relationship between consumer confidence and purchasing decisions on Hotel Grand Asia Jakarta held on travel agents and corporate companies.. The study was conducted with several stages. The first stage is to explore the theory of literature data or the desriptif statistics and data collection of objects researched. The second step is to test the feasibility of the data by using the test data validity and reliability testing. The third stage is the stage of hypothesis testing using t-test and F test to test the hypothesis either partially or simultaneously. Further calculated the adjusted coefficient of determination and the establishment of the regression equation. Personal selling results showed a significant effect on consumer confidence, quality of service significantly influence consumer confidence, personal selling and service quality significantly influence consumer confidence, personal selling significant influence on purchasing decisions, the quality of service significantly influence purchasing decisions, personal selling, quality services significantly influence purchasing decisions, personal selling, service quality and consumer confidence significantly influence purchasing decisions, the effect of the intervention affect consumer confidence significantly to personal selling to the consumer decision, influence consumer confidence intervention significantly affect the quality of service to the consumer decision. Keywords : Personal Selling, Service Quality, Trust and Consumer Purchase Decision
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Sugiyono (2010), Statistik Teori & Aplikasi, Edisi Kelima, Jakarta, Penerbit Erlangga..
J.Supranto, (2010), Statistik Teori & Aplikasi, Edisi Kelima, Jakarta, Penerbit Erlangga.
Keagan, Warren, J, (2010), Multinational Marketing Management, Third Edition, The Prentice Hall, International.
Kotler,Philip, (2012), Principles Of marketing, 13 Edition, Prentice Hall International, New Jersey.
________, (2009), Marketing Manajemen : Analysis, Planing, Implementation & Control, Ninth Edition, Prentice Hall International, New Jersey.
Sofjan, Assauri, SE, MBA, (2010), Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep dan Strategi, , Penerbit Rajawali, Jakarta.
Stanton, William J, (2008), Fundamental Of Marketing, Edisi 13, penerbit Erlangga.
Swastha Basu & Irawan, (2009), Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Sepuluh, Cetakan pertama ,Liberty, Yogyakarta.
Swastha Basu, (2009), Konsep & Strategi Analisis Kuantitatif Saluran Pemasaran, Edisi Pertama, Penerbit BPFE, Yogyakarta.
DOI: https://doi.org/10.52447/mmj.v5i2.1243
Refbacks
- There are currently no refbacks.