EFEKTIFITAS INFORMASI KARIR PADA WEB NUSA MANDIRI CAREER CENTER (career.nusamandiri.ac.id) STMIK NUSA MANDIRI JAKARTA MENGGUNAKAAN STRUCTURED EQUATION MODELING

Heri Kuswara, Nurvi Oktiani

Abstract


ABSTRACTInformation on the success of an organization / company depends on how big the benefits perceived by the users of such information. This study aims to adopt the model of DeLone and McLean to test six (6 variables) that influence the success of information from the model is that the quality system (KS), the quality of information (KI), quality of service (KP), the use of (P), the satisfaction of users ( KP), and benefits Net (MB). The process of proving the success of this information, the authors did on information services on the Web Nusa Mandiri Career Center STMIK Nusa Mandiri Jakarta by involving respondents were 140 alumni of STMIK Nusa Mandiri years passed December 2014, data were collected through surveys and analyzed by Structural Equation Modeling (Structured Equation Modeling ) and AMOS 7.0 software package. From the results of this study found that the quality system (KP), information quality (IQ), and Quality of Service (KP) does not affect the effectiveness of the use of information technology. While the factors that influence the effectiveness of the use of information for career information service are The user satisfaction (KPG) and use (P) which also affect the net benefit (MB) for the usage of system utilization informas. Further research on the arrangement of the model variables that will become the model adopted as the basis of measuring the effectiveness of information technology especially in service delivery Career Information.Keywords: Information, Model DeLone and McLean, Structured Equation Modeling (SEM), AMOS, Nusa Mandiri Career Center.ABSTRAKKesuksesan Informasi pada sebuah organisasi/perusahaan bergantung kepada seberapa besar manfaat yang dirasakan oleh pengguna dari Informasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengadopsi model DeLone dan McLean untuk menguji 6 (enam variabel) yang mempengaruhi kesuksesan Informasi dari model tersebut yaitu kualitas sistem (KS), kualitas informasi (KI), kualitas pelayanan (KP), penggunaan (P), kepuasaan pengguna (KP), dan manfaat-manfaat Bersih (MB). Proses pembuktian kesuksesan Informasi ini, penulis lakukan pada layanan Informasi di Web Nusa Mandiri Career Center STMIK Nusa Mandiri Jakarta dengan melibatkan reponden sebanyak 140 alumni STMIK Nusa Mandiri tahun lulus Desember 2014. Data tersebut dikumpulkan melalui survei dan dianalisis dengan Permodelan Persamaan Struktural (Structured Equation Modeling) dan paket perangkat lunak AMOS 7.0. Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa kualitas sistem (KP), kualitas informasi (KI), dan Kualitas Pelayanan (KP) tidak mempengaruhi efektivitas teknologi pemanfaatan Informasi. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi efektifitas pemanfaatan Informasi internet untuk layanan informasi karir adalah Kepuasan Penguna (KPG) dan penggunaan (P) yang juga mempengaruhi manfaat bersih (MB) bagi pengunaan pemanfaatan sistem informas. Penelitian lebih lanjut pada penataan variabel model yang nantinya akan menjadi model yang diadopsi sebagai landasan dalam mengukur efektivitas teknologi informasi khususnya dalam pemberian layanan Informasi Karir.Kata kunci : Informasi, Model DeLone dan McLean, Structured Equation Modeling (SEM), AMOS, Nusa Mandiri Career Center.

References


DAFTAR PUSTAKA

Almutairi, H., & Subramanian, G. 2005. An Empirical Application Of The Delone AndMclean Model In The Kuwaiti Private Sector. Journal of Computer Information Systems, 113-122.

Aras, Dikhi Wahyudi. 2003. Pengaruh Pengadopsian Teknologi Baru Terhadap Peningkatan Efektifitas dan Kinerja Pengembangan Bersama Informasi Manajemen. Thesis S2. Jakarta: Universitas Bina Nusantara Internasional.

Ardoni, 2005. Teknologi Informasi: Kesiapan Pustakawan Memanfaatkannya, Jurnal Studi Perpustakaan dan Informasi, Vol.1, No.2, Desember 2005

Aritonang, Lerbin R. 2005. Kepuasan Pelanggan. Pengukuran dan Penganalisisan Dengan SPSS. Jakarta.: PT. Gramedia Pustaka Utama.

DeLone, William H. and Ephraim R. McLean. (2003). The DeLone and McLean Model of Information Systems Success: A Ten-Year Update, Journal of Management Information Systems, 19(4), 9-30.

Fredy Rangkuti, 2003, Measuring Customer Satisfaction: Teknik Mengukur Dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan : Plus Analisis Kasus PLN - JP, Jakarta, PT. Gramedia Pustaka

Ghozali, Imam. 2008. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harjito, Achyani, Payamta , 2014. Implementasi E-Procurement Di Tinjau Dari Kesuksesan Sistem Teknologi Informasi Dengan Mengunakan Model DELONE dan Mc LEAN

Henny Hendarti, Anderes Gui, 2008. Korelasi Antara Efektifitas Sistem Informasi Penjualan Dengan Kinerja User, Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2008 (SNATI 2008)

HM, Jogiyanto. (2007). Model Kesuksesan Sistem Teknologi Informasi.

Ghozali, Imam. (2008). Model Persamaan Struktural : Konsep dan Aplikasi dengan Program Amos 16.0. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Yogyakarta: Andi.

HM, Jogiyanto. 2008. Metodologi Penelitian Informasi. Yogyakarta: Andi.

HM, Jogiyanto. 2010. Informasi keperilakuan. Yogjakarta. Andi offset.

Jogiyanto, HM, 2005, “Analisis dan Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis”, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Jumaili, Salman 2005, “KepercayaanTerhadap Teknologi Sistem Informasi Baru Dalam Evaluasi Kinerja Individual”. Simposium Nasional Akuntansi VIII. September: 722-735.

Latan, Hengky.2013.Model Persamaan Struktural : Teori dan Implementasi AMOS 21.0.Bandung : Alfabeta

Livari, Juhani.2005.An Empirical Test of The Delone- Mc Lean Model of Information System Success. The Data Base For Advances in Imformation System , Vol.36 No. 2 Pages : 8-27

Mustafa Hasan. 2000. Teknik Sampling, June 12. Artikel Pada Situs : http://www.google.co.id/#hl=id&q=purposive+sampling, accesed 20 june 2010 O’Brien, James A. 2003. Introduction to Information System : Essentials for the E-business Enterprise. (11th edition). McGraw Hill Inc, New York.

O'Brien, James A. 2005. Introduction to Information System, 12th Edition. McGraw Hill Companies Inc., New York.

Radityo, Dody. 2007. Pengujian Model DeLone and McLean Dalam Pengembangan Informasi Manajemen (Kajian Sebuah Kasus). Simposium Nasional Akuntansi X. Makasar: Unhas. February 26, 2010. https://info.perbanasinstitute.ac.id/pdf/SI/SI05.pdf

Ratna, Maria. 2009. Pengaruh Efektivitas Penggunaan Dan Kepercayaan Terhadap Teknologi Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja Individual Pada Pasar Swalayan Di Kota Denpasar. AUDI Jurnal Akuntansi Dan Bisnis 4(1). February 24, 2010. http://ejournal.unud.ac.id/? module=daftarpenelitian&idf=33&idj=42&idv=201&idi=213

Santoso, Singgih. 2007. Konsep dan Aplikasi dengan AMOS. Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.

Santoso, Singgih.2012. Analisis SEM Mengunakan AMOS. Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.

Septianita, Winarno, Arif, 2014: 54. Pengaruh kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Pelayanan Rail Ticketing System(RTS) terhadap kepuasan Pelanggan (Studi Empiris pada PT. Kereta Api Indonesia(PERSERO) DAOP 9 Jember). e-Journal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, 2014, Volume 1 (1): 53-56

Sofyan Yamin Dan Heri Kurniawan. (2010). Structural equation model : belajar lebih mudah teknik analisa data quesioner dengan lisrel – PLS. Jakarta. Salemba empat infotek.

Tony wijaya, 2009. Analisis structural equation modelling menggunakan AMOS. Yogyakarta. Universitas Atma Jaya yogyakarta.

]Widodo, Prabowo, P. 2007. Statistika : Analisis Multivariat . Seri Metode Kuantitatif. Jakarta: STMIK Nusa Mandiri.

Wahab, Che rose and Osman.2012.Defining The Concepts of Technology and Technology Transfer: A literature Analysis.International Business Research.Vol.5, No.1 January 2012.www.ccsenet.org/ibr

Widowati, Endah. (2004). Pengukuran Konsep Efektivitas Informasi: Penelitian Pendahuluan. Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi. March 10, 2010. http://journal.uii.ac.id/index.php/Snati/article/viewFile/1805/1584




DOI: https://doi.org/10.52447/mmj.v2i2.401

Refbacks

  • There are currently no refbacks.