Analisa Engagement Rate Di Instagram : Fenomena Like Dan Komentar
Abstract
ABSTRAK
Sosial media tidak hanya digunakan dalam bersosialisasi namun sebagai media pemasaran yang dilakukan oleh para pelaku UMKM salah satunya menggunakan Instagram. Namun pelaku UMKM tidak cukup hanya menampilkan foto produk tetapi juga harus memperhatikan aspek engagement rate sehingga apa yang ditampilkan di Instagram sering nampak oleh followers. Nagesushi merupakan salah satu merek yang menggunakan Instagram sebagai media pemasaran. Dengan banyaknya follower sejumlah 17 ribu lebih harapannya memiliki engagement yang tinggi pada setiap postingannya. Namun permalasahannya adalah jumlah like dan komentar tidak begitu tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan fenomena like dan comment sehingga memiliki pengaruh rendah tingginya pada engagement rate dari suatu akun, sehingga pelaku UMKM dapat melakukan cara pemasaran yang efektif melalui Instagram dan mendapatkan engagement rate yang tinggi. Responden merupakan follower Nagesushi yang aktif dalam menggunakan Instagram dimana mereka setiap hari bisa menghabiskan dua sampai lima kali bahkan lebih untuk membuka aplikasi Instagram baik mereka hanya sekedar melihat beranda, IG story, maupun posting konten foto atau video. Berdasarkan hasil dari responden, kebanyakan responden sering melihat postingan Nagesushi di beranda mereka, namun mereka tidak selalu memberikan like dan komentar. Alasan Responden memberikan like karena mereka menyukai konten yang diposting dan salah satu bentuk mendukung pelaku UMKM (Nagesushi). Terkait dengan komentar, mereka lebih banyak yang tidak pernah memberikan komentar. Responden yang pernah memberikan komentar ada responden yang menyukai konten dan bertanya terkait produk maupun harga.
Kata kunci: Instagram; engagement rate; digital marketing
ABSTRACT
Social media is not only used in socializing but as a marketing channel by SME which is using Instagram. However, it is not enough for SME to only display product photos but also have to pay attention to the engagement rate aspect so that what is displayed on Instagram is often seen by followers. Nagesushi is a brand that uses Instagram as a marketing channel. With more than 17 thousand followers, It hopes to have high engagement on each post. But the problem is the number of likes and comments is not high enough. This study aims to find the phenomenon of likes and comments so that they have influence on the engagement rate of an account. Respondents are Nagesushi followers who are active in using Instagram where they can spend 2-5 times or more every day to open the Instagram application, whether they are just looking at the homepage, IG story, or posting photo or video content. Based on the results of respondents, most respondents often see Nagesushi's posts on their homepage, but they do not always give likes and comments. Respondent's reason gave 'likes' because they liked the content and support SME (Nagesushi) as a follower. Regarding comments, most of them never comment. Respondents who gave 'comment' are respondents who like the content and ask questions about products and prices.
Keywords: Instagram, Engagement Rate, Digital Marketing
Full Text:
PDFReferences
Ali, M. (2013). Peningkatan kualitas Pendidikan dan Pembelajaran Melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi di Universitas Negeri Yogyakarta. Prosiding SENTIA, Politeknik Negeri Malang.
Anindyaputri, R., Rusmana, A., & Komariah, N. (2020). Hubungan customer engagement melalui Instagram@ perpustakaandikbud dengan minat kunjungan perpustakaan di kalangan follower aktif. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 8(2), 219-238.
Bakhshi, S., Shamma, D. A., Kennedy, L., & Gilbert, E. (2015, April). Why we filter our photos and how it impacts engagement. In Nintahun International AAAI Conference on Web and Social Media.
Chaffey, D., Ellis-Chadwick, F., Mayer, R., & Johnston, K. (2009). Internet marketing: strategy, implementation and practice. Pearson Education.
Coelho, R. L. F., de Oliveira, D. S., & de Almeida, M. I. S. (2016). Does social media matter for post typology? Impact of post content on Facebook and Instagram metrics. Online Information Review.
Constantinides, E. (2014). Foundations of social media marketing. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 148, 40-57.
Doney, J., Wikle, O., & Martinez, J. (2020). Likes, Comments, Views. Information Technology and Libraries, 39(3).
Jaakonmäki, R., Müller, O., & Vom Brocke, J. (2017). The impact of content, context, and creator on user engagement in social media marketing. In Proceedings of the 50 tahun Hawaii International Conference on System Sciences.
Unnava, V., & Aravindakshan, A. (2021). How does consumer engagement evolve when brands post across multiple social media?. Journal of the Academy of Marketing Science, 1-18.
Rutoto, Sabar. (2007). Pengantar Metedologi Penelitian. FKIP: Universitas Muria Kudus.
Santoso, A. P. (2017). Pengaruh Konten Post Instagram Terhadap Online Engagement: Studi Kasus Pada Lima Merek Pakaian Wanita. Doctoral Dissertation, Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Administratif. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, J., & Sanjaya, R. (2013). Creative Digital Marketing. Elex Media Komputindo.
Luarn, P., Lin, Y. F., & Chiu, Y. P. (2015). Influence of Facebook brand-page posts on online engagement. Online Information Review.
https://id.oberlo.com/blog/instagram-engagement-improve
https://datareportal.com/reports/digital-2020-indonesia
https://glints.com/id/lowongan/engagement-rate-adalah/#.X_0nk-kzZQI
https://phlanx.com/engagement-calculator
https://www.alona.co.id/social-media/strategi-meningkatkan-engagement-di-instagram/
https://www.hopperhq.com/social-media-marketing-glossary-2020/engagement-rate/
https://www.tanke.fr/en/instagram-engagement-rate-calculator-2/
DOI: https://doi.org/10.52447/mmj.v9i2.5555
Refbacks
- There are currently no refbacks.