PENGARUH KEPRIBADIAN, PENGETAHUAN DAN MOTIVASI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DENGAN PERENCANAAN STRATEGIS SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DI UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 JAKARTA

Hartanti Nugrahaningsih, Rohmad Muslim

Abstract


ABSTRAK Penelitian ini mengukur pengaruh Kepribadian, Pengetahuan dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Dengan Perencanaan Strategis Sebagai Variabel Moderating pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi di Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta. Jumlah sampel yang diteliti adalah sebanyak 70 responden. Penelitian ini menggunakan sistem pengujian secara parsial maupun simultan.Tahapan pertama adalah menggali teori dari kajian pustaka dan pengumpulan data dari objek yang diteliti. Tahapan kedua adalah tahap analisis dan pengujian data yang menyeliputi analisis deskriptif, uji asumsi klasik melalui uji normalitas, uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas. Uji validitas dan reabilitas. Tahapan berikutnya pengujian dengan menggunakan regresi berganda. Penelitian menunjukkan bahwa secara simultan kepribadian, pengetahuan dan motivasi berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha. Kemudian secara parsial kepribadian dan pengetahuan juga berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha. Namun motivasi tidak berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha karena sebagian besar status kegiatan mahasiswa adalah pekerja dan usia responden adalah masa-masa untuk mencari pengalaman pekerjaan sehingga motivasi mahasiswa kurang berpengaruh terhadap minat berwirausaha. Selanjutnya berdasarkan bukti empiris diketahui bahwa perencanaan strategis berpeluang memperkuat signifikansi pengaruh pengetahuan dan motivasi secara parsial terhadap minat berwirausaha. Namun perencanaan strategis tidak memberikan signifikansi positif kepribadian terhadap minat berwirausaha. Kata kunci : Kepribadian, Pengetahuan, Motivasi, Perencanaan Strategis,Minat     Berwirausaha.  
ABSTRACT This study measured the effect of Personality, Knowledge and Motivation Against Interests Entrepreneurship With Strategic Planning As Moderating Variables on the Faculty of Economics at the University of Jakarta August 17, 1945. The number of samples is as much as 70 respondents. This study used a test system partially or simultaneously. The first stage is to explore the theory of literature review and data collection of the object under study. The second stage is the stage of analysis and testing data menyeliputi descriptive analysis, through the classical assumption normality test, multicollinearity and heteroscedasticity test. Validity and reliability. The next stage of testing by using multiple regression. Research shows that simultaneous personality, knowledge and motivation significantly influence interest in entrepreneurship. Then the partial personality and knowledge also significantly influence interest in entrepreneurship. But motivation does not significantly influence interest in entrepreneurship because most of the activity status of the student is working and the age of the respondents is the season to look for work experience so that students lack motivation affect the interest in entrepreneurship. Furthermore, based on empirical evidence it is known that strategic planning influences likely to reinforce the significance of knowledge and motivation partially on interest in entrepreneurship. However, strategic planning does not give a positive significance to the personality of interest in entrepreneurship.  Keywords: Personality, Knowledge, Motivation, Strategic Planning, Interest in   entrepreneurship

 


Full Text:

PDF

References


Allison, Michael. 2005. Perencanaan Strategis Bagi Organisasi Nirlaba. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. Alma, Buchari. 2010. Kewirausahaan (edisi revisi). Bandung: CV Alfabeta. Asmarani, Dinda Estika. (2006). Analisis Pengeruh Perencanaan Strategi Terhadap Kinerja Perusahaan Dalam Upaya Menciptakan Keunggulan Bersaing. Semarang: Universitas Diponegoro. Budiarti, Yuli, Endang & Nuria Universari. 2012. Minat Wirausaha Menjadi Wirausaha (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Semarang). Semarang: Universitas Semarang. Daito, Apollo. 2011. Pencarian Ilmu Melalui Pendekatan Ontologi, Epistimologi, Aksiologi. Mitra Wacana Media: Jakarta Depdikbud. (1996). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka. Djaali, H. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Dorland, WAN. 2002 Kamus Kedokteran Dorland. Edisi 29. Jakarta: ECG. Eka, Aprilianty. 2012. Pengaruh Kepribadian Wirausaha, Pengetahuan Kewirausahaan dan Lingkungan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK Muhammadiyah. Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Enda. (2010). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta. Ghozali, Imam, 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Kerzner Harold. 2001. Project Management: A System to Planning, Scheduling and Controlling, (7th Edition, John Wiley & Sons). Kuswardinah, Asih, 2012. Penguatan Sikap Tindak Wirausaha Melalui Pendidikan Teknologi Pengelolahan Hasil Pertanian. Semarang: Fakultas Tekhnik Universitas Negeri Semarang. Mastuti, Endah. 2005. Analisis Faktor Alat Ukur Kepribadian Big Five pada Mahasiswa Suku Jawa. Surabaya: Universitas Airlangga. Mulyana, Deddy & Jalaluddin Rakhmat. (2006). Komunikasi Antar Budaya, Panduan Berkomunikasi Dengan Orang-Orang Berbeda Budaya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Noerinda Lubis, Riza. 2013. Pengaruh Kepribadian Terhadap Perilaku Kewirausahaan Menggunakan Partial Least Square. Surabaya: Sepuluh November. Notoatmodjo, Soekidjo. 2003. Pendidikan & Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta. Prasetyo. 2007,. Ilmu Perilaku dan Promosi Kesehatan. Jakarta: EGC. Santoso, Singgih. 2011. Mastering SPSS. Jakarta: Kompas Gramedia. Suad, Husnan dan Enny Pudjiastuti. (2004). Dasar-dasar Teori Portofolio dan Analisis Sekuritas. Edisi Ketiga. Yogyakarta: UPP AMP YKPN. Suryabrata, Sumadi. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Suryana, Yuyus & Kartib Bayu. 2013. Kewirausahaan: Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses. Edisi Kedua. Jakarta: Salemba Empat. Timmons, Jeffry A. & Spinelli, S., Jr. 2008) New Venture Creation. Kewirausahaan untuk Abad 21. Yogyakarta: Andi. (Buku asli New Venture Creation: Entrepreneurship for the 21st Century 6st ed.) Weller, B. F. (2005). Kamus Saku Perawat. Edisi 22. Jakarta: EGC. Wiryasaputra, Totok. (2004). Entrepreneur: Anda Merdeka jadi Bos. Jakarta: Tridharma Manunggal. www.bps.go.id www.hukumonline.com www.kemendikbud.go.id www.sisfo.uta45jakarta.ac.id www.spiritgkn.com




DOI: https://doi.org/10.52447/mmj.v3i2.698

Refbacks

  • There are currently no refbacks.