PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PERENCANAAN PAJAK SEBAGAI VARIABEL MODERATING

Muhamad Iqbal, Rio Johan Putra Johan Putra

Abstract


Abstract
his study was conducted to examine the influence of Corporate Social Responsibility (CSR) and Good
Corporate Governance (GCG) on company value. In this study, researchers also included tax planning as a
moderating variable that tested two independent variables on firm value. The research method used is descriptive
quantitative method by using tool Stata13. For the purposes of this study, data collection was conducted using 25
listed companies SRI KEHATI index period 2012-2016, sampling technique using purposive sampling and getting 13
companies as object of research sample. The result of the research shows that (1) CSR to company value has a
significant positive effect, (2) independent commissioner to firm value has a significant positive effect, (3) institutional
ownership to firm value has a significant positive effect, (4) . While tax planning as a moderating variable can not
strengthen or weaken the relationship between independent variables with dependent.
Keywords: Corporate social responsibility, Independent commissioner, institutional ownership, corporate value, tax
planning
Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh Corporate Social Responsibility(CSR) dan Good Corporate
Governance(GCG) terhadap nilai perusahaan. Dalam penelitian ini, peneliti juga memasukkan perencanaan pajak
sebagai variabel moderasi yang menguji dua variabel independen terhadap nilai perusahaan. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan alat Stata13. Untuk tujuan penelitian ini,
pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan 25 perusahaan yang terdaftar index SRI KEHATI periode 2012-
2016, tehnik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan mendapatkan 13 perusahaan sebagai objek
sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) CSR terhadap nilai perusahaan berpengaruh positif
signifikan ,(2) komisaris independen terhadap nilai perusahaan berpengaruh positif signifikan,(3) kepemilikan
institusional terhadap nilai perusahaan berpengaruh positif signifikan, (4)perencanaan pajak terhadap nilai perusahaan
berpengaruh negatif signifikan. Sedangkan perencanaan pajak sebagai variabel moderating tidak dapat memperkuat
atau memperlemah hubungan antar variabel independen dengan dependen.
Kata kunci: Corporate social responsibility, komisaris Independen, kepemilikan institusional, nilai perusahaan,
perencanaan paja

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Annisa, Nuralifmida Ayu dan L. Kurniasih. 2012. Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Tax Avoidance. Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol. 1, No. 1, Hlm. 1-13.

Citra Ayuningsih Sari Yuono & Dini Widaywati. 2016., “Pengaruh Perencanaan Pajak Dan Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan”., Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA). Surabaya

Desai, M. A. Dan D. Dharmapala. 2009. Corporate Tax Avoidance dan Firm Value The Review of Economics and Statistics, 91, 537-546.

Ghozali, dan A. Chariri. 2007. Teori Akuntansi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Hadi, Nor. 2014. Corporate Social Responsibility. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Jensen, Michael C., and Meckling, WH. 1976. Theory of The Firm: Managerial Behaviour, Agency Costs, and Ownership Structure, Journal of Financial Economics 3. pp. 305-360.

Kusumadilaga, Rimba.2010. Pengaruh Pengungkapan Corporate Social ResponsibilityTerhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderating.Skripsi.2010.

Katiya Nahda & D. Agus Harjito. 2011.“Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Governance Sebagai Variabel Moderasi”., SIASAT BISNIS., Vol 15 No. 1, Januari 2011 Hal 1-12.

Mayang Patricia. (2014). “Pengaruh Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, Set Kesempatan Investasi, dan Arus Kas Bebas terhadap Kebijakan Utang Perusahaan”. Skripsi. Universitas Diponegoro.

Nachrowi, D. Nachrowi, dan Usman, Hardius (2006). Ekonometrika untuk analisis ekonomi dan keuangan. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Nurlela, Rika dan Islahuddin. 2008. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan dengan Prosentase Kepemilikan Manajemen Sebagai Variabel Moderating, Simposium Nasional Akuntansi XI Pontianak.

Purwaningtyas, F. P. 2011. Analisis Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2007-2009). Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.

Retno, R.D., dan Priantinah, D., (2012), “Pengaruh Good Corporate Governance dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan yang terdaftar di BEI 2007-2010)”, Jurnal Nominal, Vol 1.

Suharno., 2016., “Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Harga SahamPerusahaan Farmasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010 – 2014”., Universitas Negeri Yogyakarta., Yogyakarta

Suharto, Edi. 2007. Corporate Social Responsibility : What is and Benefit for Corporate. http://www.policy.hu/suharto. Diakses tanggal 19 Oktober 2009

Sutopoyudo. 2009. Pengaruh Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Profitabilitas Perusahaan. Sutopoyudo’s Weblog at http://www.wordpress.com. Diakses tanggal 30 Oktober 2009.

Tendi Haruman., 2008.,“Struktur Kepemilikan, Keputusan Keuangan Dan Nilai Perusahaan”. UU Pasar Modal No.8 Tahun 1995 Jurnal Keuangan &Perbankan Perbanas.

Winanto & Widayat., 2013., “Pengaruh Perencanaan Pajak dan Mekanisme corporate Governance terhadap Nilai Perusahaan”, Makalah Simposium Nasional Akuntansi XVI.

Waryanti. 2009. Pengaruh Karakteristik Perusahaan terhadap Pengungkapan Sosial pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Semarang : Fakultas Ekonomi : UNDIP.

Wibisono, Y. 2007. Membedah Konsep dan Aplikasi CSR. Gresik: Fascho Publishing. World Business Council for Sustainable Development (WBCSD). 2004. Cross-cutting themes—Corporate responsibility. http://www.wbcsd.org/.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 MEDIA STUDI EKONOMI



Pusat Penelitian Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

P-ISSN : 14104814

E-ISSN : 2502-6690

Contact Person:
Netty Laura.S.SE.MM
Fakultas Ekonomi Dan Bisnis
Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta
Jalan Sunter Permai Raya
Jakarta Utara, Jakarta - 14350
Indonesia
Hp: +6281363792262
Tel: (021) 64715666
email: netty.simbolon@uta45jakarta.ac.id
email (personal): nettylaura199@gmail.com
Website: https://www.uta45jakarta.ac.id/