PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN LAPTOP LENOVO DENGAN INOVASI PRODUK SEBAGAI VARIABEL MODERATING

Diansyah Diansyah

Abstract


ABSTRACT
This study is about the "Influence of Brand Image Product Quality and Customer Satisfaction with Product Innovation Lenovo Laptop as a moderating variable at PT. Maju Dinamika Mandiri (Studies in MDM Store Kios) ". The dependent variable in this research is consumer satisfaction. The independent variables consist of product quality and brand image, while moderating variable in this study is a product innovation. The period of time in the study was four months (March-June 2015). The sampling method with purposive sampling technique with enterprise customers as many as 100 people. The first stage is to explore the theory of literature and data collection of objects researched. The second stage is to test the feasibility of data using validity, reliability test, normality test and regression test analysis of moderation. Next is the stage of research hypothesis testing using individual parameter significance test and simultaneous significance test.The results of this study prove that, variable product quality and significant positive effect on customer satisfaction. Variable brand image and significant positive effect on customer satisfaction. Furthermore, simultaneous two variables: the quality of the product and brand image significantly influence consumer satisfaction. In this research product innovation as a moderating variable strengthen the influence of product quality to customer satisfaction and not significant, product innovation as a moderating variable strengthen the influence of brand image on consumer satisfaction and not significant.
Keywords : Product Quality; Brand Image; Customer Satisfaction; and Product Innovation.
ABSTRAK
Penelitian ini adalah tentang “Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Laptop Lenovo dengan Inovasi Produk sebagai variabel Variabel dependen dalam penelitian ini adalah kepuasan konsumen . Variabel independen terdiri dari kualitas produk dan citra merek, sedangkan variabel moderating dalam penelitian ini adalah inovasi produk . Periode waktu dalam penelitian adalah 4 bulan ( Maret – Juni 2015). Metode pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling dengan pelanggan perorangan sebanyak 100 orang. Tahapan pertama adalah menggali teori dari pustaka dan pengumpulan data dari objek yang diriset. Tahapan kedua adalah uji kelayakan data dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan analisis uji regresi moderasi. Selanjutnya adalah tahapan pengujian hipotesis penelitian dengan menggunakan uji signifikansi parameter individual dan uji signifikansi simultan. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa, variabel kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Variabel citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Selanjutnya secara simultan kedua variabel yaitu kualitas produk dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Inovasi produk sebagai variabel moderating memperkuat pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen dan tidak signifikan, inovasi produk sebagai variabel moderating memperkuat pengaruh citra merek terhadap kepuasan konsumen dan tidak signifikan.
Kata Kunci : Kualitas Produk; Citra Merek; Kepuasan Konsumen; dan Inovasi Produk.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Hidayat, Ahmad 2013, Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan studi kasus pada Member PT.Melia Sehat Sejahtera di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Skripsi, Sarjana Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Uin Syarif Hidayatullah Jakarta.

Assauri, Sofjan (2012), “Strategic Management, Sustainable Competitive Advantages”, Lembaga Management Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.

Ardi, Aditya Nizar Al 2014, Pengaruh Kualitas Produk Smartphone Samsung Berbasis Android Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Menggunakan Produk Samsung Galaxy S4 (Studi Di Bandung Tahun 2014), Jurnal Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom.

Armstrong, dan Kotler 2003, Dasar-dasar Pemasaran, Jilid 1, Edisi Kesembilan, Penerbit PT. Indeks Gramedia, Jakarta.

Crawford, M, & Benedetto,A.D, 2008, New product Management, 9 ed, New york, Mc Graw Hill.

Charaiza, 2012. Pemasaran Jasa. Cetakan Pertama. Penerbit Alta pustaka

Lasander, Christian 2013, Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Promosi Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Makanan Tradisional (Survey Pada Industri Rumah Tangga Dodol Daging Pala Audia di Tahuna Kab. Sangihe), Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado.

Daito, Apollo. 2001. Pencarian Ilmu Melalui Pendekatan Ontologi, Epistimologi, Aksiologi. Bogor : Mitra Wacana Media.

Daryanto, 2013, Manajemen Pemasaran, Edisi Kesatu, Bandung, CV Yrama Widya.

Evawati , 2013, Strategi Promosi, Kualitas Produk, Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Restoran Mcdonald’s Manado, Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulagi Manado.

Nuriyana, Fatati, Sucipto, dan Shyntia Atica Putri, 2014, Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Images Terhadap Kepuasan Konsumen Untuk Meningkatkan Loyalitas Konsumen Teh Botol Sosro, Jurnal Alumni Jurusan Teknologi Industri Pertanian, FTP – Univ. Brawijaya dan Dosen Jurusan Teknologi Industri Pertanian, FTP – Univ. Brawijaya.

Tjiptono, Fandy, 2008, Manajemen Pelayanan Jasa, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Cetakan Kelima. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hermawan , 2011, Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas Pelanggan Kamera Canon Digital Single Lens Reflex (Dslr) Di Kota Denpasar, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Bali, Indonesia

Hasan, Ali, 2014, Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan, Edisi Kesatu, Yogyakarta, CAPS.

Low, G.S dan Lamb, Ch.W. 2000. "The Measurement And Dimensionality of

Brand Association", Journal of Product and Brand Management, Vol. 9.

Kotler dan Keller, 2012, Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi Ketigabelas, Diterjemahkan oleh Bob Sabran, Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta, Indeks

Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip, 2002, Manajemen Pemasaran, Edii Millenium, Jilid 1, Penerbit PT. Prehlindo, Jakarta.

Kotler, dan Armstrong. 2008. Prinsip – Prinsip Pemasaran. Edisi 12, Jilid 1. Erlangga, Jakarta.

Lamb, Charles W, Joseph F. Hair, Carl Mc. Daniel. 2006. Pemasaran . Jakarta:

Salemba Empat.

Nalau, Antonio, Syarifah Hidayat dan Muhammad Wasil, 2012, Band Image Terhadap Loyalitas Pelanggan J.Co Donuts dan Coffe di Plaza Mulia Samarinda, Journal Ekonomi, Universitas Mulawarman

Nila Kasuma Dewi, gus Andridan Sefris Yonaldi, 2012, Pengaruh Iklan, Citra Merek Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Dalam Menggunakan Vaseline Hand and Body Lotion di Kota Padang (Studi Kasus di PT. Unilever Cabang Padang), Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Volume 3 Nomor 2

Sukarmen, Putu, Andi Sularso, Deasy Wulandari, 2013, Analisis Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Keunggulan Bersaing Sebagai Variabel Intervening Pada Produk Gula Pasir Sebelas (Gupalas) Pabrik Gula Semboro Ptp Nusantara Xi (Persero). Jurnal Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Jember.

Porter, S.S., Claycomb, C, 1997, The Ifluence of Barnd Recognation on Retail Store Image, Journal of Prod. Brand Management.

Ranto, D.W,P, 2007, Pengaruh Citra Merek, Nilai , Kualitas Persepsian dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan, Ulitas, Volume XV NO. 2 ( Juli ) h. 23 – 24

Sugiyono, 2008, Metode Penelitian Bisnis, Edisi Keduabelas, Bandung, Alfabeta.

Sondoh, 2011. Manajemen Pemasaran. Cetakan Pertama. Bandung : CV. Yrama Widya.

Suliyanto, 2011, Ekonometrika Terapan : Teori dan Aplikasi dengan SPSS, Penerbit Andi Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2008. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. ANDI,Yogyakarta.

Arikunto, Suharsimi, 2007, Manajemen Penelitian, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta

Umar, Husein. 2003. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama & Jakarta Business Research Center.

www.Topbrand-award.com, 2014


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Pusat Penelitian Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

P-ISSN : 14104814

E-ISSN : 2502-6690

Contact Person:
Netty Laura.S.SE.MM
Fakultas Ekonomi Dan Bisnis
Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta
Jalan Sunter Permai Raya
Jakarta Utara, Jakarta - 14350
Indonesia
Hp: +6281363792262
Tel: (021) 64715666
email: netty.simbolon@uta45jakarta.ac.id
email (personal): nettylaura199@gmail.com
Website: https://www.uta45jakarta.ac.id/