PENGARUH EFISIENSI PROSES BISNIS DAN KELUASAN PANGSA PASAR TERHADAP KEPUTUSAN BERJUALAN ONLINE YANG DIMODERASI FLEKSIBILITAS WAKTU

Diansyah M.Si Diansyah, Suwantik Suwantik

Sari


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah membuktikan pengaruh efisiensi proses bisnis dan keluasan pangsa pasar terhadap keputusan berjualan online dimana fleksibilitas waktu sebagai pemoderasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan struktural kuisioner modelling dengan menggunakan Software SmarPLS, Uji yang dilakukan adalah uji validitas dan reabilitas, uji hipotesis pengaruh langsung dan uji hipotesis moderasi. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang melakukan penjualan online sekitar 182 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Fokus penelitian ini adalah yaitu variabel dependen: Efisiensi Proses Bisnis, Keluasan Pangsa Pasar dan variabel independen: Berjualan Online dengan Fleksibilitas Waktu sebagai pemoderasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa Efisiensi proses bisnis dan keluasan pangsa pasar berdampak signifikan pada keputusan berjualan online.

Kata kunci : Efisiensi Proses Bisnis, Keluasan Pangsa Pasar, Berjualan Online, Fleksibilitas     Waktu

 

ABSTRACT

The purpose of this study is to prove the effect of business process efficiency and market share breadth on online selling decisions where time flexibility acts as a moderator. The method used in this study uses a structural modeling questionnaire using SmarPLS software. The tests carried out are validity and reliability tests, direct effect hypothesis testing and moderation hypothesis testing. The population of this study is consumers who sell online around 182 respondents using a purposive sampling technique. The focus of this research is the dependent variable: Business Process Efficiency, Breadth of Market Share and the independent variable: Selling Online with Time Flexibility as moderator. The results of the study prove that the efficiency of business processes and the breadth of market share have a significant impact on online selling decisions.

Keywords: Business Process Efficiency, Breadth of Market Share, Selling Online, Time Flexibility


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Akramunnisa, & Hardiana. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Google Classroom Terhadap Minat Belajar. Pendidikan, Jurnal Undiksha, Matematika, 12(2), 2599–2600.

Apriyani, I. (2022). Analisis Teori Pemasaran (p. 2 (6)). http://pusdansi.org/index.php/pusdansi/article/download/148/148.

Basyid, A., & Mu’azamsyah, M. (2022). Respon Mahasiswa Prodi Manajemen Selama Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Kewarganegaraan. 1(2), 1–12.

Chakti, A. G. R., & Saleh, N. (2021). Pengaruh Inovasi Produk, Orientasi Kewirausahaan Dan Kemampuan Mengindera Pasar Terhadap Omzet Penjualan Online Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di Kabupaten Polewali Mandar. Clavia: Journal of Law, 19(3), 67–74.

Fadilla, N. M., & Setyonugroho, W. (2021). Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Dalam Meningkatkan Efisiensi: Mini Literature Review. Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 8(1), 357–374.

Fadilla, N. M., & Winny Setyonugroho. (2021). Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Dalam Meningkatkan Efisiensi: Mini Literature Review. Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 8(1), 357–374.

Fahmi, I., Fachruddin, R., & Silvia, V. (2019). Analisis E-Business pada Keputusan Kewirausahaan Bisnis Digital (Sebuah Kajian Literatur Studi). Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 71–75. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/snk/article/view/3583

Hair, J., & Alamer, A. (2022). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) in second language and education research: Guidelines using an applied example. Research Methods in Applied Linguistics, 1(3), 100027.

Hariansyah, O., Winarti, W., Handayani, D., & Faozi, K. (2021). JAMAIKA: Jurnal Abdi Masyarakat Program Studi Teknik Informatika Universitas Pamulang., 2(1), 32–40.

Haryadi, R. N., Rojali, A., Khumidin, & Fauzan, M. (2021). Sosialisasi Penggunaan Online Shop Berbasis Website di UMKM Cimanggis. 2016(January), 1–4.

Herdiana, D., Rudiana, R., & Supriatna. (2021). Kejenuhan Mahasiswa dalam Mengikuti Perkuliahan Daring dan Strategi Penanggulangannya. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 293–307. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.128

Hudi, I., Erfandi, R., Yuningsih, S. M., & Damayanti, Y. (2021). Peningkatan Efisiensi Produksi dan Penjualan UMKM Batik Toar Mandiri melalui Pemanfaatan E-Commerce. Jurnal Pendidikan …, 1–8. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/2600

Kaban, R., Nasution, R., Prasasti, T. I., Ginting, J. V. B., Sulaiha, A., & Ramb, D. A. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Penjualan Online pada Ibu Rumah Tangga Kelurahan Kebun Lada, Kecamatan Hinai, Kabupaten Langkat. Pubarama: Jurnal 1(1), 1–13. http://jurnalpkmibbi.org/index.php/Pubarama/article/view/4

Kurniawan, S. D., & Huda, M. (2021).Analisis Keseimbangan Antara Kehidupan & Waktu Kerja Fleksibel Selama Pandemi Covid-19 Menggunakan Smart-PLS.Jurnal Jupiter, 45–51.

Kusnadi, B. O. P. K., & Rahayu, Y. (2021). Perspektif Balanced Scorecard Sebagai Pengukuran Kinerja Organisasi. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 10(1), 1–15. https://core.ac.uk/download/pdf/185261244.pdf

Lubis, T. A., Ekasari, N., Siregar, A. P., Jambi, U., Pinang, K., Mendalo, M., & Jambi, U. (2022). Pelatihan Digital Marketing sebagai Strategi Perluasan Pangsa Pasar Produk Souvenir di Desa Pudak Kabupaten Muaro Jambi. 6–11.

Musyaffi, A. M., Khairunnisa, H., & Respati, D. K. (2022). Konsep Dasar Structural Equation Model-Partial Least Square (SEM-PLS) Menggunakan SmartPLS.Pascal Books. Pascal Books.

Nani, D. A., & Lina, L. F. (2022). Determinants of Continuance Intention to Use Mobile Commerce during the Emergence of COVID-19 In Indonesia: DeLone and McLean Perspective. Sriwijaya International Journal of Dynamic Economics and Business, 5(3), 261. https://doi.org/10.29259/sijdeb.v5i3.261-272

Nastasia, K., Sari, D. P., & Candra, Y. (2022). Hubungan Antara Work Study Conflict Dengan Kepuasan Universitas Ekasakti Padang Angkatan 2017 Yang Berjualan Online the Relationship Between Work Study Conflict and Entrepreneurial Satisfaction in Economics Faculty Students Ekasakti University Padang Clas. 10, 249–256.

Nugroho, A. S., & Haritanto, W. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Dengan Pendekatan Statistika:(Teori, Implementasi & Praktik dengan SPSS). Penerbit Andi.

Orinaldi, M. (2020). Peran E-commerce dalam Meningkatkan Resiliensi Bisnis diera Pandemi. ILTIZAM Journal of Shariah Economics Research, 4(2), 36. https://doi.org/10.30631/iltizam.v4i2.594

Rahmadani, N., Kurniawan, E., & Sena, M. D. (2021). Pemanfaatan Marketplace Sebagai Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Usaha Ponsel. 1–8.

Rombo, Y. R., Waani, F. J., & Lesawengen, L. (2022). Dampak Media Sosial Terhadap Penjualan Online Pada Masa Pandemi Covid-19 DiDesa Sanda Bilik Kecamatan Makale Selatan Kabupaten Tana Toraja. Journal Ilmiah Society, 2(1), 1–10.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan-Keahlian, Edisi 6 Buku 1.

Solihin, D., Ahyani, Karolina, Pricilla, L., & Octaviani, I. S. (2021). Pelatihan Pemasaran Online Berbasis Digital Untuk Umkm. 2, 1–7.

Sudaryana, B., Agusiady, H. R. R., & SE, M. M. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Deepublish.

Sudaryono, D., Efana Rahwanto, S. K., & Ratna Komala, S. K. (2020). E-Commerce Dorong Perekonomian Indonesia, Selama Pandemi Covid 19 Sebagai Entrepreneur Modern Dan Pengaruhnya Terhadap Bisnis Offline. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(02), 110–124. http://ejournal.lppm-unbaja.ac.id/index.php/jmb/article/view/1011

Sugiarto, I. (2022). Metodologi Penelitian Bisnis. Penerbit Andi.

Sukma, M., Zulfi Imran, SH., M., & Siti Latifah, M. (2021). Eksistensi Jual Beli Online Dalam Pandangan Islam Dan Pengaruhnya Terhadap Ekonomi Umat (Studi Kasus Pada Aplikasi Jual Beli Online Lazada). Journal of Business Research, 45(1), 5997. https://doi.org/10.1016/j.aej.2022.04.006

Susanto, B., Hadianto, A., Chariri, F. N., Rochman, M., Syaukani, M. M., & Daniswara, A. A. (2021). Penggunaan Digital Marketing untuk Memperluas Pasar dan Meningkatkan Daya Saing UMKM. Community Empowerment, 6(1), 42–47.

Ubaidillah, M., Sudjoni, M. N., & Arifin, Z. (2022). Strategi Pemasaran Bibit Strawberry Melalui Marketplace Shopee Untuk Menjangkau Pasar Secara Luas. Jurnal Analsis Sosisal, 3(1), 1–28.

Widiasmara, A., & Lestari, A. (2022). Pelatihan Pengemasan Dan Promosi Guna Meningkatkan Nilai Jual Pada “Pabrik Kerupuk Rambak Pak Sunar.” 1, 78–86.

Widodari, G. S., & Karamina, A. (2019). Paradoks Kerja di era Post-Industrial: Antara Fleksibilitas, Ketidakpastian, dan Kepuasan. 8, 81–85.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.licenseURL##: https://scholar.google.com/citations?user=260p8CYAAAAJ&hl=en