PENGARUH PRODUCT EXCELLENCE DAN PRICE LEVEL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PERTAMAX OLEH PEMILIK KENDARAAN MOTOR DENGAN WAKTU ANTRI PEMBELIAN SEBAGAI PEMODERASI

lukiyana lukiyana, Siti Almaratus Solihah

Sari


ABSTRAK

Adanya penelitian ini dikarenakan oleh kenaikan harga BBM di Indonesia yang membuat masyarakat mengalami keresahan, teruma terhadap pengguna BBM pertamax yang menyebabkan penurunan terhadap keputusan pembelian. Oleh sebab itu, penelitian dilakukan untuk menganalisa pengaruh product excellence dan price level terhadap keputusan pembelian Pertamax dengan waktu antri sebagai pemoderasi. Sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 207 responden, yang merupakan mahasiswa di berbagai universitas dan masyarakat umum. Cakupan jumlah responden berdasarkan pada pendekatan yang digunakan oleh Hair.Tehnik pengambilan data menggunakan simpel random sampling dengan cara menyebar kuisioner penelitian berbentuk google from kemudian di sebar ke sosial media. Metode pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan sofware Smart PLS (Partial Least Square) yang digunakan untuk menguji hipotesis. Fokus penelitian terdiri dari variabel dependent: Product Excellence, Price Level, dan variabel independenn: keputusan pembelian, Waktu Antri.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa product excellence terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, price level terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, waktu antri terbukti berpengaaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, waktu antri berpengaruh signifikan dan dapat memoderasi atas pengaruh product excellence terhadap keputusan pembelian, dan waktu antri terbukti berpengaruh signifikan dan dapat memoderasi atas pengaruh price level terhadap keputusan pembelian.

Kata kunci : Product Excellence, Price Level, Keputusan Pembelian, Waktu Antri

 

    ABSTRACT

The existence of this research is due to the increase in fuel prices in Indonesia which makes people feel uneasy, especially towards Pertamax BBM users which causes a decrease in purchasing decisions. Therefore, a study was conducted to analyze the effect of product excellence and price level on Pertamax purchasing decisions with queuing time as moderator. The sample in this study was 207 respondents, who were students at various universities and the general public. The coverage of the number of respondents was based on the approach used by Hair. The data collection technique used simple random sampling by distributing research questionnaires in the form of Google from then spreading them to social media. The data processing method in this study uses the Smart PLS (Partial Least Square) software which is used to test the hypothesis. The research focus consists of the dependent variables: Product Excellence, Price Level, and the independent variables: purchasing decisions, Queuing Time. The results showed that product excellence proved to have a positive and significant effect on purchasing decisions, price level proved to have a positive and significant effect on purchasing decisions, queuing time proved to have a positive and significant effect on purchasing decisions, queuing time had a significant effect and could moderate the effect of product excellence on decisions purchases, and queue time proved to have a significant effect and can moderate the effect of price level on purchasing decisions.

Keywords : Product Excellence, Price Level, Purchase Decision, Queuing Time


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Alhazami, L. (2022). Peningkatan Kecepatan Pelayanan Menggunakan Metode Queuing Theory Dalam Mengurangi Antrian di Masa Pandemi Covid-19. Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 9(2), 289–295.

Berliana, D. L. (2022). Pengaruh Strategi Experiental Marketing, Brand Image dan Ketepatan Waktu Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Kereta Api. SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, Dan Akuntansi, 4.

Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Pada Marketplace: Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 211–224.

Dewi, S., & Suartina, I. W. (2022). Pengaruh Brand Awareness dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Shopee di Kota Denpasar. Widya Amrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Parwisata, 2(2), 551–561.

Fasha, A. F., Robi, M. R., & Windasari, S. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli: Brand Ambassador Dan Brand Image (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 30–42.

Gunawan, I. (2022). Metode Penelitian Kualitatif: teori dan praktik. Bumi Aksara.

Hair, J., & Alamer, A. (2022). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) In Second Language And Education Research: Guidelines Using An Applied Example. Research Methods in Applied Linguistics, 1(3), 100027.

Hasanuddin, H., Wolok, E., Giu, J. D., & Sugianto, N. (2023). Analisis Sistem Antrian Pembelian Tiket Di Pelabuhan Penyeberangan Gorontalo Menggunakan Aplikasi Promodel. Jambura Journal of Electrical and Electronics Engineering, 5(1), 55–64.

Herawan, B. N. (2018). Pengaruh Keunggulan Produk Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Kunjungan Wisata (Studi Pada Wisatawan Nasional Indonesia Yang Berwisata Ke Luar Negeri). Universitas Brawijaya.

Husain, A. A., Mangantar, M., & Mandagie, Y. (2022). Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan dan Keunggulan Produk Terhadap Loyalitas Konsumen di FIF GROUP Cabang Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(1), 19–28.

Kabanjahe, W. (2021). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Indomie Pada PT. Alamajaya.

Lewis, C. (2022). Analisis Antrian Kendaraan Pada Pintu Tol Makassar )Analysis Of Vehicle Queues At Makassar Toll Gate). Universitas Hasanuddin.

Liputra, D. T., Arisandhy, V., & Menori, C. I. (2022). Perbaikan Sistem Antrian Apotek Untuk Mengurangi Total Waktu Menunggu Dan Meningkatkan Utilisasi Pegawai Dengan Menggunakan Discrete Event Simulation. Journal Industrial Servicess, 8(1), 20. https://doi.org/10.36055/jiss.v8i1.13781

Meylinda Anggraini, R. (2018). Pengaruh Keunggulan Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Hampoo Pntene Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Raden Fatah Palembang. UIN Raden Fatah Palembang.

Muhtarom, A., Syairozi, M. I., & Yonita, H. L. (2022). Analisis Persepsi Harga, Lokasi, Fasilitas, dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada UMKM SKCK (Stasiun Kuliner Canditunggal Kalitengah) Metode Structural Equation Modelling (SEM) - Partial Least. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(S1), 391–402. https://doi.org/10.37676/ekombis.v10is1.2018

Munte, A., & Sibarani, H. J. (2021). Pengaruh Saluran Distribusi, Keunggulan Produk, Dan Persediaan Produk, Melalui Keputusan Pembelian Pada PT. Tasya Gasindo Medan. Jurnal Paradigma Ekonomika, 16(1), 109–122.

Musyaffi, A. M., Khairunnisa, H., & Respati, D. K. (2022). Konsep Dasar Structural Equation Model-Partial Least Square (SEM-PLS) Menggunakan Smart PLS. Pascal Books.

Nasution, H. F. (2018). Pengaruh Kemudahan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pakaian Secara Online (Studi Kasus Mahasiswa Belanja Online Pada FEBI IAIN Padangsidimpuan). At-Tijaroh: Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis Islam, 4(1), 26. https://doi.org/10.24952/tijaroh.v4i1.1082

Purnama, S., & Rosdiana, Y. (2022). Pengaruh Tingkat Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen di PT. PLN ULP Kosambi Karawang. Bandung Conference Series: Accountancy, 2(1), 195–203. https://doi.org/10.29313/bcsa.v2i1.1194

Sagala, F. (2022). The Effect of Promotion, Price and Service Quality on Tokopedia Online Shopping Repurchase Decisions. EMaBi: Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 1(2), 145–160.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan-Keahlian, Edisi 6 Buku 1.

Sibarani, H. J., & Maximillian, B. (2021). The Effect of Product Excellence, Satisfaction and Marketing Communication of Tabanas Products on Customer Loyalty Saving at PT. Bank Mestika Dharma Tbk, Kcp Tomang Elok Medan. Jurnal Mantik, 4(4), 2675–2681.

Simanjuntak, A. J., Simbolon, L. D., & Sinaga, R. F. (2022). Analisis Antrian Pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 14.211. 205 Pematangsiantar Dengan Menggunakan Dengan Teori Antrian. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (JPMS), 8(2), 445–452.

Sudaryana, B., & Agusiady, D. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Penerbit Deepublish CV Budi Utama Group, Sleman.

Sugiarto, I. (2022). Metodologi penelitian bisnis. Penerbit Andi.

Suheri, C., Wahab, Z., Widiyanti, M., & Shihab, M. S. (2021). effect of price perception and sales promotion on the purchase decision of the pertamax turbo in Palembang City. International Journal of Humanities, Literature & Arts, 5(1), 5–10. https://doi.org/10.21744/ijhla.v5n1.1810

Sutisna, M., & Sarah, I. S. (2022). Analisis Keputusan Pembelian BTS Meal: Tinjauan Pemilihan Produk, Merek, Penyalur, Kuantitas Pembelian, Waktu Pembelian, dan Metode Pembayaran. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 8(1), 47–59.

Suwardi, S., & Berliana, R. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sepatu Vans. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(05), 19–28.

Syafri, N. A., Mustari, M., Hasan, M., Said, M. I., & Nurdiana, N. (2022). Pengaruh Gaya Hidup, Brand Image Halal, Celebrity Endoser Dan Tingkat Harga Tehadap Kpeutusan Pembelian Kosmetik Wardah (Studi Kasus Pada Mahasiswi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Makassar). Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(02), 389–403.

Varreldiazka, G., Syarief, N., & Supriadi, Y. N. (2022). PengaruhH Brand Ambasador, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Nike. Bussman Journal: Indonesian Journal of Business and Management, 2(3), 691–704.

Zuhdi, S., & Syarif, R. (2016). Pengaruh Biaya Promosi Dan Tingkat Harga Terhadap Tingkat Omset Penjualan Pada PT Indofood Sukses Makmur Tbk. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 4(2), 119–130.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.licenseURL##: https://scholar.google.com/citations?user=260p8CYAAAAJ&hl=en