PENGARUH DESAIN PRODUK DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TEH BOTOL SOSRO DENGAN KUALITAS PRODUK SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi PadaMahasiswa di Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta Utara)

Virgo Simamora, Elli Kusmiyati

Sari


ABSTRAK
Penelitian ini merupakan studi tentang “Pengaruh desain produk, dan brand image, terhadap keputusan pembelian dengan kualitas produk sebagai variabel moderating’’.
Variabel dependen dalam penelitian ini adalah keputusan pembelian.Variabel independen dalam penelitian ini adalah desain produk dan brand image.Sedangkan variabel moderating dalam penelitian ini adalah kualitas produk.
Populasi penelitian ini dilaksanakan di Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta. Total kuesioner yang dikumpulkan dan diolah sebanyak 100 kuesioner. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini adalah metode convenience samplingyaitu peneliti memilih individu terdekat untuk dijadikan sebagai sampel penelitian sampai ukuran sampel yang diinginkan tercapai dan memilih individu yang ada di tempat dan dapat diakses selama waktu penelitian.
Penelitian ini dilakukan dengan beberapa tahap.Tahap pertama adalah untuk mengenali teori dari pustaka atau dengan menggunakan statistik deskriptif dan penggumpulan data dari objek yang diteliti.Tahap kedua adalah untuk menguji kelayakan data dengan menggunakan Uji Validitas dan Uji Reliabilitas.Tahap ketiga adalah tahap pengujian hipotesis baik secara parsial maupun simultan.Selanjutnya dihitung koefisien determinasi yang disesuaikan dan persamaan regresi dari data hasil penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, desain produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, brand image berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Desain produk dan brand image secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.Kualitas produk sebagai variabel moderating tidak mampu memperkuat (memperlemah) desain produk terhadap keputusan pembelian dan kualitas produk sebagai variabel moderating mampu memperkuat brand image terhadap keputusan pembelian.
Kata kunci ;Desain Produk, Brand Image, Kualitas Produk dan Keputusan Pembelian.
ABSTRACT This research is a study of the "The Effects of product design and brand image, on purchase decision with product quality as moderating variable ''. The dependent variable in this study is purchase decision. The independent variable in this study is product design and brand image. The moderating variable is product quality. Population in this research was carried out on Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta. Total questionnaires were collected and processed 100 questionnaire. The sampling method in this research is convenience sampling method, researcher choose the closest individual as the sample until the sample size is achieved, then choose the individual that is in place and can be accessed during the study period. This research was carried out by several stages. The first stage is to recognize the theory of literature or by using descriptive statistics and data collection of objects examined. The second stage is to test the feasibility of data using validity and reliability test. The third stage is the stage of hypothesis testing either partially or simultaneously. Then calculated the coefficient of determination adjusted and regression equation of research data. The results of this study indicates that, product design significantly influence the purchasing decision, a significant effect on brand image. Product design and brand image together significantly influence the purchase
44
decision, product quality as moderating variable is not able to strengthen (weaken) the design of products to purchasing decision. Keywords ; Product Design, Brand Image, Purchase Decision and Product Quality

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Arafat, Wilson. 2006. Behind A Powerful Image :Menggenggam Strategi dan Kunci-Kunci Sukses Menancapkan Image Perusahaan yang Kokoh. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Drumond, Helga. 1993. Metode Penelitian Bisnis(Jilid I, Edisi kelima). Jakarta : Erlangga.

Darussalam, Taufan. 2007. Atribut Produk.Diambil pada tanggal 22 Mei 2012 dari http://bonteng.wordpress.com/2009/1/1/16/atribut-produk.

Kotler, Philips. 2004. Manajemen Pemasaran Jilid 2.Terjemahan Drs. Benyamin Molan.PT Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2004. Dasar-Dasar Pemasaran, Edisi Kesembilan, Indeks, Jakarta.

Kotler, Philip, 2002, Manajemen Pemasaran Jilid Kedua. PT. Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2008. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi Ketiga Belas. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Phillip dan Armstrong, Gary. 2004. Manajemen Pemasaran Jilid 1 (Terjemahan Hendra Teguh dkk). Jakarta : PT. Indeks.

Rahman, Arif. 2010. Strategi Dahsyat Marketing Mix for Small Business : Cara Jitu Merontokkan Pesaing, Edisi pertama. TransMedia Pustaka. Jakarta.

Sutojo, Siswanto. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi kedua, Jakarta, PT.Damar Mulia Pustaka.

Schiffman, Leon G. And Kanuk, Leislie Lazar, 2000. Consumer Behavior.Seventh Edition.USA : Prentice-Hall, Inc.

Setiadi, J. Nugroho. 2003. Perilaku Konsumen. Jakarta : PT. Prenada Media.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##