PENGARUH PENGEMBANGAN KARIR DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INETRVENING PADA PERUSAHAAN SINJARAGA SANTIKA SPORT

Doddy Astya Budy, Hartini Hartini

Sari


ABSTRAK
Penelitian ini adalah tentang “ Pengaruh Pengembangan Karir Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja sebagai variabel intervening pada perusahaan Sinjarga Santika Sport. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah Kinerja Karyawan. Variabel Intervening dalam penelitian ini adalah Kepuasan Kerja. Dan variabel independen terdiri dari Pengembangan Karir dan Lingkungan Kerja.
Jumlah populasi responden yang diteliti di PT. Sinjaraga Santika Sport adalah 70 Karyawan sedangkan untuk metode pengambilan sampel yang saya gunakan adalah Metode sensus, dimana seluruh anggota populasi sebanyak 70 karyawan diberikan kesempatan yang sama untuk menjadi responden.
Penelitian dilakukan dengan beberapa tahapan, untuk tahap yang pertama adalah untuk memahami terori lebih dalam yang diambil dari pustaka atau dengan statistik deskriptif dan pengumpulanan data dari objek yang diriset. Tahap yang kedua adalah untuk uji kelayakan data dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Dan untuk tahap terakhir adalah tahap dengan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dan uji F untuk pengujian hipotesis secara parsial maupun simultan. Selanjutnya dihitung koefisien determinasi yang disesuikan serta pembetukan persamaan regresi.
Hasil ini membuktikan : pengembangan karir berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja. Lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja. Moderasi pengaruh dari Kepuasan kerja terhadap pengembangan karir tidak dapat berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Moderasi pengaruh kepuasan kerja terhadap lingkungan kerja tidak dapat menambah kekuatan terhadap kinerja karyawan.
Kata kunci : Kinerja karyawan; Kepuasan kerja; Pengembangan karir; Lingkungan kerja.
Abstract
This research is about "Influence of Career Development and Work Environment on Employee Performance With job satisfaction as an intervening variable in companies SinjargaSantika Sport. The dependent variable in this research is employee performance. Intervening variable in this research is job satisfaction. And the independent variables consist of Career Development and Work Environment.
Total population respondents surveyed in the PT. SinjaragaSantika Sport was 70 employees, whil for The sampling method was census method, which is where all members of a population of 70 people given the same opportunity to the respondents.
Research carried out by several phases, the first phase is to understand the deeper terori taken from the literature or by descriptive statistics and data from the object researched. The second step is to test the feasibility of data using validity and reliability test. And for the last stage is the stage with hypothesis testing using t test and F test to test the hypothesis partially or simultaneously. Furthermore calculated the adjusted coefficient of determination and the formation of a regression equation.
These results prove: career development significant effect on job satisfaction. Work environment have a significant effect on job satisfaction. Moderation effect of job satisfaction on career development can not affect the performance of the employee. Moderation influence job satisfaction on the work environment can not add strength to the performance of employees.
Keywords; job performance; job satisfaction; career development; work environment

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Daftar Pustaka

Amstrong. Michel. 2009. Performace Management. Yogyakarta : Tugu Plubiser.

Haryani P. Yeni. Korelasi antara Pengembangan Karir dengan Motivasi Kerja dan Keinginan Untuk Pensiun dini, Jurnal Buktin Studi Ekonomi, vol.18 No.2, Agustus 2013.

Mondy, R.W., dan Noe, R. M, 2005. Human Resource Management. Massachusetts : Prentice

Rivai, Veitzhal dan Mulyadi, Deddy, 2012. Kepemimpinan dan Prilaku Organisasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rivai, V., Sagala, 2009. Manajemen Sumberdaya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Ruky, Achmad S. 2002. Sistem Manajemen Kinerja. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Sedarmayanti, 2011. Tata Kerja dan Produktivitas Kerja: Suatu Tinjauan Dari Aspek Ergonomi Atau Antara Manusia Dengan Lingkungan Kerjanya. Cetakan Ketiga. Bandung: CV Mandar Maju

Sebastian Nasy an Syaugi. 2011, jurnal Pengaruh Kompensasi, Pengembangan Karir, dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di Rita Bakery Purwokerto. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Siti Fatonah. 2010. Pengaruh Kompensasi, Pengembangan Karir, Lingkungan Kerja dan Komitmen Organisasi terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Sekertariat Daerah Kabupaten Karanganyar Dengan Keyakinan Diri (Self Efficacy) Sebagai Variabel Pemoderasi.Surakarta.

Sofyan Diana Khairani. 2013. Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Kerja Pegawai BAPPEDA. Malikussaleh Industrial Engineering Journal. Vol. 2 No.1

Sunyoto, Dadang. 2011. Analisis Regresi dan Uji Hipotesis. Yogyakarta; CAPS.

Veithzal Rivai, M.B.A,2004. manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Wahyuningtyas. 2013. Pengaruh Lingkungan Kerja dan Kepuasan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan. Universitas Diponegoro.

Yunanda Mega Arum. 2007. Jurnal Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan (Studi pada Perum Jasa Tirta I malang). Brawijaya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##