Penyuluhan Tentang Pentingnya Mengkonsumsi Protein Pada Siswa/i Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sunter Agung 09 Pagi, Jakarta Utara

Riong Seulina Panjaitan

Abstract


Protein memiliki fungsi penting bagi tubuh sehingga pemenuhan konsumsi protein yang tepat perlu dilakukan sejak dini khususnya pada masa pertumbuhan anak-anak. Hal inilah yang melatarbelakangi dilakukannya kegiatan pengabdian masyarakat berupa penyuluhan akan pentingnya konsumsi protein bagi tubuh dan jumlah protein yang memenuhi kebutuhan harian protein pada tubuh khususnya pada siswa/i Sekolah Dasar. Tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman yang tepat mengenai fungsi protein dan jumlah angka kecukupan protein per hari serta prosedur uji identifikasi protein pada bahan pangan. Metode yang digunakan adalah presentasi dengan menggunakan media ppt, banner dan video. Hasil kegiatan ini diperoleh bahwa siswa/i SD memahami materi penyuluhan berdasarkan kuesioner yang diberikan. Kegiatan ini selain memberikan pengetahuan akan pentingnya konsumsi protein bagi tubuh juga menumbuhkan keingintahuan dan minat siswa/i SD terhadap kegiatan ilmiah di laboratorium melalui pemutaran video praktikum tentang uji kualitatif protein pada bahan pangan.


Keywords


Protein; Counseling; Intake

Full Text:

PDF

References


Diana, Fivi Melva. (2010). Fungsi dan Metabolisme Protein Dalam Tubuh Manusia. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 4(1), 47-52.

Rahmawati, Dina, “Cara Menghitung Jumlah Kebutuhan Protein Harian yang Perlu Anda Penuhi”, https://www.sehatq.com/artikel/tips-dan-trik-memenuhi-kebutuhan-protein-harian-anda, diakses pada Senin, 26 April 2021 11:56.

Setiaputri, Karinta Ariani, “Agar Kebutuhan Protein Harian Tercukupi Dengan Baik, Jajal 8 Trik Mudah Ini”, https://hellosehat.com/nutrisi/tips-makan-sehat/cara-memenuhi-kebutuhan-protein-harian/, diakses pada Senin, 26 April 2021 10:32.

Dwiputra, Krisna Octavianus, “7 Cara Mudah Penuhi Asupan Protein”, https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3625161/7-cara-mudah-penuhi-asupan-protein, diakses pada Senin, 26 April 2021 12.15.




DOI: https://doi.org/10.52447/paj.v1i1.5157

Refbacks

  • There are currently no refbacks.