Announcements

CALL FOR PAPERS

Social Clinical Pharmacy Indonesia Journal (SCPIJ) merupakan jurnal ilmiah berkala dan bersifat open access mengundang para peneliti dan akademisi baik di institusi negeri maupun swasta untuk mempublikasikan hasil penelitiannya dalam bentuk original research, case study dan short communication maupun review.

Manuskrip/naskah dapat diunggah secara online dengan register sebagai author melalui laman ini. Bila anda sudah memiliki akun silahkan login sebagai author. Template dan petunjuk penulisan dapat didownload pada menu laman ini. 

FORMAT TEMPLATE TERBARU

 

Original Research

 

JUDUL NASKAH DITULIS DALAM BAHASA INDONESIA (SINGKAT, PADAT DAN JELAS, MAX 20 KATA)

 

MANUSCRIPT TITLE IN ENGLISH (MAX 18 WORDS)

 

Penulis Pertama1 *, Penulis Kedua1, Penulis Ketiga2

 

1Nama Fakultas, Nama Universitas, Kota, Negara, Kode Pos← 10pt, italic

2Nama Lembaga, Kota, Negara, Postal Code ← 10pt, italic

*E-mail: emailkorespondensipenulis@email.com← 10pt, italic

 

Diterima:                 (kosongkan)                             Direvisi: (kosongkan)                              Disetujui: (kosongkan)

 

Abstrak

Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dengan jenis huruf Times New Roman, 10 pt, spasi tunggal. Abstrak ditulis dalam bentuk narasi dalam satu paragraph (jelas, singkat, dan deskriptif), harus memberikan latar belakang singkat disertai dengan masalah, tujuan, metodologi, ringkasan hasil serta kesimpulan. Abstrak dalam Bahasa Indonesia ditulis dalam 150-250 kata. Kata kunci dapat berupa kata atau frase, 3-5 kata kunci, dipilih yang paling mewakili dan paling spesifik menggambarkan keseluruhan isi naskah. Setiap kata kunci ditulis dengan format sentence case, dipisahkan dengan titik koma (;). 

Kata kunci: Kata pertama; Kata kedua; Kata ketiga ← 10pt, TNR, bold

 

Abstract 

The abstract should be written in English using Times New Roman font, single-spaced. This abstract should provide a brief introduction (clear, concise, and descriptive) which is accompanied by problems, objectives, methodology, a summary of the results and conclusions. The abstract should be written in 150-250 words. A maximum of 5 keywords shoud be choosen to best describe the manuscript. Each keyword should be written in sentence case format and separated by semicolon (;).

Keywords: First keyword; Second keyword; Third keyword 

 

 

 

 

 

PENDAHULUAN

Petunjuk penulisan artikel ini disusun untuk memudahkan penulis dalam penyusunan manuskrip dan dapat dijadikan template. Indonesia Natural Research Pharmaceutical Journal merupakan suatu wadah untuk menerbitkan naskah penelitian yang bersifat original dan berkontribusi pada dunia farmasi. 

Pendahuluan harus berisi latar belakang yang memadai, kajian literatur penelitian terdahulu yang memiliki tema yang berkaitan dengan naskah yang ditulis, pernyataan kebaruan naskah, permasalahan penelitian, dan diakhiri dengan menyatakan tujuan dari penelitian dengan jelas. Kajian literatur ini dapat menjadi dasar kebaruan dari naskah yang ditulis (state of the art).

Naskah yang akan diajukan harus ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris yang baik dan baku. Isi naskah harus, secara umum, diatur dalam urutan sebagai berikut: Judul; Nama Penulis; Afiliasi Penulis; Abstrak; Kata kunci; Pendahuluan; Metode; Hasil dan Pembahasan; Kesimpulan; Ucapan Terima Kasih; dan Daftar Rujukan. Dokumen naskah diserahkan dalam satu file.

Naskah harus diketik di Microsoft Word. Font yang digunakan di seluruh naskah adalah Times New Roman, 12 pt, spasi tunggal, dengan jumlah halaman antara 5-10 halaman (termasuk gambar dan tabel). Ukuran kertas yang digunakan adalah A4, format satu kolom, dengan margin normal, dan pengaturan justified.

Judul harus akurat, jelas, spesifik, dan lengkap, maksimal 20 kata (dalam bahasa Indonesia) dan maksimal 18 kata (dalam bahasa Inggris). Tidak diperkenankan mengandung singkatan yang jarang digunakan. Nama penulis ditulis tanpa gelar dan jabatan profesional seperti Prof, Dr, Manajer Produksi, dll. Jangan menyingkat nama belakang/keluarga/marga Anda. Selalu gunakan nama pertama dan terakhir Anda.

Afiliasi semua penulis dituliskan dengan lengkap. Afiliasi meliputi: nama departemen/fakultas, nama universitas/nama instansi, kota, negara dan kode pos. Penulis korespondensi (termasuk alamat email) ditulis dengan menambahkan tanda bintang(*) pada superscript setelah nama. Bila peneliti memiliki afiliasi yang berbeda, diberikan kode nomor berbeda di akhir nama penulis dengan format superscript. Bila semua penulis memiliki afiliasi/instansi yang sama, kode nomor tidak perlu dituliskan.

 

METODE

Pengambilan datanya dimana, waktu pengambilan data dan berapa lama. Keadaan awal pasien Ketika masuk serta diagnosanya. 

 

 

HASIL DAN  PEMBAHASAN

Hasil dan pembahasan tidak dipisahkan. Hasil penelitian yang dipaparkan harus jelas, tajam dan ringkas. Hasil penelitian dapat menjelaskan dengan spesifik tujuan penelitian dan mampu membandingkan hasil penelitian yang diperoleh dengan hasil-hasil penelitian sebelumnya. Hasil dan pembahasan juga dapat dibagi menjadi sub bab – sub bab. 

Contoh penyajian tabel.

Tabel 1. Judul Tabel

No

…………………

…………………

1

…………………

…………………

2

…………………

…………………

 

Contoh penyajian gambar.

 

Gambar 1. Danau Toba

 

KESIMPULAN

Kesimpulan ditulis dalam bentuk narasi (bukan poin-poin ataupun penomoran) dan harus menjawab tujuan penelitian serta memberikan pembenaran ilmiah yang jelas untuk penelitian Anda. 

 

UCAPAN TERIMA KASIH

Ucapan terima kasih dapat ditujukan kepada orang-orang yang telah membantu dalam penelitian, dalam penyediaan sampel penelitian dan terutama penyandang/sumber dana penelitian Anda.

 

DAFTAR RUJUKAN

Daftar rujukan harus ditulis dengan gaya Vancouver (TNR, 11 pt). Daftar rujukan diurutkan berdasarkan urutan perujukannnya di dalam naskah. Sangat disarankan untuk menggunakan aplikasi atau software khusus untuk rujukan, seperti Mendeley atau Endnote. Contoh: 

  1. Leurs R, Church MK, Taglialatela M. H1-antihistamines: inverse agonism, anti-inflammatory actions and cardiac effects. Clin Exp Allergy. 2002 Apr;32(4):489-98. ← Naskah/jurnal dengan 1-6 penulis

 

Contoh penulisan daftar pustaka:

  1. Ely, R.; Supriya, T.; Naik, C.G. Antimicrobial activity of marine organisms collected off the coast of South East India. J. Exp. Mar. Biol. Ecol. 2004, 309 (← volume jurnal), 121–127.  ← jurnal rujukan dengan 1-3 penulis 

 

  1. Haas AN, de Castro GD, Moreno T, Susin C, Albandar JM, Oppermann RV, et al. Azithromycin as an adjunctive treatment of aggressive periodontitis: 12-months randomized clinical trial. J Clin Periodontol. 2008 Aug;35(8):696-704. ← Naskah/jurnal dengan lebih dari tiga penulis

 

  1. O’Sullivan, L.; Murphy, B.; McLoughlin, P.; Duggan, P.; Lawlor, P.G.; Hughes, H.; Gardiner, G.E. Review: Prebiotics from marine macroalgae for human and animal health applications. Mar. Drugs 2010, 8, 2038–2064. ← rujukan jurnal yang bersifat review. 

 

  1. Kay JG. Intracellular cytokine trafficking and phagocytosis in macrophages [PhD thesis]. St Lucia, Qld: University of Queensland; 2007. ← Thesis/disertasi

 

  1. Mason J. Concepts in dental public health. Philadelphia: Lippincott Williams & Wilkins; 2005. ← buku dengan nama penulis

 

 

 

 
Posted: 2021-10-18 More...
 
1 - 1 of 1 Items